Pakai Neta V, Hanya Dengan Rp 300 Ribu Sudah Bisa Sampai Ke Mandalika! Masa Sih?

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Pakai Neta V, Hanya Dengan Rp 300 Ribu Sudah Bisa Sampai Ke Mandalika! Masa Sih?
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada akhir 2023 lalu, kami melakukan perjalanan ke Semarang dengan Neta V bersama dengan awal media lainnya. Jarak antara Jakarta hingga Semarang sekitar 420-an kilometer, dan hasilnya ‘hanya’ membutuhkan Rp 100 ribu untuk bisa sampai kesana. Nah, sejalan dengan adanya Event EV Journey Experience yang diadakan oleh PLN Icon Plus, Neta turut ambil bagian. Rutenya pun tidak tanggung-tanggung, Jakarta – Mandalika sejauh lebih dari 1.300 KM.

Rincian Pengisian Baterai

Perjalanan dimulai dari kantor PLN Icon Plus di Mampang dengan kondisi baterai 90%. Mobil dibawa dengan kecepatan konstan antara 70-100 km/jam. Setelah menempuh 216 KM, baterai kami isi di rest area km 207 yang merupakan salah satu check point. Baterai diisi dari sekitar 30% sampai 100% dengan total kWh yang masuk sekitar 30 kWh. Adapun biaya yang dikeluarkan ialah sekitar Rp 80 ribuan dengan waktu kurang lebih satu jam.

Kemudian, baterai kami isi lagi di rest area km 379 dari sekitar 40% ke 85% dalam waktu 48 menit dengan ultra fast charging. Total 20,29 kWh yang masuk dengan biaya Rp 56 ribuan. Pengisian terakhir sebelum sampai di Surabaya dilakukan di rest area km 519. Dari 33% ke 96% dalam waktu 67 menit dengan total kWh masuk sekitar 27 kWh. Adapun biaya yang dikeluarkan ialah Rp 74 ribuan. Sesampainya di Surabaya, baterai sudah menunjukkan 33%, namun kami menggunakan fasilitas charging station gratis dari hotel tempat kami menginap. Tinggal tidur, besok berangkat sudah full lagi.

Setelah bertolak ke Surabaya, kami mengisi lagi di rest area km 819 sebanyak 9,3 kWh dengan total biaya Rp 24 ribuan dalam waktu 34 menit dari sekitar 70% ke 90%. Setelah itu Sebelum bertolak ke Banyuwangi, kami juga mengisi dengan total 7,7 kWh dalam waktu 14 menit dengan biaya Rp 22 ribuan di rest area Utama Raya, Situbundo. Sesampainya di Bali, kami mengisi lagi di SPKLU puspem Kab. Badung dari sekitar 40% ke 85% sebanyak 17,09 kWh dengan biaya Rp 45 ribuan dalam waktu 30 menit.

Lebih Irit Sih, Tapi…..

Sesampainya di Pulau Lombok, kami hanya memanfaatkan fasilitas charging station gratis dari hotel tempat kami menginap dan sirkuit. Bila ditotal, jumlah biaya yang diperlukan untuk mengisi baterai tak sampai Rp 310 ribu. Jadi, bila anda ingin ke Semarang, anda cukup melakukan satu kali pengisian. Namun dengan catatan pengendaraan dilakukan tidak terlalu agresif. Setelah itu segera isi baterai di hotel/spklu terdekat sesampainya di Semarang.

Sementara bila ingin ke Surabaya, anda harus melakukan 3 kali pengisian, dan ke Bali perlu 5 kali pengisian. Tentunya dengan catatan ketika sudah sampai di kota tujuan, segera isi baterai di hotel/spklu terdekat. Intinya, mobil listrik memang jauh lebih hemat dari segi operasional, tetapi tidak untuk waktu pengisiannya. Pengisian dari 30% sampai penuh biasa dilakukan dalam waktu 30 menit – 1 jam. Sehingga tidak cocok jika anda sangat mengejar waktu untuk segera sampai ke tempat tujuan. Belum lagi jika terjabak macet parah seperti saat mudik, hal itu juga akan menambah konsumsi baterai.

Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: