Beijing Auto 2024 : Belum Sebulan, Xiaomi SU7 Laku Lebih Dari 75 Ribu Unit!

by  in  Beijing Auto Show & Berita & International
Beijing Auto 2024 : Belum Sebulan, Xiaomi SU7 Laku Lebih Dari 75 Ribu Unit!
0  komentar

AutonetMagz.com – Nama besar Xiaomi di industri elektronik dan home appliance nampaknya berhasil membuat mereka mendulang manis di segmen otomotif. Seperti yang kita ketahui bersama, Xiaomi telah resmi masuk di pasar otomotif China lewat mobil listrik pertama mereka yaitu Xiaomi SU7. Dan kabar baiknya, penjualan Xiaomi SU7 di China ternyata berhasil meroket dan membuat pabrikan yang identik dengan warna orange ini pun bisa tersenyum puas.

Hampir 2 Unit Laku per Jam

Sesuai judul di atas, Xiaomi SU7 telah resmi dijual sejak hampir 1 bulan yang lalu. Kalau mau dirinci, selama 28 hari penjualannya di China, Xiaomi SU7 telah berhasil meraup penjualan di angka 75.723 unit. Sebuah angka yang impresif untuk pabrikan yang baru berkecimpung di dunia otomotif. Kalau mau dibagi kasar saja, mereka berhasil menjual 2.704 unit mobil per hari, atau 112 mobil per jam. Atau lebih ekstrimnya lagi, setiap menit setidaknya hampir 2 unit Xiaomi SU7 terjual selama 28 hari terakhir. Tentunya, dengan capaian penjualan yang masif ini, Xiaomi punya pekerjaan rumah yang tak kalah besar.

Yap, supply akan jadi hal yang krusial untuk Xiaomi dalam beberapa bulan ke depan. Sejauh ini, mereka telah mengirimkan 5.781 unit Xiaomi SU7 pada konsumen mereka di tanggal 24 April 2024 kemarin. Konfirmasi ini disampaikan oleh chairman dan CEO dari Xiaomi Group, Lei Jun, pada Beijing Auto Show 2024. Uniknya, Lei Jun juga membagikan demografi konsumen Xiaomi SU7 pada awak media. Jun menjabarkan bahwa 28% konsumen mereka adalah kaum hawa. Yang artinya, nampaknya pria masih mendominasi konsumen Xiaomi SU7. Selain itu, 29% dari konsumen Xiaomi SU7 adalah pengguna 3 brand eropa kawakan yaitu BMW, Mercedes-Benz, dan Audi.

Xiaomi Punya PR untuk Supply

Yang paling unik adalah fakta bahwa 51,9% konsumen Xiaomi SU7 adalah pengguna Apple. Hmm, apakah Apple mulai menyesal membatalkan proyek mobil listrik mereka? Kami tak tahu. Lei Jun juga memberikan update pada proses produksi Xiaomi SU7. Xiaomi SU7 versi Standard dan Max sudah mulai diproduksi sejak 18 April 2024 silam. Sedangkan Xiaomi SU7 tipe Pro baru akan diproduksi di bulan Mei 2024 mendatang. Xiaomi sendiri menargetkan bisa mengirim 10.000 unit per bulan pada bulan Juni 2024 mendatang. Hmmm, dengan pemesanan yang ada saja nampaknya inden akan cukup panjang untuk Xiaomi SU7.

Capaian penjualan Xiaomi SU7 sendiri nampaknya akan membuat iri sejumlah pabrikan mobil lawas China yang sudah establish belasan atau puluhan tahun lalu. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: