Perbandingan Honda Mobilio dengan Suzuki Ertiga

Jakarta, AutonetMagz –  Ketika kami mengeluarkan artikel Perbandingan Honda Mobilio dengan Toyota Avanza, ada beberapa pembaca setia AutonetMagz yang memberikan komentar dan permintaan melalui email ke redaksi untuk membandingkan antara Honda Mobilio dengan Suzuki Ertiga. Nah, sekarang kita akan coba membuat komparasi visual kedua mobil keluarga tersebut.

Eksterior

Desain eksterior Honda Mobilio dan Suzuki Ertiga boleh dibilang sama-sama manis dan cantik. Namun kedua mobil ini memiliki garis desain yang bertolak belakang satu sama lain. Honda Mobilio cenderung memilih untuk mengadopsi desain sporty dan modern sedangkan Suzuki Ertiga sebaliknya cenderung ke arah desain yang simple namun elegant mulai dari bentuk depan hingga belakang. Menurut kami kedua mobil ini sebenarnya lucu, jika Honda Mobilio terlihat kurang proporsional dari model samping, Suzuki Ertiga justru terlihat kurang proporsional dari belakang.

Yang menarik untuk dibahas, sebenarnya Suzuki Ertiga memiliki segmentasi yang lebih tinggi dibandingkan Honda Mobilio, karena Suzuki Ertiga merupakan Suzuki Swift yang dipanjangkan, ditinggikan dan ditambah kursi penumpang di bagian belakang. Sedangkan Honda Mobilio merupakan Honda Brio Satya LCGC yang dipanjangkan, ditinggikan dan ditambah kursi di baris ketiga, sama seperti Swift ke Ertiga. Untungnya Honda memberikan mesin yang sama dengan yang digunakan oleh Honda Freed untuk membuat mobil ini menjadi naik kelas.

Interior

Membandingkan antara interior Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio jelas lebih mewah Suzuki Ertiga mulai dari desain dan material dashboard, door trim hingga pemilihan bahan kursi yang digunakan. Suzuki Ertiga memiliki interior yang lebih mewah bahkan dibandingkan dengan Nissan Grand Livina sekalipun yang berada setingkat di atasnya. Apalagi Suzuki Ertiga memiliki head unit integrated yang tampil mewah dan dilengkapi dengan kualitas audio yang baik.

Interior Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Masuk ke dalam interior Mobilio maka kita tidak ubahnya memasuki kabin Honda Brio Satya LCGC yang terlihat kurang menarik. Mulai dari tombol AC, head unit OEM dan desain yang sangat-sangat sederhana tidak mencerminkan kesan mobil mewah. Untungnya door trim yang berbeda dengan Suzuki Ertiga membuat tampilan interior Mobilio sedikit terangkat. Pada Honda Mobilio warna speedometer dan aksen di sekitar AC juga ikut berubah dengan finishing glossy agar tampil lebih mewah. Tapi tetap tidak bisa terlihat lebih mewah dari Ertiga.

Soal Akomodasi, Honda Mobilio selangkah lebih maju dibandingkan dengan Suzuki Ertiga, terutama pada bagian belakang. Suzuki Ertiga memiliki kursi belakang yang tidak begitu luas dan bagasi yang sempit jika dibandingkan dengan Honda Mobilio, hanya saja jok baris ketiga Ertiga bisa dilipat rata lantai. Sedangkan Honda Mobilio tidak. Ruang penumpang Honda Mobilio tentunya jauh lebih luas dibandingkan Ertiga, hanya saja metode lipat kursi belakang Honda Mobilio masih konvensional seperti Toyota Avanza.

Performa Mesin

Suzuki Ertiga memiliki mesin 1.400 cc bertenaga 94 Hp, dan Honda Mobilio memiliki mesin 1.500 cc bertenaga 118 Hp, diatas kertas sudah jelas jauh lebih bertenaga Honda Mobilio. Kedua mobil ini sama-sama memiliki penggerak roda depan yang lebih hemat bahan bakar dan memilik akselerasi yang lebih baik di jalanan perkotaan. Untuk Honda Mobilio kami belum tahu pasti karena belum melakukan pengetesan secara komprehensif. Namun untuk Suzuki Ertiga sudah dapat dipastikan mesin mobil ini memiliki konsumsi bahan bakar yang irit dan tenaga yang cukup lumayan pada putaran atas meskipun putaran bawahnya sedikit loyo. Namun jika melihat Honda Jazz yang memiliki mesin sama dengan Honda Mobilio, bisa dipastikan mobil ini akan memiliki konsumsi bahan bakar yang tidak jauh berbeda dengan Suzuki Ertiga.

Ride and Handling

Ride and Handling Suzuki Ertiga dan Honda Mobilio ini sama seperti desain eksteriornya. Keduanya sama-sama memiliki karakter yang bertolak belakang satu sama lain. Honda Mobilio memiliki suspensi yang lebih kaku namun masih masuk ke dalam kategori nyaman, apalagi jika dibandingkan dengan Toyota Avanza. Sedangkan Suzuki Ertiga memiliki suspensi yang  di setting sangat nyaman dengan bantingan yang sangat empuk, sehingga sangat nyaman untuk digunakan sebagai mobil keluarga.

Nah jika kita bicara soal handling, tentunya Honda Mobilio lebih unggul dibandingkan Suzuki Ertiga. Mobil ini memiliki setir yang mantap dan body roll yang minim untuk mobil sekelasnya. Sedangkan Ertiga masih memiliki body roll dan handling yang sedikit limbung, dampak dari suspensi yang empuk, namun handling Ertiga masih jauh lebih nikmat dibandingkan Avanza karena menggunakan sasis monokok.

Kabin Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Fitur

Bicara soal fitur, Suzuki Ertiga lebih lengkap dibandingkan dengan Honda Mobilio, terutama untuk tipe GX, mobil ini sudah dilengkapi dengan key immobilizer, seat belt with height adjuster, seat adjuster dan head rest yang bisa diatur ketinggiannya. Pada Honda Mobilio fitur-fitur sepele namun sangat berpengaruh ini dihilangkan karena kesamaan basis dengan Honda Brio. Untungnya kedua mobil ini pada tipe tertingginya sudah dilengkapi dengan Dual Airbag dan rem dengan ABS. Sedangkan dari segi entertainment, Suzuki Ertiga GX memiliki head unit indash yang tampak jauh lebih manis dibandingkan Honda Mobilio.

Kesimpulan

Honda Mobilio dirancang untuk anda yang menginginkan family car yang tidak ingin melupakan sensasi berkendara yang menyenangkan seperti mobil-mobil Honda lainnya. Sedangkan Suzuki Ertiga dirancang untuk anda yang menginginkan mobil keluarga dengan  kenyamanan maksimal, kemewahan maksimal meskipun dibanderol dengan harga yang sangat terjangkau. Karena dua karakter yang saling berseberangan antara Ertiga dan Mobilio, kembali kepada selera masing-masing, bagi yang lebih mengutamakan kemewahan dan kenyamanan tentunya Ertiga adalah pilihan yang tepat, sedangkan bagi yang mengutamakan performa, handling dan ruang kabin yang lega, Mobilio adalah pilihan yang tepat untuk AutonetMagz readers.

Honda, Interior Honda Mobilio Vs Suzuki Ertiga: Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki ErtigaHonda, Perbandingan Honda Mobilio Dengan Suzuki Ertiga: Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki ErtigaHonda, Kabin Honda Mobilio Vs Suzuki Ertiga: Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki ErtigaHonda, Wallpaper Honda Mobilio Vs Suzuki Ertiga: Perbandingan Honda Mobilio vs Suzuki Ertiga

Tags : Wallpaper Honda Mobilio, kekurangan suzuki ertiga, kekurangan Honda Mobilio, wallpaper suzuki ertiga, compare honda mobilio vs suzuki ertiga, kelebihan suzuki ertiga,