27 Tahun Mengabdi, Lexus GS Akan Disuntik Mati Bulan Agustus

by  in Berita&International&Lexus
27 Tahun Mengabdi, Lexus GS Akan Disuntik Mati Bulan Agustus
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian berminat membeli sebuah sedan lansiran Lexus, namun belum mau merogoh kocek untuk membeli Lexus LS, maka opsi yang bisa kalian pilih adalah Lexus GS dan Lexus ES. Itu untuk saat ini. Namun, setelah bulan Agustus 2020 mendatang, bisa dipastikan bahwa Lexus ES akan menjadi satu – satunya sedan medium Lexus yang bisa ditebus, karena pihak Lexus telah mengumumkan akan menyuntik mati model Lexus GS per bulan kedelapan tahun 2020 ini.

Dalam rilis resminya, pihak Toyota sebagai induk Lexus menyatakan bahwa mereka akan menghentikan produksi dari Lexus GS Series di bulan Agustus 2020. Dan sebagai penanda akhir hayat dari Lexus GS, pihak Lexus memberikan sebuah varian final yang diberi nama ‘Eternal Touring’. Sedikit belajar sejarah, Lexus GS sejatinya adalah sebuah varian penting dari Lexus yang memiliki rekam jejak yang panjang. Pertama kali Lexus GS diperkenalkan di dunia pada tahun 1993 dan dibangun dari basis sedan medium milik Toyota, yaitu Toyota Aristo dan masih sedarah dengan Toyota Crown. Oleh karenanya, sama – sama menggunakan kode S.

Lexus GS tampil perdana dengan trim GS300, yang mana desainnya digarap oleh Giorgetto Giugiaro dari Italdesign. Generasi pertama ini berkode S140, dan bertahan hingga 1997. Generasi kedua bernama S160 diperkenalkan di tahun 1997 dan menjadi salah satu generasi Lexus GS yang paling ikonik, apalagi dengan bentuk lampu kembarnya di sisi depan. Dua generasi awal dari Lexus GS ini juga merupakan produk yang digemari oleh pecinta peforma karena mengandalkan mesin 2JZ. Tentu kami tidak usah menyebut mesin mobil apa kan? Berlanjut di generasi ketiga, Lexus GS S190 menandai berpisahnya Lexus menjadi merk tersendiri, bukan lagi sekedar divisi di bawah Toyota.

Lexus GS generasi ketiga hadir di 2005 dan bertahan hingga 2011. Generasi keempat dari Lexus GS berkode L10 dan hadir di 2011 hingga saat ini. Mobil ini dibangun dengan basis Toyota New N Platform yang juga digunakan Lexus IS dan Lexus RC. Oiya, Lexus GS L10 juga menandai berpisahnya kode Lexus GS dengan Toyota Crown. Lexus International President, Tsuneharu Sato menyebutkan dalam rilis resmi bahwa generasi keempat dari Lexus GS lahir atas keinginan dari Akio Toyoda. Namun, atas tuntutan jaman, Lecxus harus terus mengembangkan produk baru yang lebih baik. Varian ‘Eternal Touring’ sendiri menjadi ucapan terima kasih Toyota & Lexus atas pengabdian 27 tahun Lexus GS di pasar otomotif.

Jadi, sayounara Lexus GS. Sampai berjumpa di lain kesempatan. Bagaimana pendapat kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: