Lexus : Sekarang Tak Perlu Ada Suksesor LFA, LFA Adalah Ikon Sejati Kami

Lexus : Sekarang Tak Perlu Ada Suksesor LFA, LFA Adalah Ikon Sejati Kami
0  komentar
lexus lfa white

AutonetMagz.com – Kembali ke tahun 2009, ada sebuah mobil bernama Lexus LFA yang merupakan pertaruhan citra Lexus antara sukses besar atau gagal total. Untungnya, pembangunan Lexus LFA selama 9 tahun dan memakai fasilitas tim F1 Toyota tidaklah sia-sia, mobil ini ternyata sangat bagus. Okelah, soal performa, akselerasi, top speed memang masih kalah dibanding merek-merek Eropa, tapi yang mengesankan adalah kedinamisan berkendaranya yang fantastis.

Selain itu, mesin 1LR-GUE 4.800 cc V10 yang juga disentuh tangan dingin Yamaha juga sangat ikonik dengan suara lengkingan mirip mobil F1, dijuluki “roar of an angel”. Oh ya, F1-nya F1 lawas yang pakai mesin V10 ya, bukan mesin 1.600 cc V6 turbo seperti sekarang. Hanya dibuat sebanyak 500 unit, LFA terakhir keluar dari pabrik pada bulan Desember 2012, dan meski bisa mendongkrak habis citra Lexus, Lexus tidak dapat keuntungan finansial apapun dari setiap penjualan LFA.

lexus-lfa-rancangan-yamaha

Itu baru namanya mobil yang didesain oleh engineer dan desainer untuk menghasilkan mahakarya, bukan didesain oleh akuntan untuk jualan barang murah dengan harga tinggi ke orang yang tidak tahu. Pasca distopnya produksi LFA, banyak orang menjadi fans Lexus dan menagih mobil baru sebagai pengganti sang legenda. Belum lama, ada LC500 yang baru diluncurkan dan diharapkan menjadi penerus LFA, tapi sayang, bukan itu mobilnya.

Setidaknya itulah yang dibilang bos Lexus Eropa, Allain Uyttenhoven kepada Autocar.”Berkat LFA, kami jadi tahu betapa pentingnya melibatkan emosi dalam pembuatan setiap mobil kami, dan emosi itulah yang akan menyalurkan darah LFA ke produk-produk masa depan Lexus. Jika memang harus ada penerus LFA, itu mungkin suatu saat nanti di masa depan, karena hal itu bukanlah prioritas kami saat ini.”

lexus lc 500 wallpaper

Lanjutnya,”Status LFA itu jelas, LFA adalah ikon kami, dan itu selalu untuk selamanya. Kami tidak perlu menggantikannya dan mengubah statusnya. LFA akan jadi referensi kami dalam membuat mobil, mungkin saja untuk 25 tahun ke depan. Tantangannya sekarang adalah, bisakah kami hadirkan emosi itu di mobil yang lain. Saya tidak bilang kami tidak mau buat LFA baru, tapi siapa tahu kan? Saya sendiri juga tidak tahu. Tapi saya pastikan anda akan terkejut dengan mobil-mobil kami di keesokan hari.”

Nah, jadi begitulah, bahwa mobil super seperti LFA memang tidak dijadwalkan untuk hadir dalam waktu dekat, tapi bukan berarti benar-benar tidak akan ada. Harapannya sekarang, Lexus bisa menembus batas ekspektasi lagi dengan LC500 untuk membayar RC-F yang lebih banyak dicaci daripada dipuji. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: