Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga
0  komentar

Perbandingan Honda Mobilio dengan Suzuki Ertiga

Jakarta, AutonetMagz –  Ketika kami mengeluarkan artikel Perbandingan Honda Mobilio dengan Toyota Avanza, ada beberapa pembaca setia AutonetMagz yang memberikan komentar dan permintaan melalui email ke redaksi untuk membandingkan antara Honda Mobilio dengan Suzuki Ertiga. Nah, sekarang kita akan coba membuat komparasi visual kedua mobil keluarga tersebut.

Eksterior

Desain eksterior Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga boleh dibilang sama-sama manis dan cantik. Namun kedua mobil ini memiliki garis desain yang bertolak belakang satu sama lain. Honda Mobilio cenderung memilih untuk mengadopsi desain sporty dan modern sedangkan Suzuki Ertiga sebaliknya cenderung ke arah desain yang simple namun elegant mulai dari bentuk depan hingga belakang. Menurut kami kedua mobil ini sebenarnya lucu, jika Honda Mobilio terlihat kurang proporsional dari model samping, Suzuki Ertiga justru terlihat kurang proporsional dari belakang.

Yang menarik untuk dibahas, sebenarnya Suzuki Ertiga memiliki segmentasi yang lebih tinggi dibandingkan Honda Mobilio, karena Suzuki Ertiga merupakan Suzuki Swift yang dipanjangkan, ditinggikan dan ditambah kursi penumpang di bagian belakang. Sedangkan Honda Mobilio merupakan Honda Brio Satya LCGC yang dipanjangkan, ditinggikan dan ditambah kursi di baris ketiga, sama seperti Swift ke Ertiga. Untungnya Honda memberikan mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Honda Freed untuk membuat mobil ini menjadi naik kelas.

Interior

Membandingkan antara interior Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio jelas lebih mewah Suzuki Ertiga mulai dari desain dan material dashboard, door trim hingga pemilihan bahan kursi yang digunakan. Suzuki Ertiga memiliki interior yang lebih mewah bahkan dibandingkan dengan Nissan Grand Livina sekalipun yang berada setingkat di atasnya. Apalagi Suzuki Ertiga memiliki head unit integrated yang tampil mewah dan dilengkapi dengan kualitas audio yang baik.

Interior Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Masuk ke dalam interior Mobilio maka kita tidak ubahnya memasuki kabin Honda Brio Satya LCGC yang terlihat kurang menarik. Mulai dari tombol AC, head unit OEM dan desain yang sangat-sangat sederhana tidak mencerminkan kesan mobil mewah. Untungnya door trim yang berbeda dengan Suzuki Ertiga membuat tampilan interior Mobilio sedikit terangkat. Pada Honda Mobilio warna speedometer dan aksen di sekitar AC juga ikut berubah dengan finishing glossy agar tampil lebih mewah. Tapi tetap tidak bisa terlihat lebih mewah dari Ertiga.

Soal Akomodasi, Honda Mobilio selangkah lebih maju dibandingkan dengan Suzuki Ertiga, terutama pada bagian belakang. Suzuki Ertiga memiliki kursi belakang yang tidak begitu luas dan bagasi yang sempit jika dibandingkan dengan Honda Mobilio, hanya saja jok baris ketiga Ertiga bisa dilipat rata lantai. Sedangkan Honda Mobilio tidak. Ruang penumpang Honda Mobilio tentunya jauh lebih luas dibandingkan Ertiga, hanya saja metode lipat kursi belakang Honda Mobilio masih konvensional seperti Toyota Avanza.

Performa Mesin

Suzuki Ertiga memiliki mesin 1.400 cc bertenaga 94 Hp, dan Honda Mobilio memiliki mesin 1.500 cc bertenaga 118 Hp, diatas kertas sudah jelas jauh lebih bertenaga Honda Mobilio. Kedua mobil ini sama-sama memiliki penggerak roda depan yang lebih hemat bahan bakar dan memilik akselerasi yang lebih baik di jalanan perkotaan. Untuk Honda Mobilio kami belum tahu pasti karena belum melakukan pengetesan secara komprehensif. Namun untuk Suzuki Ertiga sudah dapat dipastikan mesin mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan tenaga yang cukup lumayan pada putaran atas meskipun putaran bawahnya sedikit loyo. Namun jika melihat Honda Jazz yang memiliki mesin sama dengan Honda Mobilio, bisa dipastikan mobil ini akan memiliki konsumsi bahan bakar yang tidak jauh berbeda dengan Suzuki Ertiga.

Ride and Handling

Ride and Handling Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio ini sama seperti desain eksteriornya. Keduanya sama-sama memiliki karakter yang bertolak belakang satu sama lain. Honda Mobilio memiliki suspensi yang lebih kaku namun masih masuk ke dalam kategori nyaman, apalagi jika dibandingkan dengan Toyota Avanza. Sedangkan Suzuki Ertiga memiliki suspensi yang  di setting sangat nyaman dengan bantingan yang sangat empuk, sehingga sangat nyaman untuk digunakan sebagai mobil keluarga.

Nah jika kita bicara soal handling, tentunya Honda Mobilio lebih unggul dibandingkan Suzuki Ertiga. Mobil ini memiliki setir yang mantap dan body roll yang minim untuk mobil sekelasnya. Sedangkan Ertiga masih memiliki body roll dan handling yang sedikit limbung, dampak dari suspensi yang empuk, namun handling Ertiga masih jauh lebih nikmat dibandingkan Avanza karena menggunakan sasis monokok.

Kabin Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Fitur

Bicara soal fitur, Suzuki Ertiga lebih lengkap dibandingkan dengan Honda Mobilio, terutama untuk tipe GX, mobil ini sudah dilengkapi dengan key immobilizer, seat belt with height adjuster, seat adjuster dan head rest yang bisa diatur ketinggiannya. Pada Honda Mobilio fitur-fitur sepele namun sangat berpengaruh ini dihilangkan karena kesamaan basis dengan Honda Brio. Untungnya kedua mobil ini pada tipe tertingginya sudah dilengkapi dengan Dual Airbag dan rem dengan ABS. Sedangkan dari segi entertainment, Suzuki Ertiga GX memiliki head unit indash yang tampak jauh lebih manis dibandingkan Honda Mobilio.

Kesimpulan

Honda Mobilio dirancang untuk anda yang menginginkan family car yang tidak ingin melupakan sensasi berkendara yang menyenangkan seperti mobil-mobil Honda lainnya. Sedangkan Suzuki Ertiga dirancang untuk anda yang menginginkan mobil keluarga dengan  kenyamanan maksimal, kemewahan maksimal meskipun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Karena dua karakter yang saling berseberangan antara Ertiga dan Mobilio, kembali kepada selera masing-masing, bagi yang lebih mengutamakan kemewahan dan kenyamanan tentunya Ertiga adalah pilihan yang tepat, sedangkan bagi yang mengutamakan performa, handling dan ruang kabin yang lega, Mobilio adalah pilihan yang tepat untuk AutonetMagz readers.

Read Prev:
Read Next:
  • Vano

    Wahh.. terima kasih bwt autonetmagz bwt reviewnya.. cpt banget di request lgsung dibuatin perbandingan ertiga vs mobilio.. seems fair.. bwt yg cari nyaman pilih ertiga kalau maw bagasi besar mobilio.. nice job..

    • Sama-sama masbro, mudah-mudahan dapat menambah manfaat informasinya. Jangan sungkan untuk share artikel ini 😉

  • GTRr35

    Soal pembahasan bagian interior; Desain yang tampak cuma “skin deep”, most merk bisa dengan mudah menyuguhkan desain yang menarik.
    Yang jauh lebih penting adalah faktor2 diluar yang tampak saja yang biasanya dikemas, misalnya ergonomis termasuk seat support, visibilitas, reachables driver oriented instrument layout dll yang membuat mengemudi mengasyikan sekaligus menghasilkan tingkat kelelahan dan fokus yang berbeda.
    Dalam hal ini mobilio belum bisa diberikan nilai karena belum di tes, tapi sama seperti ulasan ride dan handling dll di atas, diyakini banyak pihak, honda jauh lebi “advanced” mengemas interior khususnya dari segi2 lain tadi.

    Ride dan handling pun rasanya perlu ditambahkan faktor fun to drive.

  • mbak.lies

    MOBILIO vs Grand Livina ???

  • Nadiar

    ˚☺k˚˚ >̴̴̴̴̴͡.̮Ơ̴͡ Nice info, lagi bingung pilih ertiga apa mobilio

  • febri

    Mas bro, gak ada komparasi dgn chevrolet Spin nih? Ane justru lg Bingung either ertiga, mobilio sm spin nih.. Kalo duo avxen sih out of the topic deh.. Menurut ane duo itu lebih cocok buat kendaraan Niaga deh, bisa buat rental ataupun mobil operasional kantor. Tp kalo buat pake sendiri atau mobil keluarga, udu jauh2 hari ane coret.. Gak ada nyaman2 nya tuh mobil. Oiya, tlg compare value for money nya jg kalo bisa. Soalnya pemain lama udh nerapin strategy diskon gede nih buat lawan mobilio, hehehe.. Thx sblmnya ya, jaya terus Autonetmagz!!

    • Hendra

      Betul, kalau sudah pengalaman pakai mobil pasti nyoret duo avxen, nggak nyaman, dan iklannya banyak hoax-nya. Nah kalau antara 3 itu kalau menurut ane, Spin bukan pilihan ane, interiornya kurang nyaman, bangku tengah nggak flexible. Tinggal R3 dan mobilio, kalau untuk anak muda sepertinya lebih cocok mobilio karena mesinnya SangaR (118HP coy…), tapi ingat, biasanya “H” itu mahal di sparepart. Kalau untuk keluarga yang nggak begitu suka ngebut R3 pilihan yang baik juga, walau R3 juga bisa ngebut juga lebih kencang dari duo avxen.

  • Diki

    Bahan kursi Mobilio tipis dibanding R3, kualitasnya kursi bagus or tidak ya? Mohon info harga kredit mobilio utk 5 tahun.

    • dev

      memang betul kursi mobilio lebih tipis dibanding ertiga, tapi setidaknya masih lebih tebal daripada avanza/xenia. material pun mobilio bintang 3 1/2, avanza/xenia bintang 3.

    • syarof

      Kata siapa lebih tipis lebih mobilio lebih tebel makanya suspensi keras tapi yang bikin honda mobilio empuk karena kursinya yang lebih tebel dan suspensinya yang lebih nyaman banding ertiga

  • Honda selalu detail dlm produknya, dari dulu masalah performa, safety, dan. Handling honda tdk usah diragukan. Utk jaman segini harga 158 jutaan utk mobil keluarga 7 penumpang ya pilih honda aja…

  • bolle

    Mau koreksi sedikit, mobilio sudah dilengkapi immobilizer.

    • syarof

      Betul banget

  • satya

    Bersyukur sudah bisa test drive mobilinyong siang tadi, menurut ane suspensi lio gak jauh beda ama brio.. Keras itu sebabnya gejala limbung lebih minimal di banding rrr. Kalo tarikan rasanya 11 12 beda tipis ma rrr.. Maklum gak bawa stopwatch. Menurut ane rrr jelas value for money dahh.. Dengan harga kisaran rrr 160 jeti udah dapat kualitas lio dgn harga 185 jeti. Rrr terbukti dan sudah teruji irit.

  • tulus

    Ok…..jadi tambahan info yg berguna…
    Btw, bisa gak ya kira2 dimuat perbandingan hobda mobilio vs chevrolet spin?

  • dino

    maaf saya awam, jadi honda mobilio itu mesin freed apa jazz ya min,? mkasi 🙂

  • rudy hermawan

    Widih mantap infonya sangat bermanfaat buat sales sepertiku, he3… 🙂

    • C 200

      Sales apa mas?

  • afandi

    Sepertinya untuk comparasi deng chevy spin berat keunggulan yg dimiliki spin dari segi desain eksterior dan interior jauh lebih menawan.

    Bicara safety spin produk global jadi standar nya bukan hanya untuk indonesia.

    Sudah pernah test drive belum cobain deh akselerasi spin terutama dieselNya dengan torsi 190 nm iritnya kaya naik motor.

    Klo masuk ke transmisi baru di spin yg menggunakan 6 speed AT tiptronic lohh bukan technology yg di pake honda mobilio dan ertiga.

    Jelas komparasi spin dan ertiga dan mobilio sulit karena banyak kelebihan di chevrolet spin.

  • tato

    Mantap..Izin copy artikelnya ya boss..:) .thx

  • mantansedanuser

    Dulu saya pemakai sedan tua mazda 323 Interplay 1990, handlingnya mantab bener2 fun to drive, pas ganti mobil setelah tes r3 langsung ambil ini mobil, build qualitynya jg bagus, dan yg bikin betah interrior r3 emang menawan, jadi betah lama2 di mobil.

    Salam dari user ex sedan.

    • Dewo

      Saya juga ex user civic 95″ alhamdulillah, mei kemarin udh dateng lio e cvt hitam
      Saya, memang performa gak ada bedanya sama civic lama saya, enak buat
      Nyalip alphard sm vellfire di HI hehe…

  • zoofree

    Sebenarnya baik suzuki ertiga dan honda mobilio mempunyai fitur dan kelengkapan kendaraan MPV 7 penumpang yang baik dan harga terjangkau, bisa memberi nilai lebih dari para kompetitornya. selebihnya dikembalikan kepada para keluarga indonesia untuk memilih sesuai kebutuhan masing2. Honda lebih unggul dalam desain eksterior yang lebih sporty dan tenaga yang lebih besar, tetapi banyak yang menyayangkan desain dashboard yg terkesan murahan ). Sedang suzuki unggul dalam kenyamanan berkendara dan interior yang paling mewah diantara mobil MPV sekelas.

    salam.

  • tepi

    jazz ama freed sama induknya dari jazz mas.honda brio ama freed pernah sy bc utk sasis n mesin diambil dr jazz

  • erlan

    kalau dari brand image jelas honda masih diatas, tapi kalau dari segi kenyamanan berkendara jelas Ertiga sudah terbukti. Tapi akhirnya saya putuskan untuk beli R3 GX AT.

  • Risyad DH

    Untuk mobilio itu mesin mirip dengan honda jazz RS
    Untuk ertiga mesin di adopsi dari swift
    Sedangkan spin adalah mesin buatan sendiri yg bnr2 di rancang utk mobil spin itu sendiri…

    Dari soal matic spin diunggulkan krn menggunakan triptonic 6 speed yg dimiliki mobilio dan ertiga.

    Dari kenyaman memang saya unggulkan mobilio.
    Sedangkan dari fitur keselamatan saya pilih spin krn spin yg ada di Indonesia memiliki standart Internasional

  • Risyad DH

    *ralat: 6 speed triptonik yg tdk dimiliki ertiga dan mobilio

    • ripcord

      Klo yg matic, Mobilio kan ada yg pake CVT mas.. dan itu stepless… Coz rasio gigi berubah2 sesuai kondisi berkendara. Ini menjamin rasio gigi hampir selalu pas pada setiap medan/kondisi berkendara, dan mesin pun tidak teriak berlebihan. Ibarat motor tuh matic, langsung gas rem aja, ga mikirin gigi berapa.. Kecuali butuh gigi rendah, atau butuh akselerasi, baru deh masukin ke low atau kickdown.. 😀

  • firman

    mantap nih artikelny…g berat sebelah…

  • dika

    kemarin ane liat mebilo kursi nya tipis banget ,terus interior nya sederhana dan kasar .tapi kalo ertiga interior nya lebih mewah dan lebih rapi dibanding mobilio

    • C 200

      Tp gpplah, masih mending daripada duet avxen

  • sasongko

    Ada sebuah pameran dimana mobilio dan spin bersebelahan, secara tampang dr belakang mobilo keliatan ganteng, secara keseluruhan tdk ada masalah pd eksteriornya, tp begitu melongok kedalam, mobilio serasa msk di brio stya type terendah, sangat berbanding terbalik dg spin. Jd bingung saya mau milih yg mana…

  • anto

    semua pasti ada plus dan minus.. biarkan masyarakat yg menilai..

    penjualan ertiga
    januari 5.378 unit
    februari 3.216 unit

    penjualan mobilio
    januari 1.508 unit
    februari 6.241 unit

  • Autonetmagz hanya melakukan komparasi visual seperti tertulis “Untuk Honda Mobilio kami belum tahu pasti karena belum melakukan pengetesan secara komprehensif.”,jadi menurut saya belum bisa di buat perbandingan suzuki ertiga vs honda mobilio sebelum melakukan pengetesan terlebih dahulu utk menghindari salah penilaian

  • ertiga tetap lebih nyaman dari interior suspensi dan irit,mesi sudah DOHC,motor aja udah DOHC masak mobil masih SOHC

  • Max

    Ya jelas lebih bagus ertigalah, dari dulu product honda memang bagus dan detil. Tapi entah kenapa tidak terlihat di mobilio ini, interior murahan banget kualitasnya, finishing cat dibeberapa bagian tertentu ga professional, dan bahan plastik dibeberapa bagian (handle pintu, dll) ringkih. Belum lagi kap mesin yg tipis bgt. Mungkin agak memaksakan honda mengeluarkan product murah. Memang mesin mobilio ok krn memakai mesin freed dan jazz, tp kalau bahan interior dan yg lainnya sekelas angkot buat apa? Sayang sekali. Ga percaya? Datang aja ke showroom masing2 dan tes drive satu2. Dijamin ertiga jauh lebih nyaman. Btw comment ini berdasarkan pengalaman saya sebagai ertiga dan mobilio user (dirumah ada mobilio punya ipar n dia menyesal memilih mobilio)

    • Tim

      tpi emg honda klo untuk kualitas interior jlek banget, msa sekelas CRV msh pke hard plastic?? dibandingin sma CX5 mah jauh banget CRV

  • yudho

    semoga ertiga mengeluarkan seri penggerak roda belakang seperti kompetitor maklum daerah pegunungan apalagi diesel tambah mantap bagi daerah yang naik turun

  • antoro

    pilihlah mobil yang sudah terbukti tidak rewel perawatannya, suku cadang murah, bisa dibengkel mana saja dan yang pasti sudah banyak yang memakainya pasti mobil tersebut sudah teruji kehandalannya. apalagi kalau bukan all new avanza.

    • Mustofa

      sayangnya kok capek naek avanza, kepentok dikit langsung robek tuh bemper….

    • Tim

      sudah teruji oleh maling” jg ya bro….

      • Vendy Garviandy

        Betul mas bro… gw alamin sendiri, baru beli avanza dua bulan udah dibawa maling.. tuliasan “Toyota Security Sistem” ga ada jaminan apa2.. klo udah ilang , ya wasalam..
        makanya gw sekarang beli ERTIGA GX, lebih mengERTI kebutuhan GuwA..

      • C 200

        Bung tim, didaerah saya itu sarang maling, yg paling sering kejebol kacanya tu
        Apv, avanza, xenia
        Yang paling jarang kena cuma merk mazda sm honda ( ane bukan sales yaa.. )

    • eye of tiger

      malah lebih ngga rewel suzuki dong. suku cadang original dan harga masih acceptable. terus avanza masih bikin orang mati kalo kecelakaan, dan masih GAMPANG BANGET buat dicuri maling. gimana ga gampang, bikin kunci serep 20 ribu aja bisa buat buka pintu mobil.

  • prabowo

    seru juga membaca the comment ini..

    dari interior memang “H” lebih biasa, tapi kenyamanan n keiritan “H” sudah teruji..

    penggerak roda depan juga mumpuni di tanjakan..versi manual ato matik nya..

    saya pernah coba juga antara avanza vs xenia..lbh mumpuni xenia kalo masalah tanjakan..

    makanya saya tetap memilih “H”

  • Semua merk mobil av, xe, r3, mob, spin menurut saya bagus..Pny kelebihan&kekurangan, tinggal selera kita..Yg terpenting, kita bersyukur bisa pny mobil..Jadi bisa menikmati tuh mobil bersama keluarga kita..salam..

  • Tim

    Gw ud nyobain R3 sma lio, emg klo ngomong tarik-tarikan jls mng honda, apalagi matik ertiga msh 4 speed, saran gw klo bli ertiga, ambil yg manual… tpi gw ttp milih setia sama GL gw lah, kenyamanan ma tarik-tarikan ngga diragukan lagi 🙂

    • Maddog

      Lah, katanya punya x trail 2002 sekarang ertiga gl?

  • Dian

    Sy dlu penguna av tp skrg memilih lio, bnr bgt cape jg pk av stir berat, nabrak dikit penyok trus naik tanjangan ga ada tenaga dan coba deh di tol tarik diatas 100 psti kyk ngambang tuh mobil. Stlh pk lio di tol tarik diatas 100 nyaman2 aja. Mslh bangku yg tipis so far so good lbh dr av yg ga empuk n keras. Mmg dashbord nya ga mewah kyk r3 tp bs kok dibikin mewah n jok jila di gnti kulit bnr2 mewah deh dicoba. Sy kluarin kroscek ga smpe 4jt da jd mewah n lbh sporty. Buat family n anak muda psti lbh milih lio dibanding av dan jk dibanding dgn r3 ttp mnrt sy lio lbh sporty dlm exterior n mesin nya mantappp coyyy savety tp jg bs ngebut. R3 exterior nya terlalu simple dan boleh cb adu kekuatasn tarikan mesin sooo pastii lio lbh good. Bhkn temen sy udh ada r3 mao dijual gnti lio mmg awal dia pilih r3 krn desain interior n dashbord nya mewah tp ngapain lama2 dlm mobil liat dasbord wkwkwk… So org lbh meliat exterior nya . Divanding r3 & avxen tentu lio lbh unggul. Exterior lbh sporty n mewah. Interior cm beda tipis bhkn kabin dan ruang gerak lio lbh lega n nyaman. Tenang guys klo cm mslh dasbord n kursi mah bs di modif dikit n murah tp klo mskh exterior n mesin gmn modif nya mahallll booo. ( ini pendapat sy ya tp org pantas pny cara pandang msg2 )

  • Udah ganti zaman skrg all…. Da ga zaman avxen lg apg ush dikenal dgn mobil sejuta umat … Skrg anak muda , pengantin muda, keluarga udh zaman nya pk mobil yg murah tp sporty dan nyaman n meain buandellll so mob lbh unggul, r3 jg good tp cm desain bentuk nya kaku dan benar2 monoton, klo spin hrga jual gmn tuh ntar sama kyk kakak terdahulu nya ga pas jual balik hrga anjlok bgttt …. Kita di indo coyyy bukan eropa yg ptg murah bagus irit dan modern minimalis wkwkwk soo gw pilih lio

  • Lupa 1 hal lg yg pntg hrga jual balik ga anjlokkk sooo mob lbh gw pilih

  • dicky

    mobilio dashboard nya parah jelek banget bikin ngedrop, jok jg tipis bgt, headrest nyambung terkesan murah, padahal klu sektor ini dibenahi dg opsi pembeli keluar kocek lagi dikit ane pasti pilih ini,

  • Jeremy

    saya sudah 3x geber R3 lawan Mobilio, berhasil ngasapin he he he padahal performa mobil udah turun kayaknya, gak kayak waktu baru. udah 2 tahun.

    • .. Paling juga pake satria srasa r3 .. Mobilio pake cvt, 118 hp, handling ok, ekterior yahudd yg nggak mungkin di modif pada r3, lagian kalo mo interior eks bagus over all pilih aja jazz freed atau sekalian odyssey..

  • romeo

    setuju sama pendapat mbak dian, btw orang beli mobil baru hampir pasti pasang sarung jok/ganti kulit biar lebih mudah di bersihin, lom ada ada yang ganti mesin / ganti body, nambahin sih ia, tapi harganya? om Jeremy kalau masalah ngasapin itukan ada faktor drivernya. coba di test di dyno yang ga pakai driver cuman tinggal becek gas aja….

  • Ane mau minang r3, tapi baca2 di forum2 r3 banyak keluhan di kaki2 ya, terutama axle beam dan dudukan stirnya banyak yg bermasalah, jd banyak bunyi bunyian, katanya sih itu dialami r3 rakitan 2012 dan 2013. Gmn dgn yg rakitan 2014 ya, jd bingung nih, soalnya ane demen n naksir banget ama ni mobil. Eksterior cukuplah, interiornya yg mantap, bantingan empuk. Semoga tuk thn ini dah ada perbaikan ya SIS

  • Sebelumnya saya pakai av, kelebihan : tanjakannya kuat, kaki kaki awet, jaringan bengkel bagus, resale value baik. Kelemahan : boros, bantingan keras banget, apalagi di belakang, diatas 100 km/jam melayang, interior penumpang sempit. Tes drive mob : interiornya murahan, suspensi lebih keras dari r3, harga mahal dibanding r3, biaya sparepart dan servis mahal (sama kayak jazz dirumah). Kelebihan : nama besar, tenaga besar, resale value blm tahu (honda biasanya bagus). Bbm irit ( beti sama r3). Sekarang pakai r3 gx produk awal 2014, mobil hanya utk dalam kota saja : nggak pernah bau sangit atau kaki kaki/axle beam, bbm irit,interior penumpang lega banget baris kedua itu bisa direbahin enak buat tidur, suspensi empuk, harga lebih murah dari mob. Utk saya yg price sensitive, tapi pingin nyaman, pilihan jatuh ke r3. Semoga bermanfaat.

  • ismanto

    Tuan tuan yang baik…. pertanyaan saya keluar dari yang dibahas diatas, saya akan beli toyota rush … minta infonya tentang kelebihan dan kekurangan. makasih sebelumnya

    • C 200

      Bapak ingin beli toyota rush tipe/tahun berapa?

  • dalam 2 bulan ini, saya sudah banding-bandingkan mobil MPV, khusus keluarga.. jujur Avanza saya kurang minat, suspensinya kurang lembut, cenderung membosankan, sekalipun daya jualnya tinggi pas sekend. tapi yang utama bagi saya adalah punya mobil dengan enjoy.. Mobilio interiornya kurang menarik. dan keliatan seperti biasa saja. Grend livinia suspensi oke.. tapi di dalam agak sempit.. jadi dengan sudah cari info sana sini saya tertarik R3, suspensi keliatan mewah dan lebih irit dan tidak ngebosanin. tapi saya lagi nunggu proyek saya tembus, untuk ambil R3 DP tinggi. biar cicilanya Rp. 1 j/bln. hehe

  • Simon

    Analisanya mantap. Sederhana namun informatif dan netral. Sempat lihat analisa di tempat lain cenderung men-dewa-kan mobilio hanya karena power gede dan irit plus fitur oke. Ternyata ada nilai lebih juga di Ertiga. Semoga bisa segera nebus si Ertiga, aamiin.

  • Setelah saya baca pelan2 testimoni temen2, sepertinya saya lebih tertarik kijang super 1995, karena saya nggak mampu beli mobil baru dan kebetulan saya skrg emang sudah pakai kijang 95 itu, geeeeeeegegegeg

    • rahul

      setuju
      saya malah milih kijang kotak tahun 1986….
      plus modal dikit-dikit buat ngerapihin dan kenyamanan
      50 juta udah oke lah
      di kredit 5 tahun pake kredit tanpa agunan
      hehehehehe

  • R3 memuaskan buat mudik keluarga,bagasi bisa muat banyak asal bener cara nyusun barangnya,irit bbm,empuk,mudah dicuci krn bodi pendek…………audio sustem ok,interior bikin betah buat nyupir,buktinya sering kelewatan kalau mau nasu gang,abisenak duduk di blk stir……

  • R3 memang nyaman…biar sdah parkir d garasi masih betah d blkg setir…12 thn gk nyetir lgsung pd tancap gas kluar kota….abis ringan setirnya plus irit…. pp kediri jombang gk turun jarum bbm…ane pikir jarum bbmnya rusak. Untuk kaki2 blm ada keluhan nih mbil…udah 1600 km.

  • alvin

    menurut gue:
    -desain ext: mobilio
    -desain int: ertiga
    -entertainment: mobilio karena buat tipe rs/prestige udah pake dvd dan kamera mundur
    -akomodasi: mobilio (one tumble, 50:50 di belakang, luas lagi
    -mesin: mobilio (plus point honda salah satunya disitu tuh)
    -ground clearance: mobilio
    -comfort: ertiga (karena material kursi dan headrest, bukan berarti mobilio selamanya gaenak buat didudukin karna bisa aja dimodif)
    sekian opini gue untuk kelas low MPV makasih

  • Andi

    Alhamdulillah gw pernah nyoba kedua mobil tersebut. Dua2 yg gw coba itu pake matik. Kelebihan dri r3 itu desain interior, build quality, peredaman kabin, armrest di bangku baris kedua dan kursi bisa dilipat secara rata dan suspensi yg lembut

    Kelemahannya adalah tarikannya kurang greget, desain eksterior, klo seluruh kursi itu ga dilipat bagasinya menjadi kecil, akses ke baris ketiga sedikit susah klo yg mau duduk itu org yg pny bdn agak tinggi, handlingnya kurang

    Kelebihan dari mobilio yaitu desain luarnya lumayan keren malah gw liat di internet byk yg jual body kit buat mobilio, transmisi cvt halus, tarikannya enak pernah gw kejar2an sm innova malah mobilio menang, akomodasinya pas, akses ke baris ketiga murah, bagasi paling luas di kelasnya saat semua kursi ditegakkan dan dilipat juga lumayan gede bagasinya, handling mantep dan posisi mengemudi kyk hatchback.

    Kelemahan dari mobilio yaitu build quality, peredaman kabin kurang, desain dasbor, suara audio klo blm diupgrade itu kurang bagus suaranya, klo dibawa 120 km/h keatas itu tarikannya udh mulai gimana gitu dan metode pelipatan bagasinya konvensional dan suspensinya yg keras tp dibalas dgn handling yg bagus

  • baharudin

    BANDINGIN HR-V ama toyota RUSH dong,,,

  • r3 opo lio

    bingung jadi ambil ertiga atau mobilio ya.

    mobilio cvt handling oke, tarikan mantap, mesin cukup halus lah, minim getaran. tpi ac lama2 terasa anget2 gimana gitu, interior juga ngeri. eksterior sepintas mewah tpi kalo diliat perdetail sbnrnya ngeri juga.
    ertiga matic belum coba sih. halus ga ya maticnya? beban plastik bagasi max berapa kg biar jok ga patah?

    tadi lihat2 stok mobilio di gudang diler honda sini, hampir semua stok finishing cat di sekitar kaca depan ancur2an semua kyk lukisan anak tk 🙁

    mobil sebelumnya all new avanza. sejauh ini meski apa kata dunia tp saya puas2 aja pake avanza bwt kuda beban & operasional. bisa bawa lincah, radius putar kecil, mobil pasaran jadi ga mencolok, ga mudah dikenali, bengkel buanyak n kaki2 kokoh bikin ga kuatir n ga eman mau bawa ke mana2 kota desa gunung hutan asal bukan nyelem laut aja, servis bengkel resmi murah banding mobilio (servis mobilio tiap 5rb km. di km 5rb w abis hampir 700rb, servis 10rb hampir sejuta. avanza serpis tiap 10rb, abis cuma skitar 500 – 600rb). mo ganti krn diminta kk n mo coba ganti yg laen.

  • faisol

    alhamdulillah udah bisa ambil r3 gx item. pasti beda rasanya dengan lgx solar saya. hehehehe

  • Fred Santos R.

    Saya punya pengalaman dengan servis & pelayanan di Honda Autoland gading prima (klp. Gading). Saya sebenarnya menyesal sudah membeli Honda Mobilio warna hitam tipe E manual, tapi yahhh apa daya..penyesalan selalu datang terlambat. Dengan harga yang hampir 200jt, bodi dan interior Mobilio sangat pas2an..mana Honda sangat pelit sama bonus..
    Hari Sabtu tgl 31 Januari saya mengantarkan Mobilio saya bengkel Honda Autoland gading prima pada jam 8 pagi untuk servis perdana 10.000 KM walaupun sudah coba booking 1 minggu sebelumnya tapi ditolak dengan alasan booking sudah full. Sengaja saya datang pagi2 supaya tidak kena antrean. Ternyata antrean servis sudah sangat panjang, saya harus tunggu selama lebih dari 2 jam baru saya dipanggil…(antrean panjang & mengecewakan seperti ini membuat saya membandingkan dengan antrean servis di Auto2000 Toyota yang begitu cepat & praktis waktu saya masih punya Toyota Avanza). Kekecewaan sekali lagi saya alami dengan staf servis di Honda Autoland gading prima ketika saya diharuskan membayar sejumlah uang untuk penggantian sparepart padahal diluar hal2 yang dicantumkan di buku servis berkala. Nama staf frontliner saat itu Lodewyk yang cuma menuliskan apa2 yang harus saya bayar tanpa memberikan penjelasan atau informasi dan tanpa meminta persetujuan saya. (Pengalaman ini mengingatkan saya dengan staf2 frontliner Toyota Auto2000 yang sangat informatif & selalu menjelaskan apa yang perlu diganti atau diperiksa baru meminta persetujuan customer..salut buat staf frontliner Toyota Auto2000). Walaupun saya akhirnya ngotot meminta staf tersebut untuk menjelaskan saya soal penggantian sparepart & biaya yang harus saya bayar. Dengan hati dongkol & penyesalan krn sudah membeli Mobilio & menggunakan jasa servis di Honda Autoland gading prima, saya tinggalkan bengkel tersebut.

    • eye of tiger

      sorry bro. kayaknya service honda ga sejelek itu deh. malah toyota yang lebih malesin.
      1. pengalaman kakak saya (pemakai new freed facelift 2014) mobilnya perlu diservis karena spionnya gabisa dibuka lipatannya. jadi dia ke bengkel honda di gading serpong dan dia gapake booking. langsung tuh diservis. dan ga sampe 2 jam selesai. dan yang perlu dia bayar apa aja udah sesuai sama treatment yang dikasih ke mobilnya. honda itu ngeselinnya cuma di ‘mobilnya’, bukan di ‘servisnya’.
      2. pengalaman adek saya (pemakai avanza 2014) mobilnya diservis karena lampu rem dan lampu mundurnya nyala sebelah doang. dia servis di auto2000 bintaro dan butuh waktu 2 jam lebih. harga servisnya gila mahal banget katanya. dan belom ada sebulan, lampunya rusak lagi (masalah yang sama). malah dia kepikiran buat ganti ke yang lain (waktu itu saya kasih saran dia beli ertiga kayak saya ato beli freed kayak kakak saya).

    • wowkeren

      Dengan harga yang hampir 200jt, bodi dan interior Mobilio sangat pas2an..mana Honda sangat pelit sama bonus..
      Kalo saya bilang bodi & interior mobilio ga pas-pasan banget kok. Malah avanza terbaru lebih pas-pasan dan sangat monoton. Honda ga pernah pelit bonus kok. Saya pemakai freed facelift 2014 , banyak kok bonus yang saya dapet. Jok kulit, karpet bludru, jaring bagasi, door visor, handle cover, upgrade kaca film vkool, dll.
      Servis rutin maupun ga rutin di dealer honda ga separah itu deh. Booking gampang, ga antri, bahkan yang perlu dibayar hanya treatment yang dikasih ke mobil kita.

      • wowkeren

        Tambah lagi : servis di dealer honda sangat cepat, baik yang udah booking ataupun belum booking. Dan stafnya sangat informatif, menjelaskan apa yang harus ditambah/diganti dan budget yang harus dikeluarin juga sesuai. Malah staf servis toyota auto2000 banyakan curangnya. Dan yang udah booking ataupun belom juga ngantrinya lama banget. Makanya saya tadinya pake innova 2013 langsung ganti. Abis nyesel juga belom apaapa udah banyak yang bunyi-bunyi, alarm mati, lampu mati sebelah, AC ga jalan, dll.

    • big hero 6

      Ciye ciye sales toyota… Udah jelas bisalah ngata-ngatain merek lain. Orang sales toyota juga kok yang bikin video komparasi sesat.

  • Bolo2

    3Bulan lau saya jemput istri saya di bandara Juanda lewat tol waru – juanda. saya naek r3 gx. Tak terasa pedal gas tancap terus, saya kaget karena mobil sudah tembus 150km/h dan saya rasa tenaga masih banyak untuk naik lagi, mobilpun masih terasa nyaman. 1 bulan lalu saya bawa mobil adek saya ( m’lio ) yang secara spek performa lbh bagus jg di jalan yg sama saya pake 120km/h, mesin masih bertenaga meski kaya kurang gmn gt. yang tidak mengenakan suara didalam kabin dan saya tdk berani untuk menaikkan kecepatan lebih karena mobil sdh terasa melayang. Apa itu karena ground clearance yg tinggi. Apresiasi saya thd mobilio-pun jd drop. atau mungkin ada rekan2 yg sdh pernah coba mobilio diatas 150km/h???

  • saya sdh pake mobilio S m/t(mobil sebelumnya avanza g mt 2010)testimoni saya,handlingnya bagus bgt seperti bawa jazz,performanya juga bagus bgt tapi ada limiter pas 150 km/jam (akselerasinya 10,93 dtk pake stopwatch asus zenfone 5) tapi konsumsi bbmnya tdk terlalu menggembirakan tdk seirit jazz dan ertiga punya om saya tapi lebih irit daripada avanza saya yg dulu (dalkot 9,0 kml,jazz dalkot 11,1kml,ertiga dalkot11,4kml) terus kabinnya luas banget,baris 3nya masih bisa muat 2 org kurus dan 1 org bertubuh gemuk,yg saya kurang suka kualitas interiornya dan bantingan suspensinya yg keras bgt seperti mobil stance,jadi bagi anda yg mau beli jazz tapi sudah punya anak lebih dari dua atau bagi anda yg sdh berkeluarga tapi masih suka kebut kebutan dan menginginkan kabin yg sangat luas dikelasnya tanpa memperdulikan bantingan suspensinya yg keras dan konsumsi bbm,mobilio jawabannya

  • budyk

    Ertiga sih…tpi dibanding Spin gmn yah

  • fian

    Dear_AutonetMagz dan pembaca sekalian,
    Mohon pencerahan antara MOBILIO RS / ERTIGA SPORTY tks.
    Nyari mobil keluarga yang perawatannya gak ribet dan gak mahal sparepartnya, sukses bwt AutonetMagz dan pembaca sekalian.

  • wawawiwawai

    Mas bro bodi eksterior jauh bafus mobilio

  • wawawiwawai

    Mas bro bodi eksterior jauh bafus mobilio

  • C 200

    Ertiga seat belt udh bisa height adjuster, tp ada safety pretensionernya gak?

  • syarof

    Auto net magz bikin lagi artikel nanti ya tentang mobilio RS vs all new grand livina

    Masalah mesin sih pasti mobilio menang

  • Pak Zul

    All New Avanza mobilku mantab