Mengenal Arti Dari Nomenklatur Penamaan Khas Lexus

by  in  Berita & International & Lexus
Mengenal Arti Dari Nomenklatur Penamaan Khas Lexus
0  komentar

AutonetMagz.com – Nomenklatur mobil seringkali membingungkan. Meskipun kita akrab dengan lambang alfanumerik yang menghiasi bagian belakang, tidak banyak orang yang mengetahui bagaimana makna nama di balik model tertentu. Merek premium seperti BMW atau Mercedes menggunakan angka atau huruf untuk menunjukkan nomenklatur, Lexus tidak mengikuti cara yang sama. Pernahkah kalian bertanya-tanya apa kepanjangan dari RC atau LS? Mari kita bahas lebih lanjut!

Model Sedan dan Coupe

Dimulai dari Lexus IS, Kepanjagan nama dari mantan kembaran dari Toyota Altezza ini adalah Intelligent Sports. Ditujukan untuk konsumen yang berusia muda dan tech-savvy. Kemudian Lexus GS, rival dari BMW 5-Series dan Mercedes benz E-class ini memiliki singkatan nama yang berarti Grand Sedan. Suksesornya, Lexus ES memiliki singkatan yang berarti Executive Sedan. Untuk kelas diatasnya, Lexus LS memiliki arti Luxury Sedan.

Untuk Model Coupe, dimulai dari yang paling senior, Lexus SC memiliki kepanjangan nama yang berarti Sport Coupe. Sementara yang lebih muda, Lexus RC memiliki kepanjangan nama Radical Coupe. Dinamai demikian karena Lexus ingin menantang gagasan seperti apa seharusnya kendaraan hybrid dalam format Coupe. Kemudian ada Lexus LC yang berarti Land Cruiser Luxury Coupe. Bagaimana dengan Lexus LFA? LFA sendiri merupakan kependekan dari Lexus F-Sports Apex.

Model SUV dan Lainnya

Untuk Model SUV, pabrikan biasanya menyematkan huruf “X” sebagai pananda bahwa mobil ini adalah crossover ataupun memiliki penggerak empat roda. Dimulai dari Lexus UX yang merupakan kependekan dari user experience Urban Crossover. Kemudian Lexus NX yang memiliki arti Nimble Crossover, dinamakan demikian karena diposisikan sebagai titik dimana kendaraan off-road berpadu dengan kemewahan sedan. Sementara yang paling sering terlihat di jalan, Lexus RX memiliki arti nama Radiant Crossover.

Lalu untuk Lexus GX yang merupakan kembaran dari Toyota Land Cruiser Prado memiliki arti nama Grand Crossover. Sebagai flagship dari model SUV, Lexus LX memiliki arti nama Luxury Crossover .Model lain seperti hatchback Lexus CT memiliki arti Creative Touring. Sedangkan Lexus LM yang merupakan kembaran dari Toyota Alphard memiliki arti nama Luxury Mover.

Read Prev:
Read Next: