Perbandingan Honda Mobilio vs Toyota Avanza

Perbandingan Honda Mobilio vs Toyota Avanza
0  komentar
Perbandingan Honda Mobilio dengan Toyota Avanza

Jakarta, AutonetMagz – Honda Mobilio layak disebut sebagai Avanza killer karena penjualannya (dilihat dari jumlah pemesan) sudah mampu membuat Toyota Avanza harus berbenah lebih banyak dibandingkan pada saat pertama kali menghadapi Suzuki Ertiga. Namun kita tidak bisa membandingkan suatu produk dari jumlah penjualan saja, karena banyak faktor-faktor lain yang menentukan suatu produk lebih baik atau tidak selain dari jumlah penjualan. Yuk kita intip komparasi visual antara Honda Mobilio vs Toyota Avanza

Desain Eksterior

Toyota Avanza sudah mengalami ubahan major change pada tahun 2011 silam, model yang baru mulai dari eksterior dan interior membuatnya tampak lebih mewah dibandingkan versi sebelumnya. Namun di tahun 2014 ini Toyota Avanza sudah mulai terlihat membosankan karena sangat banyak sekali beredar di jalanan. Khusus untuk Toyota Avanza Veloz, modelnya jauh lebih menarik dibandingkan dengan Toyota Avanza tipe standar karena penggunaan bumper depan yang lebih sporty dan modern.

Sedangkan Honda Mobilio, mobil ini merupakan produk baru yang tentunya masih sangat segar meskipun mengambil basis dari Honda Brio yang dipanjangkan dan ditinggikan. Dari depan sangat kental sekali aura model Honda Brio dari bentuk lampu depannya, untung saja grille dan bumper depannya dibuat berbeda. Hal ini yang menjadikannya lebih mewah dan juga terlihat sporty. Pada model belakang, Honda Mobilio pun tampil lebih modern dan elegan dibandingkan dengan Avanza yang sangat sederhana.

Dari desain eksterior, kami menyimpulkan Honda Mobilio lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Avanza, karena Toyota Avanza sudah tampak membosankan dan segera membutuhkan facelift secepat mungkin, meskipun begitu Honda Mobilio masih terlihat sedikit kurang proporsional pada bagian samping yang membuatnya agak aneh.

Interior

Masuk ke dalam interior, antara Honda Mobilio dan Toyota Avanza sama-sama memiliki interior yang kurang berkualitas dan di desain kurang cantik. Baik Avanza dan Mobilio sama-sama memiliki material plastik yang keras, tidak mewah dan terlihat murahan, bahkan Mobilio menggunakan dashboard yang sama dengan Honda Brio Satya yang merupakan mobil LCGC (Low Cost Green Car), perbedaannya pada Mobilio diberikan speedometer dengan iluminasi biru dan finishing glossy pada pinggir lubang AC.

Perbandingan Interior Honda Mobilio dengan Toyota Avanza

Pada Avanza Veloz, model Avanza tipe tertinggi ini sudah dilengkapi dengan audio control pada bagian setir. Sebaliknya, meskipun belum dilengkapi dengan audio control pada setir, Honda Mobilio Prestige yang merupakan tipe tertinggi, sudah dilengkapi head unit touch screen lengkap dengan kamera mundur.

Soal akomodasi, kedua mobil ini 11-12 sebenarnya. Baik Toyota Avanza dan Honda Mobilio sama-sama lega dan tinggi, kursi baris tengah juga sama-sama memiliki kepraktisan yang sama karena bisa digeser seperti kursi depan. Hanya saja Honda Mobilio masih terlihat sedikit murahan karena melakukan sharing platform dengan Honda Brio pada jok depan yang tidak bisa di atur ketinggian head rest-nya. Sedangkan pada Toyota Avanza meskipun kursi depannya kurang nyaman diduduki, ketinggian headrest bisa diatur dengan mudah.

Performa Mesin

Membandingkan mesin Honda Mobilio dan Toyota Avanza diatas kertas tentunya jauh lebih unggul mesin Honda Mobilio yang dibekali dengan mesin bertenaga 118 Ps penggerak roda depan. Sedangkan Toyota Avanza dibekali dengan dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc dengan penggerak roda belakang yang memiliki tenaga 109 ps dan 92 Ps. Jadi sangat mudah untuk menyimpulkan mesin Honda Mobilio jauh lebih bertenaga.

Eits, jangan senang dulu. Kedua mobil ini sebenarnya ada di dua alam yang berbeda karena memiliki penggerak roda yang berbeda pula. Toyota Avanza lebih unggul pada jalan menanjak karena memiliki penggerak roda belakang. Sedangkan Honda Mobilio memiliki penggerak roda depan yang membuatnya lebih hemat bahan bakar dan lebih bertenaga di trek lurus. Jadi kembali ke pilihan masing-masing, mau yang bertenaga di perkotaan atau bertenaga di pegunungan? Tapi meskipun Honda Mobilio dengan penggerak roda depannya memerlukan lebih banyak tenaga dibandingkan dengan penggerak roda belakang, bukan berarti mobil ini tidak kuat nanjak loh.

Ride and Handling

Bicara ride and handling, tentunya Honda Mobilio jauh lebih unggul kemana-mana dibandingkan dengan Toyota Avanza. Toyota Avanza dari dulu sudah terkenal memiliki suspensi yang tidak nyaman dan terlalu memantul sehingga sangat tidak enak dikendarai. Sebaliknya, Honda Mobilio mungkin bisa dibilang raja untuk soal ride and handling di kelasnya. Honda meracik suspensi yang cukup nyaman untuk Honda Brio meskipun masih terasa sedikit kaku, memang masih kalah nyaman dibandingkan dengan Ertiga, namun jauh lebih nyaman dibandingkan dengan Avanza. Yang menarik, Honda Mobilio memiliki handling paling mantap dan body roll yang sangat minim untuk ukuran mobil sekelasnya.

Perbandingan Kabin Honda Mobilio vs Toyota Avanza

Fitur

Baik Honda Mobilio dan Toyota Avanza sebenarnya masih 11-12 untuk hal ini. Keduanya sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag, audio dengan USB dan AUX juga power window, electric mirror dan AC double blower. Bahkan untuk Honda Mobilio tipe E CVT, rem nya sudah dilengkapi dengan ABS.

Kesimpulan

Honda Mobilio dan Toyota Avanza memiliki kelebihan masing-masing, namun Honda Mobilio mampu menawarkan sesuatu yang lebih mulai dari performa, kenyamanan, ride and handling yang jauh dibandingkan dengan Toyota Avanza. Namun untuk anda yang lebih cenderung ke unsure value for money dan durabilitas karena digunakan untuk kerja keras, tentunya Avanza adalah pilihan yang tidak perlu diragukan lagi karena ketangguhan mesinnya, kemudahan merawat dan murahnya harga spare parts Toyota Avanza. Namun jika ingin digunakan sebagai mobil keluarga yang nyaman, sepertinya Honda Mobilio lebih menggiurkan.

Read Prev:
Read Next:
  • Vano

    Bung coba dibuat reviewnya bwt ertiga vs mobilio vs avanza. Spy kelihatan lbh jelas lg komparasinya. Kayakny urusan suspensi ditulis diatas enakan ertiga ya??

  • Yohanes

    Coba uraikan komparasinya setelah melakukan test drive dalam medan yang bervariasi dan menantang dengan tanjakan…..tentu informasinya akan semakin lebih hangat

  • aan wong cilik

    Kesimpulannya sepertinya honda mobilio yg lebih menjanjikan.

  • arijun HPM

    oalah jebule mobilio paling bagus to.. si avan sama si erti pasti minder kalo dijejerin..

  • Elisasmoro Bayu Aji

    Kemarin liat di dealer dan coba masuk ternyata garis “aneh” di mobilio bikin penumpang kelihatan lebih luas pandangannya.Jadi di dalam kabin lebih nyaman. Kalau dari luar aneh tapi dari dalam nyaman juga.

    • dev

      baris 3 aja enak buat dipake orang dewasa, apalagi cup holder belakang bisa dipake buat armrest

  • mbak.lies

    MOBILIO vs Grand Livina ???

    • king 21

      jauh bro………………. kalo gw c tetap mazda 5 dan BMW X5 mantap gan. kalo nt naik pasti Belior dah jadi kalo mobilio, livina gak level ah

  • mewah

    MOBILIO VS GRAND LIVINA tolong reviewnya??

    • Hatta

      HONDA MOBILIO VS ALL NEW GRAND LIVINA TOLONG REVIEWNYA

  • buat semua @ mobilio itu baru keluar,pastinya versi stardar yg dibrojolin biarpun itu yg prestige,jgn dibandingin sama yang sdh berumur dan sdh dipermak sana sini mas brooo…

  • arijun HPM

    buat semua @ mobilio itu baru keluar,pastinya versi stardar yg
    dibrojolin biarpun itu yg prestige,jgn dibandingin sama yang sdh
    berumur dan sdh dipermak sana sini mas brooo…

  • satu

    Miris ngelihat iklan avanza “muat kok” dan xenia “gak mentok” nongol dimana2. Mereka sudah ngerasa pasrah gitu. Bener2 takut kesaingan. Oiya, mobil apa yang masih ga ada pengatur ac untuk kaki? Avanza xenia. Mobil2an dong?

    • dev

      kayaknya cuma toyota-daihatsu yang masih ngejual mobil tanpa pengaturan ac di kaki

    • er satria

      yang penting ada mesin biar bisa ngebut, ada ac, muat banyak, plat tipis’aj gpp asal merknya sdh ad di otak konsumen indo lalu kasi harga mahal” juga pasti laku gan….namanya juga bukan Global Produk…..

  • king 21

    ane c tetap pada mazda 5 dan bmw x 3 udah 1 tahun gw pake top banget. bisa dipake ngewe model2 di mobil pokeke crot…..crot lah

  • Firmansyah

    Mobilio memiliki mesin yang bertenaga 118Ps sdngkn avanza 109Ps, interior mobilio juga lebih terlihat mewah dibanding avanza, eksterior tidak flat seperti avanza..

  • Komparasi yg bagus dan membantu user…
    Biasanya yg banyak bacot…
    Ga’ punya mobil atau pura2 keminter…
    Apalagi membandingkan mobil dg mobil lain yg bkn kelasnya…nah keliatan Lol-nya
    Kalem aja bro…pilihan semua pd user yg berduit mau beli apa…
    Jg sok pinter lah…

  • bajul anak menjangan

    broo seri mobilio yang pic up ada enggak yah…. cita cita ane dari kecil pengin punya picup merk honda…..

    • dev

      honda teknologinya canggih banget (i-vtec, earth dreams) sampe2 gacocok untuk bikin mobil bisnis

  • antoro

    avanza tetep yang terbaik, hal ini dapat dilihat dari daftar penjualan mobil bulanan yang dirilis oleh media otomotif indonesia ANA pasti peringkat 1 terus selalu bertahan di nomer wahid selama 10 tahun terakhir.

    • big hero 6

      emang toyota kan cuman menang penjualan. selebihnya??? material biasa (mobilio juga sih), minim fitur (punya airbag doang bangga), harga harusnya 180 jutaan (veloz luxury AT) tapi dijual sampe 215 juta.

    • big hero 6

      tapi seengaknya mobilio rs masih punya segudang fitur yang tidak dimiliki avanza veloz, contoh :
      1. ABS+EBD (avanza veloz ABS doang)
      2. side impact beam (tinggal avxen yang ngga punya)
      3. immobilizer (sama kayak SIB)
      4. drive by wire
      5. struktur body aman – GCON+ACE
      6. audio DVD player + kamera mundur
      dll.

  • Avanza mah cuman menang merek sama LMPV pertama yg muncul,makannya bisa laris terus,tpi klo masalah LMPV masish bikin pusing,kelebihannya gitu gitu doang,kekurangannya juga banyak,klo gua sih lebih milih SUV yg karakternya pas sama kondisi di Indonesia

  • Kalo utk Aset, beli lah avanza. Kalo utk gaya, beli lah mobilio. Pilih sesuai kebutuhan anda. 🙂

  • Fred s. Rivera

    Saya baru membeli honda Mobilio (juni 2014) dan saya sangat kecewa dengan service dan kualitas Mobilio yang ternyata TIDAK sebagus yang digembor2kan..ini pengalaman saya dgn Mobilio yg saya bandingkan dengan Toyota Avanza thn 2010 saya:

1. Bodi Mobilio TIDAK sebagus Avanza dimana bodi Mobilio seperti kaleng krupuk yang ketika diketuk2 dan ditekan sangat lunak, tidak seperti bodi Avanza yg lebih padat dan kekar.

2. Kaca jendela sangat tipis dan ketika ditekan bisa membengkok seperti plastik, ketika saya bandingkan dengan kaca jendela Avanza yang lebih tebal dan kokoh

3. Dinding interior & dashboard Mobilio yang berbahan seperti kulit jeruk sangat tipis, kopong dan ketika ditekan2 agak lembek, tidak seperti dinding interior Avanza yang lebih padat dan ketika diketuk2 atau ditekan2 tidak lembek.

4 Mobilio tidak menggunakan paint protection, pas saya cuci menggunakan kain halus, dibagian cat kap mesin langsung baret2 halus. Ketika saya cuci Avanza pakai kain yang sama, cat bodi tidak baret2 halus.

5. Honda sangat pelit bonus, ketika saya minta dipasangin talang air, sensor parkir belakang, jok kulit & karpet kulit, Honda tidak kasih dengan alasan tidak ada kebijakan bonus, tidak seperti Toyota yang ketika saya beli Avanza, saya minta bonus seperti diatas, dealer Toyota langsung kasih.

6. Palang2 dop roda sangat tipis, tidak seperti palang2 roda pada Avanza yang lebih tebal jadi lebih aman dan kuat.

7. Handling stir Mobilio keras & maksa, tidak seperti handling stir Avanza yang lebih halus & ringan.

8. Mobilio tidak punya indicator temperatur mesin seperti layaknya mobil2 lain.

9. Pemasangan kaca film standar pd Mobilio tidak rapi, terkesan buru2 & banyak bubblenya…tidak seperti pemasangan kaca film standar pd Avanza yg lebih rapi & memuaskan.
    
10. Kunci alarm pd Mobilio tidak berbunyi (silent) ketika di-lock/unlock sehingga hrs benar2 dr dekat mobilnya ketika memencet kunci alarm, tidak seperti pd Avanza yg berbunyi ketika memencet kunci alarm walaupun dari jarak jauh.
    
11. HATI2 dengan bujuk rayu sales staff Honda yang kurang informatif dan suka menjanjikan ini itu tapi omongkosong.

Kesimpulan saya: JANGAN BELI Mobilio sebelum anda kecewa berat. Kesan mewah Mobilio tidak sebagus kualitasnya dan kepuasan customer itu bukan nomor satu.

    • tim

      Ketahuan ngibulnya ini orang, mana ada kaca jendela mobil bisa bengkok?? Trus lu minta pasang aksesoris bnyk bgt, ya jls gak dikasi lah, kcuali lu beli mercy ato bmw, sampe warna interior aja bisa pilih, lah ini beli mobilio doang minta aksesoris udh bnyk banget, trus kerahuan boongnya lagi, ga diomong tuh kalo lio ud pny airbag sana abs tapi avnza 2010 blom… kalo urusan kenyamanan lio msh diatas av, dlu ane pny av 2010 bandingin sama lio om ane, jauh banget riding nya., orang kalo brand minded ya kayak gini, ato mgkn ini black campaign SALES TOYOTA?

    • carlovers

      hadeh mas Fred S. Rivera-_- please deh gausah ngumbar kejelekan produk orang di media massa. itu pencemaran nama baik mas. kalo kecewa sampein langsung ke salesnya, bukan curhat ke media massa. lagian kalo di media massa mas Fred bisa dilaporin ke polisi. mohon diingat ya mas. mungkin saya lebih muda dari anda, tapi tolong perbaiki sikap ya mas.

    • ditya

      To free.s viera komen anda saya perhatikan di setiap artikel mobilio selalu sama ya…LOL

    • ditya

      To free.s viera komen anda saya perhatikan di setiap artikel mobilio selalu sama ya…LOL hahaha

    • big hero 6

      1. gaada pantes-pantesnya ngejelekin produk orang di forum kayak gini
      2. anyway yang diomongin kok kayak memutarbalikkan cerita ya?

    • wowkeren

      Curiga gue sama yang komen ini. Sales toyota kah ini orang?? Kok mobilionya dipojokin dengan kebohongan, sedangkan avanzanya dipuji dengan kebohongan. Faktanya TERBALIK. gadisebut pula keunggulan mobilio dibanding avanza seperti side impact beam, immobilizer, ABS EBD, audio abalan padahal harga sama kayak mobilio RS.

    • er satria

      ente sales ya? discount brapa skr avanza? bisa tanpa dp gak kyk motor?

    • C 200

      Hati hati bawa avanza, nyawa melayang

  • ab

    Beli mobil bagus kalau ga aman cuma! Ane baru tau mobilio udh pake besi baja dipintu, sama sassis yg bisa patah kl tabrakan dr depan, jd di dalam kabin tetep aman. Pantes banyak org mati kl kecelakaan pake avanza

  • in

    Alhamdulillah ane kebeli lio RS CVT putih tgl 13 Agst kmren pengganti terios. Puas pakainya…

    • Michael de santa

      Iya ane pake mobilio e cvt pengen terus kebut kebutan hehe

  • wongBatam

    kalau saya tentang avanza

    1. mobil ini jutaan manusia udah pake , namanya juga mobil ratusan umat, malu juga sih gembor2 pake avanza ternyata merek tsb udah ga berkelas lagi , karena mainstream dijumpai dijalanan

    2. mobil ini cocok untuk aset , liat aja dimana2 avanza udah dijadikan mobil ‘RENTAL’

    3. kenyamanan mobil ini disegi suspensi memang benar sampai seri terbaru saat ini (VELOZ) suspensi anjrut2an jg tidak terbenahi , masih kerasa mantul mantul apalagi beban penuh

    4. segi sell value, gak menjamin lagi, karena mobil ini jutaan unit beredar dijalanan, otomatis harga jual juga mengalami penurunan drastis, coba aja beli mobil avanza taun ini trus jual deh taun depan, 50% pasti turun itu harga.

    kesimpulannya di avanza udah gak ‘jaminan’ lagi

    saya gak memilih mobilio, cuman ikut mengulas sisi avanza saja
    karena banyak orang disini masih “buta” dengan harga pasar , taunya omongan orang lain , belum cek cuman omongan sudah dipercaya , akibatnya ya gigit jari

    • carlovers

      bukan ratusan umat mas, 20 juta pembeli perbulan. gila banget!

  • alvin

    avanza udah keseringan diliat dimana-mana, udah kayak liat angkot. fitur juga kurang generous. kekurangan masih banyak contohnya minus ABS EBD, minus Audio DVD touchscreen +kamera belakang, minus parking sensor, A/T jadul, akselerasi ga sebagus mobilio, teknologi vvt-i doang, konsumsi bbm terboros untuk LMPV, model ringkih, dll. kalo mau gaya diluar ambil aja mobilio. kalo mau yang lain”nya, pokoknya saran aku gausah ambil avanza. entar jadi minder karena pemakai avanza lainnya adalah people carrier di hotel, rental mobil, dll.

  • Adhitya

    Saya setuju dengan komen Wong Batam. Banyak orang mengira beli Avanza, agar waktu jual kembali harganya masih tinggi. Tapi setelah saya lakukan riset kecil, sebenarnya hampir semua mobil kelas 150 juta-an termasuk avanza punya deperesiasi yang sama. Untuk inflasi tahun 2011-2013 : Depresiasi tahun pertama 20jt, tahun kedua 10jt.

    Bahkan banyak orang Indonesia sampai mengorbankan nilai fungsi dari mobil itu sendiri. Contoh:
    1. Penggunaan dalam kota, jalan aspal ngga berlubang akan lebih cocok dengan mobil rendah dan front wheel drive. Tapi setelah minum racun sales, mereka pilih yang sebaliknya.
    2. 99% dari penggunaanya cuma sendirian bolak balik kantor. Penumpang lain cuma istri sama 2 anak. Mestinya cukup dengan 2 row seat. Sekali lagi ikut latah beli yang bongsor.
    3. Toyota memang terkenal handal, terutama Innova, dipakai 300,000 km masih terasa nyaman. Cocok untuk rental. Tapi kalau kita hanya pakai 1,000 km per bulan, benefit-nya ngga terasa, apalagi 5 tahun kemudian ganti mobil. Mending cari mobil Korea atau Suzuki, benefit sama harga jauh ekonomis

  • carlovers

    avanza xenia udah agak bosen ditemuin karena udah ada dimana-mana. dari pasar sampe depan istana negara.

  • dev

    saya juga udah test drive mobilio rs sama avanza veloz. hampir seluruh aspek menyatakan avanza veloz kalah.
    1. mobilio udah ada ABS EBD. apakah itu ada di veloz? enggak
    2. kursi baris 3 mobilio bisa direbahin. avanza? enggak juga
    3. semua LMPV (kecuali si kembar) udah punya immobilizer.
    4. ini udah 2014, masa lobang kunci kepisah sama gagang pintu?
    5. avanza PELIT FITUR, tapi juga ngasih fitur yang ENGGAK PENTING, misalnya lampu LED di handle sama chrome list di jendela (yang menurut saya lebay dan sok tiru BMW)
    6. audio avanza veloz BIASA BANGET walaupun udah integrated. sedangkan audio mobilio udah bagus, walaupun cuma after market.
    7. soal mesin avanza bintang 2 mobilio bintang 4. udah paling kenceng buat LMPV, terus irit lagi (beda dikit doang sama ertiga)
    8. semua avanza (even veloz sekalipun) ga ada pengaturan AC buat kaki.
    9. ruang kaki baris 1, 2, dan 3 mobilio lebih lega daripada avanza. lebih lagi baris 2 lantainya rata.
    10. avanza mungkin bagasinya gede, tapi masih gedean mobilio.
    11. mobilio boleh aja mirip LCGC, tapi tampilan masih lebih elit mobilio daripada avanza.
    12. kualitas wiper depan avanza itu umur pendek, bentar-bentar harus ganti wiper.
    13. material mobilio sebenernya sama aja sama avanza, tapi seenggaknya dia punya beberapa kelebihan yang saya sebut tadi.
    kelebihan avanza paling (cuma) headrest depan yang bisa diatur ketinggiannya (kalo dibandingin sama mobilio)

    • Ich12

      Bro dev,Veloz bukannya udah pakai ABS ya trus soal kualitas wiper kayaknya ga seburuk yang bro bilang deh,ane pakai Avanza Old 3 thn blum gnti wiper tuh
      Sorry ane bkn membela Avanza,ane cuman memperjelas saja

  • eko

    Pada akhirnya saya membeli veloz (Desember 2014). Pada akhirnya tergantung kebutuhan dan selera masing2.

    Sebelumnya sempat galau xenia attivo, veloz, ertiga atau mobilio. Saya datangi semua show room dan kesimpulan saya adalah sbb.
    Pertama sesuai topik. Mobilio: body luar okay, tapi begitu masuk liat interior langsung illfeel, dashboard tipis, bentuknya gak enak dilihat oleh mata saya. Apalagi ketika laci dibuka,, seperti cookie monster. Astaga Kursinya tipisnya bukan main. Jadi mibilio coret dari wish list. Bagaimanapun anda memprofokasi saya, saya tidak akan membeli mobilio. Jikalaupun anda memberikan saya dengan gratis sekalipun akan saya jual kembali dan membeli yg lain. Walaupun mesin paling kuat, handling bagus, itu bukan poin penting bagi saya. Jadi jangan paksa saya memilih mobilio.

    Kedua ertiga, mobil ini bagus. interior paling eye cathing. Tapi negatifnya, ruang kabin berasa sempit. Sangat sempit. Kata orang sunda “asa padukdek” Saking sempitnya blower ac seperti di depan muka. Okay, kursi bisa dimundurkan. Tapi tetap berasa sempit *dibandingkan xenia yg saya pakai selama 6 tahun. Angka diatas kertas seharusnya ertiga lebih luas. Inilah trik marketingnya suzuki. Coba liat bentuk mobilnya, ternyata bentuknya trapesium. Besar di bawah, kecil diatas. Inilah yg membuat kabin ertiga berasa sempit. Exterior biasa saja menurut. saya, bahkan adik saya merasa jijik seperli melihat APV. Akhirnya ertiga di coret.

    Spin. Sempet kepikiran spin diesel, tapi Front gril terlalu besar. Coret.

    Xenia: sempet SPK attivo. Dapat diskon 21jt di Imms. Tapi tetap galau karena tidak ada MID. SPK dibatalkan, rugi 1jt.

    Dan akhirnya jatuh kepada veloz, bukan yg terbaik, tapi yg paling ideal. Tidak ada Ac untuk kaca dan kaki, tapi bukan hal penting buat saya. Selama ini jika hujan sudah cukup bersih dengan ac yg ada. Bensin boros? Tak apa, konsekwensi berpenggerak belakang. Selama ini xenia 1000cc berpenggerak belakang saya lebih kuat nanjak naik gunung (untuk pulang kampung) daripada xtrail 2500cc teman. Jadi akhirnya saya ambil veloz.

    Sekian curcol saya

    • dev

      ngaco lu -_- avanza udah ngga banget bro!
      1. material mobilio emang sama aja sama avanza, tapi fitur yang dikasih JAUH MENINGGALKAN avanza yang GITU GITU AJA. bagasi gede lagi
      2. ngga rasa kalo ertiga materialnya bagus banget, sama/malah lebih dari CR-V? audio udah DVD+rear camera+touch+bluetooth+indash. kursi kulit lagi. pake irit pula
      3. tampilan doang lu liat. chevy spin plat bodi paling tebel coy
      4. yang bikin avanza aja ADM, berarti model avanza sebenernya xenia ganti label. fitur xenia attivo lebih banyak daripada veloz. LOL
      5. dan pilihan terakhir dan terbodoh adalah avanza veloz. cuma menang harga jual tetep tinggi, padahal gaada pantes-pantesnya dijual balik dengan harga tinggi.

    • carlovers

      salah semua yang lu omongin.
      1. mobilio = avanza + fitur lebih banyak, berarti material sama + fitur lebih banyak
      2. ertiga jelek? ertiga = swift yang dibuat jadi MPV. berarti kekerenan swift kebawa ke ertiga, walopun dikit
      3. spin bagus kok, plat bodi paling tebel walopun model biasa
      4. bener kata mas dev, avanza yang bikin ADM.
      5. udah boros, termasuk lambat (M/T aja udah lambat, yang A/T lagi), model biasa banget, not fun to drive

    • big hero 6

      hahahah, bilang aja lu gatau mobil makanya yang lu beli masih aja avanza veloz. gini bro, yang lu omongin salah semua (menurut banyak orang yang melek otomotif)
      1. interior mobilio sebenernya sama aja sama avanza, bahkan kursi tipisnya sama aja sama avanza. tapi lu harus liat fitur yang ada di mobilio, udah jauh ninggalin avanza.
      2. ertiga jelas lebih luas, liat aja spesifikasi dimensinya. gaada yang bisa ngebuktiin avanza lebih luas. bagasi sama aja luasnya. pake flat folding lagi. bahkan exterior sama kerennya dengan swift (karena se-basis)
      3. what a stupid thing, coret chevy spin karena grille gede? lu gatau, kalo plat body spin paling tebel, jok juga paling tebel, walopun ada kekurangan juga sih.
      4. (sekalian ngewakilin no. 5) xenia ga punya MID? punya keleus. orang avanza aja dibikin sama ADM, makaya fitur xenia lebih lengkap daripada avanza veloz luxury sekalipun. gaada tenaga? santai aja sih. emang bukan mobil balap. sebagai perbandingan, avanza veloz luxury waktu 100 km/jam langsung melayang, sedangkan xenia attivo baru pas 130 km/jam.

    • eye of tiger

      yang lu omongin perasaan cuman buat menangin avanza & ngejelekin mobil lain. lu harus tau dulu ya:
      1. walopun mobilio punya material setara avanza, mobilio masih punya fitur diatas veloz, contoh : ABS EBD, side impact beam, alarm, immobilizer, audio DVD player + touchscreen + kamera mundur, dan sandaran kursi belakang reclining.
      2. dimensi ertiga aneh?? engga tuh. biasa aja tuh, ngga kaya trapesium. terus model luar ertiga jelek? ngaco banget. ertiga kan swift MPV, jadi tetep keren.
      3. (masalah selera aja) model spin bagus kok, walaupun gril gede. terus plat bodi + kursi paling tebel.
      4. xenia ga ada MID? ngaco lu. xenia ada MID lah, orang avanza aja ngambil model xenia. audio xenia aja lebih bagus daripada avanza. audio sama kayak mobilio.

    • tim

      Sebelum gua jawab, lu harus tau dulu bahwa xtrail gabisa dibandingin sama xenia, mau bagaimana pun beda kelas dan power, gua pake xtrail T31 2.0 M/T ud 5 thn nanjak santai aja, apalagi yg 2.5, pasti lebih kuat lagi

      1. Mobilio memang saya akui kualitas pembuatannya jelek, tapi avanza ga lebih bagus jg dari mobilio, malah mobilio unggul jauh di sektor mesin, serta fitur” yg lebih generous

      2. Ertiga model exteriornya gabagus? Menurut gua ertiga itu paling proporsional bentuknya di kelas LMPV, dibanding avanza atw mobilio, apalagi ertiga interiornya paling bagus, wmg interior sempit, tapi kursinya paling tebal dan paling nyaman dikelasnya

      3. Spin grill gede jelek?justru gua bilang bagus, dan (maaf) lu goblok banget kalo coret spin diesel, udh irit, bertenaga, plat bodi 0.8, MID canggih, emg ga ada maticnya yg diesel, tapi terbayarkan sama keiritan solarnya, serta kualitas global

      4. Xenia ga ada MID? Yakin? Avanza aja yg bikin daihatsu, masa xenia kaga ada mid?

      5. Pilihan bagi org yg mau beli mobil tapi mau dibedain dikit sama mobil rental (biasa rental pake 1.3 G)

      • Trevor phillips

        Ertiga exteriornya kayak mobil tahun 80’an

    • Michael de santa

      Wkwkwkwkwk SPIN FRONT GRIL TERLALU BESAR

    • C 200

      No.1 kualitas avanza tuh sama aja kyk mobilio, malah kursi mobilio jauh lebih empuk
      No.2 interior avanza gak ada apa apanya sama interior ertiga, ertiga jauh lebih mewah
      No.3 front grille besar gak masalah, malah sistem ventilasi jd bagus
      No.4 yakin gak ada mid? Kijang doyok aja punya mid

  • Darmawan

    bagaimana dengan peredam kabin antara mobilio, avxen dan ertiga? kebetulan sy sdh pakai Avanza S sejak 2011, dan peredam kabin menjadi concern yg mengganggu meskipun sudah ditambahkan anti karat (yg konon bisa mengurangi kebisingan dikabin). thanks

    • Ferry

      Pak Darmawan. Saya pakai Avanza G 2012 dan Ertiga GX 2013. Untuk peredaman ertiga jauh kemana-mana. dari suara ban dan suara mesin, Ertiga bisa diredam dengan baik seperti sedan kelas atas. baru terasa agak ganggu setalah kecepatan diatas 120 Km/jam
      Kalau mobilio saya belum coba.

  • harga aksesoris mobil

    honda apa toyota, yang pasti pilih honda dan jarang mogok

  • xyxy

    kt siapa honda jarang mogok? kmrn tuh di jln jazz mogok 😀 erti ga deh… av ga deh… xe ga deh… spin ga deh… mendingan boil cbu bro… toyota… mantaphz

  • alex

    Gua sebagai pemakai avanza lawas 2004 kayaknya klo ngeliat mobilio pun kurang tertarik. Dulunya avanza gua remehin soal performa, durabilitas, dan keiritan nya. Ehh setelah make sampe sekarang mantap banget brohh. Udah 220rb km an udah keluar pulau berkali kali dan mudik gak ada masalah. Emang kuat banget nih mobil. Yaaa mungkin untuk kenyamanan sih jempol kebawah. Tapi untuk ketahanan mobil gua akuin jempol. Dan keiritan jugaa mantap lah 1lt/12 km. Mungkin karena tarikan belakang yaa. Hmm buat mobilio masih kurang pede kayaknya, dia kan satu platform sama jazz. Kuat gak tuh buat keluar bolak balik pulau dan mudik berkali kali. Secara mesin jazz aja untuk dimanjain dalkot. Gua sih tetep prefer avanza aja

    • eye of tiger

      avanza kapan sih iritnya? 12 km/l doang buat rute tol. soal durabilitas? ya jelas spin/ertiga. mobilio sedikit lebih baik dari avanza. soal tarikan? mobilio lah. mobilio sebasis brio/jazz, emang kenapa? kan dia udah teruji ketahanannya. soal mesin emangnya gapake penelitian dulu?
      udah deh lu sales toyota gausah jelek-jelekin merek laen deh. bikin video komparasi sesat.

      • Fan

        Saya pemakai mobilio e cvt saya rasa untuk performa, mobilio sudah pretty good terus untuk Dashboard, jujur saya memang agak gimana gituh kalo melihatnya kadang suka kadang nggak dan untuk exterior perfecto saran saya untuk mobilio kedepan: peredaman kabin di tamabahkan lagi, CMIIW design dashboard dimewahkan untuk review seputar mobil, autonetmagz memeang jawara nya dengam review ini saya ambil lio e cvt saya sukses dan maju terus autonetmagz!!!

  • alfian

    Kalau Kaya Gini Mending ambil Xenia Attivo Udah Touch Screen,GPS,DVD,AUX Dan Lain Lain.Terus Attivo Juga Udah Pakai Kamera Parkir Belakang + Sensor Parkir Belakang Kan Hahahahaha

    • Andi

      Yaelah fitur kayak yg anda sebutkan bisa didapat sendiri kok

    • wowkeren

      Bisa tambahin sendiri itumah. Coba tambahin immobilizer, ABS EBD, side impact beam, bisa ga??