Lexus Resmi Rilis LBX, Entry Level SUV Berbasis Yaris Cross

by  in  Berita & International & Lexus
Lexus Resmi Rilis LBX, Entry Level SUV Berbasis Yaris Cross
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah megeluarkan teaser pada akhir Mei lalu, Lexus akhirnya meluncurkan SUV entry level mereka, LBX. Mobil B-Segment pertama Lexus ini dibangun di atas platform GA-B (Lexus versi TNGA-B) berbasis Toyota Yaris Cross versi TNGA (bukan¬†Yaris Cross¬†yang belum lama ini diluncurkan ya, beda!). Nama LBX sendiri memiliki kepanjangan ‘Lexus Breakthrough Crossover’, dan ini merupakan kedua kalinya Lexus memakai tiga huruf untuk menamai produknya selain Lexus LFA.

Dimensi & Eksterior

Lexus LBX memiliki ukuran panjang 4.190 mm, lebar 1.825 mm, tinggi 1.560 mm, dan wheelbase 2.580 mm. Lebih panjang 10mm dan lebih lebar 60mm dari Toyota Yaris Cross yang menjadi basisnya. Tapi anehnya, tingginya justru lebih pendek 35mm dari Toyota Yaris Cross. Lexus LBX akan membuat sebuah segmen baru dimana kompetitor belum banyak yang bermain di segmen ini. Saat ini dari kubu pabrikan Jerman baru ada Audi Q2

Pada bagian depan tidak terdapat spindle gril layaknya Lexus lainnya, melainkan central intake dengan honeycomb pattern. Kesan sporty semakin ditingkatkan dengan intake bumper yang lebih rendah. Profil sampingnya simpel dengan plastic cladding di sekitar wheel arches dan terdapat aksen floating roof. Di bagian belakang, terdapat lampu belakang LED yang membentang dari kiri ke kanan, spoiler belakang, dan knalpot yang tersembunyi.

Mesin dan Interior

Di dalam, terdapat nuansa yang lebih mewah dengan inclined center console, ambient lighting, dengan opsi pelapis premium seperti kulit semi-aniline, Ultrasuede, dan bahan ramah vegan. Kokpitnya mencakup cluster instrument digital 12,3 inci, head-up display, dan layar sentuh untuk sistem infotainment Lexus Link Connect 9,8 inci yang kompatibel dengan pembaruan over-the-air, wireless Apple CarPlay, dan Android Auto (tapi masih pake kabel). Untuk sektor keselamatan, LBX sudah dibekali Lexus Safety System + ADAS.

Mesinnya secara eksklusif ditawarkan dengan self-charging powertrain hybrid. Dilengkapi Mesin bensin 3 silinder 1,5 liter yang dipadukan dengan dua motor listrik (FWD) atau tiga motor listrik (E-Four AWD) bertransmisi CVT, dan NiMH battery pack. Memiliki total output 134 hp dan torsi 185 Nm, yang mana itu lebih tinggi 20 hp dan 65 Nm dari Toyota Yaris Cross yang menjadi basisnya. Untuk figur akselerasinya dapat menempuh 0-100 km/jam dalam 9,2 detik.

Read Prev:
Read Next: