Lexus RX Generasi Kelima Akhirnya Dirilis!

Lexus RX Generasi Kelima Akhirnya Dirilis!
0  komentar

AutonetMagz.com – Lexus RX generasi kelima akhirnya dirilis, menggantikan pendahulunya (AL20) yang telah dijual sejak 2015. Generasi terbaru dari Lexus RX ini membawa perombakan desain yang signifikan. Selain itu, juga tersedia dalam berbagai powertrain elektrifikasi untuk memenuhi visi “Lexus Electrified”. Dibangun di atas platform TNGA (GA-K) yang juga digunakan untuk Lexus NX, ES, dan model Toyota kelas atas terbaru lainnya.

Dimensi dan Detail Eksterior

Mengenai dimensinya, Lexus RX mempertahankan panjang keseluruhan yang sama yaitu 4.890 mm seperti model sebelumnya, meskipun jarak sumbu roda telah bertambah menjadi 2.850 mm (+ 60mm). SUV ini juga lebih lebar dari sebelumnya yaitu 1.920 mm (+25 mm), sementara tingginya diturunkan menjadi 1.695 mm (-10 mm). Lexus mengatakan peralihan ke platform GA-K juga menghasilkan pusat gravitasi yang lebih rendah sebesar 15 mm serta track yang lebih lebar (depan +15 mm dan belakang +45 mm) untuk mengurangi momen inersia.

Masih ada spindel grille meskipun tampak sedikit lebih kecil dan tidak setajam sebelumnya. Lampu depan kini lebih ramping dan masih dilengkapi dengan lampu LED DRL berbentuk bumerang. Sedangkan intake samping pada bumper memiliki struktur yang lebih bersudut. Pelek berukuran 19 hingga 21 inci akan tersedia, dan seperti pendahulunya, RX baru mempertahankan tampilan floating roof dan garis jendela yang mleyot di dekat pintu belakang. Sedangkan untuk bagian belakang, Lexus RX mengikuti jejak Lexus RZ dengan mengadopsi lampu belakang lebar yang menyatu dan menampilkan badge Lexus di tengah.

Interior dan Fiturnya

Masuk ke dalam, ada dasbor dua tingkat yang desainnya lebih simpel dibandingkan dengan RX sebelumnya. Terdapat layar sentuh di tengah, yang hadir dalam ukuran 9,8 atau 14 inci dan menyediakan akses ke semua fungsi kendaraan, sehingga tidak ada lagi interface Remote Touch yang ribet. Layar tersebut dilengkapi dengan dial terintegrasi untuk mengontrol volume media serta AC. Tombol lain untuk trip computer, memori seat, pembuka tanki bensin, dan bagasi terletak di sisi kiri pengemudi (dibalik untuk pasar RHD), di samping kemudi.

Dari segi kepraktisan, platform baru, dimensi yang direvisi, dan penyesuaian komponen suspensi memungkinkan ruang interior yang lebih baik. Jarak kursi depan telah ditingkatkan 12 mm untuk ruang kursi belakang yang lapang. Ada juga lebih banyak ruang kaki untuk masuk dan keluar berkat lantai yang lebih rendah. Mengenai ruang bagasi, Lexus mengatakan ketinggian load bagasi telah berkurang 30 mm, menambah panjang kargo hingga 50 mm. Bagasinya juga muat empat koper (77 liter/63 liter dua masing-masing) atau empat tas golf.

Beralih ke fitur keselamatan, Lexus RX dilengkapi Proactive Driving Assist (PDA). Merupakan bagian dari rangkaian Lexus Safety System+ untuk mengantisipasi risiko sesuai dengan situasi mengemudi dan menghindarinya jika perlu, seperti seperti penyeberangan pejalan kaki atau potensi bahaya yang mungkin terjadi. Ini berhubungan dengan fungsi lain seperti Pre-Collision Safety (PCS) , Dynamic Radar Cruise Control dengan all-speed follow, Lane Departure Alert, Advanced Drive (traffic jam support), Advanced Park (parkir otomatis dengan fungsi jarak jauh), dan safe exit assist.

Pilihan Mesinnya Banyak

Mari kita bahas mesinnya, Lexus RX 500h F Sport Performance, mendapatkan sistem Direct4 yang menampilkan motor listrik yang dipasang di belakang (eAxle). Terhubung dengan mesin bensin empat silinder turbocharged T24A-FTS 2.4 L. Mesin ini dilengkapi dengan sistem hybrid paralelnya dan dipasangkankan dengan transmisi otomatis 6-speed, bukan e-CVT yang merupakan ciri khas powertrain hybrid Toyota. Dalam pengoperasiannya, mesin menggerakkan roda depan sementara motor listrik menggerakkan roda belakang, memberi Anda penggerak all wheel drive dan output sistem total 373 PS (367 hp) dan torsi 550 Nm.

Berikutnya adalah versi plug-in hybrid Lexus RX 450h+. Dilengkapi dengan mesin A25A-FXS 2,5 liter naturally-aspirated four-pot, e-CVT, baterai lithium-ion 18,1 kWh untuk depan (182 PS/180 hp/134 kW) dan motor listrik belakang (54 PS/54 hp/40 kW). Settingan ini juga digunakan oleh Lexus NX 450h+ dan Toyota RAV4 Prime. Mesin A25A-FXS ini menghasilkan tenaga 185 PS (182 hp) dan torsi 227 Nm. Jika digabungkan dengan dengan motor listrik, varian ini memiliki sistem gabungan output 309 PS (304 hp).

Selanjutnya, ada Lexus RX 350h, yang juga menggunakan A25A-FXS (190 PS dan bertorsi 239 Nm) dengan sistem hybrid seri-paralel yang dihubungkan dengan baterai 1,6 kWh dan eCVT. Output sistem gabungan RX 350h adalah 249 PS (246 hp) dan 316 Nm dan tersedia penggerak FWD atau AWD (E-Four). Terakhir, ada Lexus RX 350, yang mennggunakan mesin berkode T24A-FTS yang menghasilkan 279 PS (275 hp) dan 430 Nm, dipasangkan dengan transmisi otomatis 8-speedDirect Shift yang juga tersedia dengan penggerak FWD atau AWD.

Lexus menawarkan tujuh warna interior, yang dapat dikombinasikan dengan berbagai warna eksterior. Eksteriornya sendiri dapat tersedia dalam 13 warna, termasuk Sonic Copper baru yang menggabungkan opsi lain seperti Sonic Iridium dan Medan Khaki. Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar

Read Prev:
Read Next: