Perbandingan Honda Mobilio dengan Toyota Avanza

Jakarta, AutonetMagz – Honda Mobilio layak disebut sebagai Avanza killer karena penjualannya (dilihat dari jumlah pemesan) sudah mampu membuat Toyota Avanza harus berbenah lebih banyak dibandingkan pada saat pertama kali menghadapi Suzuki Ertiga. Namun kita tidak bisa membandingkan suatu produk dari jumlah penjualan saja, karena banyak faktor-faktor lain yang menentukan suatu produk lebih baik atau tidak selain dari jumlah penjualan. Yuk kita intip komparasi visual antara Honda Mobilio vs Toyota Avanza

Desain Eksterior

Toyota Avanza sudah mengalami ubahan major change pada tahun 2011 silam, model yang baru mulai dari eksterior dan interior membuatnya tampak lebih mewah dibandingkan versi sebelumnya. Namun di tahun 2014 ini Toyota Avanza sudah mulai terlihat membosankan karena sangat banyak sekali beredar di jalanan. Khusus untuk Toyota Avanza Veloz, modelnya jauh lebih menarik dibandingkan dengan Toyota Avanza tipe standar karena penggunaan bumper depan yang lebih sporty dan modern.

Sedangkan Honda Mobilio, mobil ini merupakan produk baru yang tentunya masih sangat segar meskipun mengambil basis dari Honda Brio yang dipanjangkan dan ditinggikan. Dari depan sangat kental sekali aura model Honda Brio dari bentuk lampu depannya, untung saja grille dan bumper depannya dibuat berbeda. Hal ini yang menjadikannya lebih mewah dan juga terlihat sporty. Pada model belakang, Honda Mobilio pun tampil lebih modern dan elegan dibandingkan dengan Avanza yang sangat sederhana.

Dari desain eksterior, kami menyimpulkan Honda Mobilio lebih unggul dibandingkan dengan Toyota Avanza, karena Toyota Avanza sudah tampak membosankan dan segera membutuhkan facelift secepat mungkin, meskipun begitu Honda Mobilio masih terlihat sedikit kurang proporsional pada bagian samping yang membuatnya agak aneh.

Interior

Masuk ke dalam interior, antara Honda Mobilio dan Toyota Avanza sama-sama memiliki interior yang kurang berkualitas dan di desain kurang cantik. Baik Avanza dan Mobilio sama-sama memiliki material plastik yang keras, tidak mewah dan terlihat murahan, bahkan Mobilio menggunakan dashboard yang sama dengan Honda Brio Satya yang merupakan mobil LCGC (Low Cost Green Car), perbedaannya pada Mobilio diberikan speedometer dengan iluminasi biru dan finishing glossy pada pinggir lubang AC.

Perbandingan Interior Honda Mobilio dengan Toyota Avanza

Pada Avanza Veloz, model Avanza tipe tertinggi ini sudah dilengkapi dengan audio control pada bagian setir. Sebaliknya, meskipun belum dilengkapi dengan audio control pada setir, Honda Mobilio Prestige yang merupakan tipe tertinggi, sudah dilengkapi head unit touch screen lengkap dengan kamera mundur.

Soal akomodasi, kedua mobil ini 11-12 sebenarnya. Baik Toyota Avanza dan Honda Mobilio sama-sama lega dan tinggi, kursi baris tengah juga sama-sama memiliki kepraktisan yang sama karena bisa digeser seperti kursi depan. Hanya saja Honda Mobilio masih terlihat sedikit murahan karena melakukan sharing platform dengan Honda Brio pada jok depan yang tidak bisa di atur ketinggian head rest-nya. Sedangkan pada Toyota Avanza meskipun kursi depannya kurang nyaman diduduki, ketinggian headrest bisa diatur dengan mudah.

Performa Mesin

Membandingkan mesin Honda Mobilio dan Toyota Avanza diatas kertas tentunya jauh lebih unggul mesin Honda Mobilio yang dibekali dengan mesin bertenaga 118 Ps penggerak roda depan. Sedangkan Toyota Avanza dibekali dengan dua pilihan mesin 1.300 cc dan 1.500 cc dengan penggerak roda belakang yang memiliki tenaga 109 ps dan 92 Ps. Jadi sangat mudah untuk menyimpulkan mesin Honda Mobilio jauh lebih bertenaga.

Eits, jangan senang dulu. Kedua mobil ini sebenarnya ada di dua alam yang berbeda karena memiliki penggerak roda yang berbeda pula. Toyota Avanza lebih unggul pada jalan menanjak karena memiliki penggerak roda belakang. Sedangkan Honda Mobilio memiliki penggerak roda depan yang membuatnya lebih hemat bahan bakar dan lebih bertenaga di trek lurus. Jadi kembali ke pilihan masing-masing, mau yang bertenaga di perkotaan atau bertenaga di pegunungan? Tapi meskipun Honda Mobilio dengan penggerak roda depannya memerlukan lebih banyak tenaga dibandingkan dengan penggerak roda belakang, bukan berarti mobil ini tidak kuat nanjak loh.

Ride and Handling

Bicara ride and handling, tentunya Honda Mobilio jauh lebih unggul kemana-mana dibandingkan dengan Toyota Avanza. Toyota Avanza dari dulu sudah terkenal memiliki suspensi yang tidak nyaman dan terlalu memantul sehingga sangat tidak enak dikendarai. Sebaliknya, Honda Mobilio mungkin bisa dibilang raja untuk soal ride and handling di kelasnya. Honda meracik suspensi yang cukup nyaman untuk Honda Brio meskipun masih terasa sedikit kaku, memang masih kalah nyaman dibandingkan dengan Ertiga, namun jauh lebih nyaman dibandingkan dengan Avanza. Yang menarik, Honda Mobilio memiliki handling paling mantap dan body roll yang sangat minim untuk ukuran mobil sekelasnya.

Perbandingan Kabin Honda Mobilio vs Toyota Avanza

Fitur

Baik Honda Mobilio dan Toyota Avanza sebenarnya masih 11-12 untuk hal ini. Keduanya sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag, audio dengan USB dan AUX juga power window, electric mirror dan AC double blower. Bahkan untuk Honda Mobilio tipe E CVT, rem nya sudah dilengkapi dengan ABS.

Kesimpulan

Honda Mobilio dan Toyota Avanza memiliki kelebihan masing-masing, namun Honda Mobilio mampu menawarkan sesuatu yang lebih mulai dari performa, kenyamanan, ride and handling yang jauh dibandingkan dengan Toyota Avanza. Namun untuk anda yang lebih cenderung ke unsure value for money dan durabilitas karena digunakan untuk kerja keras, tentunya Avanza adalah pilihan yang tidak perlu diragukan lagi karena ketangguhan mesinnya, kemudahan merawat dan murahnya harga spare parts Toyota Avanza. Namun jika ingin digunakan sebagai mobil keluarga yang nyaman, sepertinya Honda Mobilio lebih menggiurkan.

Honda, Perbandingan Honda Mobilio Dengan Toyota Avanza: Perbandingan Honda Mobilio vs Toyota AvanzaHonda, Wallpaper Honda Mobilio Vs Toyota Avanza: Perbandingan Honda Mobilio vs Toyota AvanzaHonda, Perbandingan Interior Honda Mobilio Dengan Toyota Avanza: Perbandingan Honda Mobilio vs Toyota AvanzaHonda, Perbandingan Kabin Honda Mobilio Vs Toyota Avanza: Perbandingan Honda Mobilio vs Toyota Avanza

Tags : Komparasi Honda Mobilio dengan Toyota Avanza, gambar Honda Mobilio resolusi besar, mobil MPV sekelas Avanza, kelebihan Toyota Avanza, gambar Honda Mobilio resolusi tinggi, mobil MPV sekelas Honda Mobilio,