Peringati Hari Angkutan Nasional, Begini Sepak Terjang Suzuki Carry

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Peringati Hari Angkutan Nasional, Begini Sepak Terjang Suzuki Carry
0  komentar

AutonetMagz.com – Bertepatan dengan hari Angkutan Nasional yang diperingati pada 24 April, PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) turut memberi dampak pada perkembangan angkutan umum Tanah Air. Sebagai produsen kendaraan komersial ringan, Suzuki memberi dampak lewat penyediaan kendaraan yang dapat dikaroseri sesuai kebutuhan. Salah satunya Suzuki Carry yang biasa dijumpai menjadi angkutan kota (angkot).

Awal Mula Menjadi Angkot

Suzuki Carry mulai diproduksi di dalam negeri pada era awal perkembangan otomotif Indonesia, yang berkisar pada tahun 1970-an. Selain kendaraan wirausaha, Suzuki Carry juga identik dengan angkutan umum di Indonesia. Pada tahun 1978, untuk pertama kalinya Suzuki Carry di Kota Manado, Sulawesi Utara, diubah menjadi angkutan kota yang. Kendaraan tersebut kemudian diadopsi ke berbagai wilayah di Indonesia, salah satunya Jakarta.

Sesuai dengan peruntukannya, Suzuki Carry banyak digemari dan menjadi andalan kendaraan para wirausahawan. Sehingga selama hampir 50 tahun, Suzuki Carry berhasil mengukuhkan market share tertinggi di segmen kendaraan niaga ringan Indonesia. Pada kondisi terkini, Suzuki Carry berhasil merajai lebih dari 50% unit Mikrotrans yang beredar melalui para operator angkot di bawah naungan PT Transportasi Jakarta.

Berhasil Menyesuaikan Kebutuhan Pasar

Dalam pengembangannya, pemerintah Jakarta telah mengatur peraturan karoseri angkot agar tampilan interior dan eksteriornya mencerminkan citra angkutan umum yang berkualitas, nyaman, dan aman. Peraturan yang tertuang pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 turut menertibkan keseragaman badan kendaraan yang meliputi kaca-kaca, pintu, engsel, tempat duduk, pemasangan tanda kendaraan, hingga fasilitas seperti AC, penunjuk arah, LED Trayek, dan CCTV.

Dalam setiap inovasi karoseri angkot, New Carry selalu berhasil menyesuaikannya dengan standar dan
arahan dari pemerintah. Sehingga pada tahun 2019 Suzuki Carry menjadi unit yang paling pertama dijadikan Mikrotrans percontohan dengan layanan trayek Cikini – Gondangdia. Selain angkutan kota, Suzuki Carry juga banyak dijumpai dengan berbagai model yang berbeda-beda seperti mobil boks, pick-up, coffee truck, ambulan, dan lain-lain.

Read Prev:
Read Next: