Test Drive Honda WR-V : Bukan Sekedar BR-V Versi Pendek

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Test Drive Honda WR-V : Bukan Sekedar BR-V Versi Pendek
0  komentar

AutonetMagz.com – Hadirnya Honda WR-V di pasar Indonesia menambah panjang peserta di segmen small SUV, sebuah segmen baru yang sudah cukup sesak pemainnya. Saat ini, segmen small SUV telah diisi oleh KIA Sonet, Nissan Magnite, Renault Kiger, Toyota Raize, Daihatsu Rocky, dan tentunya Honda WR-V. Lantas, apa yang jadi nilai tambah Honda WR-V untuk bisa bersaing di segmen ini? Kali ini tim AutonetMagz mendapatkan kesempatan spesial untuk mencoba langsung Honda WR-V di Pulau Dewata Bali. Dan kita akan gali apa saja poin plus dari SUV ini sehingga layak kalian pertimbangkan. Cekidot.

baca juga : Produksi Honda WR-V Resmi Dimulai, SPK Tembus 1.500 Unit

Jadi, tim Honda Prospect Motor (HPM) bersama dengan main dealer mereka di Jatim Bali Nusra yaitu Honda Surabaya Center (HSC) menggelar media test drive untuk Honda WR-V di Bali. Sebenarnya, kegiatan ini telah dilaksanakan pada pertengahan bulan Desember 2022 kemarin, dan kali ini kami akan bahas lengkap bagaimana sensasi berkendara menggunakan mobil ini. Selain itu, kami juga akan menjabarkan apa saja perbedaan utama dari Honda WR-V kalau dibandingkan dengan sang kakak yaitu Honda BR-V. Wajar saja, karena Honda WR-V dan Honda BR-V menggunakan basis yang sama, namun beda dimensi dan kapasitas angkut.

baca juga : Honda WR-V Sapa Publik Surabaya, Calon Laris Manis Berikutnya?

Desain Beda Total Dengan BR-V

Oke, kita mulai dahulu dengan desain dan juga fitur yang ditawarkan Honda WR-V. Kita bahas singkat saja, karena perbedaan dengan Honda BR-V tidak terlalu mencolok secara fitur. Untuk desain, Honda WR-V menggunakan wajah depan yang sepenuhnya berbeda dengan Honda BR-V. Malahan, Honda WR-V nampak mencomot lampu utama dari Honda Amaze yang dijual di India. Lampunya sudah LED, pun begitu dengan foglamp-nya yang sudah LED dan Proyektor. Grille depannya dilabur krom untuk tipe RS, dan polosan berwarna hitam untuk tipe E. Untuk kaki-kaki, Honda WR-V menggunakan velg dan ban yang ukurannya sama dengan Honda BR-V.

baca juga : Honda WR-V Muncul, Hyundai Venue Batal Ke Indonesia?

Ban Bridgestone Turanza T005a dengan profil 215/55 R 17 untuk tipe RS dan 215/60 R16 untuk tipe E. Pembeda utama dengan Honda BR-V terlihat di sisi samping karena mobil ini jauh lebih pendek, dan wheelbase-nya pun ikut menciut. Oiya, Honda WR-V juga menggunakan handle pintu baris kedua model hidden yang diposisikan dekat pilar C. Sentuhan ala Honda HR-V. Di bagian belakang, Honda WR-V tidak mewarisi taillamp milik sang kakak. Malahan, Honda WR-V menggunakan lampu belakang baru yang terinspirasi dari Honda Civic RS terbaru. Lampu belakangnya sudah LED, dan terasa proporsional secara bentuk dan ukuran. Sayangnya, tak ada rear defogger di kaca belakangnya. Padahal, rear wiper dan rear spoiler sudah diberikan.

baca juga : Komparasi Dimensi Honda WR-V VS Rival : Body Paling Kecil?

Interior dan Bagasi Lega Khas Honda

Masih dari sisi belakang, salah satu catatan yang kami temukan adalah tingginya bibir bagasi mobil ini. Perlu effort yang lebih untuk memasukkan barang ke bagasinya. Tapi, di sisi lain, bagasi mobil ini terbilang luas. 3 buah tas dan koper, 1 kotak berisi makanan dan minuman, plus 1 tas golf masih muat di bagasi mobil ini. Masuk ke interior, kalian akan merasakan nuansa yang sama plek dengan Honda BR-V. Yang terlihat beda adalah penggunaan ornamen berwarna merah di dashboard. Kursi pun sedikit dibedakan dengan penggunaan material campuran antara fabric dan kulit sintetis. Sedangkan ornamen doortrim yang berwarna silver di Honda BR-V sudah diganti warna hitam.

baca juga : Honda Indonesia : WR-V Muncul Karena Pasar Small SUV Menggiurkan

Setir juga sudah berbalut kulit dan ada stiching yang terlihat kontras. Panel instrumen, AC, dan head unit pun sama plek dengan sang kakak. Satu poin yang ingin kami cermati adalah penggunaan atap berwarna hitam yang memberikan kesan sporty sekaligus mewah di saat yang bersamaan. Pindah ke bangku baris belakang, kami agak terkejut dengan kelegaan kabinnya. Walaupun Honda WR-V merupakan salah satu small SUV dengan dimensi termungil, namun nyatanya ruang belakangnya tergolong lebih dari cukup. Ruang kaki melimpah, dan ruang kepala pun masih memadai. Bangku tak terlalu tegak, dan ada power outlet untuk penumpang belakang. Sayangnya, tak ada kisi AC ataupun armrest. Seatbelt reminder pun absen di bangku baris belakangnya.

baca juga : Bedah Fitur Tiap Tipe Honda WR-V, Mana Yang Paling Menarik?

Nah itulah impresi pertama kami saat berinteraksi langsung dengan Honda WR-V selama Media Test Drive di Bali. Lantas, bagaimana dengan driving-nya? Kita akan bahas di artikel berikutnya. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: