Review Honda Jazz baru 2014 IndonesiaJakarta, AutonetMagz – Sejak kehadirannya di Indonesia di tahun 2004 silam, Honda Jazz mampu menjadi hatchback subcompact terlaris di Indonesia, selain menjadi market leader, Honda Jazz juga menjadi tulang punggung penjualan mobil Honda di Indonesia. Maka tak ayal jika generasi terbaru dari Honda Jazz ini sudah sangat dinanti-nanti oleh pecinta mobil hatchback subcompact di Indonesia. Ingin tahu seperti apa detail dari All New Honda Jazz baru 2014 ini?

Kali ini AutonetMagz akan melakukan First Impression Review dari Honda Jazz RS 2014.

Gambar-Honda-Jazz-2014-Terbaru

Bentuk eksterior Honda Jazz kini memiliki desain baru yang jauh berbeda dibandingkan dengan model sebelumnya. Tampilannya kini lebih sangar, galak dan futuristik, nampaknya agak sedikit tidak lazim untuk sebuah hatchback 5 pintu. Tapi kami sangat suka dengan tampilan baru ini karena memberikan kesan sporty dan dinamis.

Lampu-Honda-Jazz-Baru-RS

Lampu depan Honda Jazz RS memiliki projector headlight seperti kompetitornya, namun di Honda Jazz ini bukan hanya projection headlamp biasa, karena dibaliknya tersembunyi lampu LED yang berfungsi sebagai penerangan utama dan dilengkapi dengan Auto Leveling Adjuster yang akan secara otomatis mengubah ketinggian sorot lampu sesuai dengan kondisi jalan.

LED-Foglamp-Honda-Jazz-RS

Di bagian bumpernya, kita akan menemukan dua buah lampu. Yang pertama adalah lampu fog lamp sebagaimana mobil pada umumnya, yang kedua adalah LED DRL (Daytime Running Light) stripe vertikal yang memberikan kesan futuristik yang akan meningkatkan visibilitas kendaraan di jalan berkabut serta kesan sporty dan dinamis™.

Grille-Honda-Jazz-RS-2014

Grille Honda Jazz 2014 ini mengubah perpsepsi mobil yang selama ini harus menggunakan chrome, aksen silver atau doff pada grille mereka. Honda Jazz 2014 menggunakan grille dengan aksen piano black mengkilap seperti layaknya aksen pada dashboard. Pada varian RS, AutonetMagz juga menemukan logo RS di sebelah kanan seperti model sebelumnya.

All-New-Honda-Jazz-Indonesia

Dari samping, mobil ini terlihat lebih kompak dibandingkan dengan model sebelumnya, panjangnya berkurang 36 mm, lebarnya bertambah 8 mm namun tingginya tetap 1.702 mm tanpa ubahan berarti. Wheelbase-nya pun ikut bertambah menjadi 2.530 mm. Dari samping kita akan menemukan garis bodi yang tajam tidak seperti Honda Jazz sebelumnya. Di Honda Jazz tipe RS sudah dilengkapi aero kit yang terdiri dari side skirt dan rear skirt.

Pelek-Honda-Jazz-RS-16-inchi

Velg yang digunakan di tipe RS ini adalah velg 16 inchi dengan two tone color seperti model velg masa kini yang tampil futuristik. Ban yang digunakan dipercayakan kepada Bridgestone Turanza yang ditujukan sebagai ban untuk penggunaan harian. Pada rem belakang, kita tidak akan menemukan rem cakram seperti kompetitornya, namun masih bisa dimaklumi karena di kelas ini rem tromol masih dapat diandalkan jika melihat bobot dan tenaga mesin.

Honda-Jazz-RS-Belakang-2014

Dari belakang, kita tidak akan menemukan ciri khas Honda Jazz terdahulu di mobil ini. Justru bentuknya kini lebih mirip sebuah Volvo hatchback dibandingkan dengan desain mobil Honda pada umumnya. Untuk tipe RS sudah mendapatkan sebuah Rear Wing Spoiler dan License Plate Garnish dengan chrome agak menghitam agar terlihat sporty. Kini tuas pembuka pintu belakang sudah menggunakan model elektrik.

Door-Handle-Honda-Jazz-Terbaru-2014

Pintu Honda Jazz RS memiliki dua buah tombol yang terletak berjauhan. Tombol pertama adalah tombol karet yang dapat digunakan untuk membuka kunci tanpa harus mengeluarkan kunci dari kantung atau tas anda. Yang kedua adalah lubang kunci yang terletak dibawah gagang pintu jika Smart Key tidak terdeteksi.

Karet-Honda-Jazz-RS-2014

Sebelum masuk ke dalam kabin Honda Jazz baru 2014, kita akan dikejutkan dengan lapisan karet yang terletak di pintu baris kedua untuk menutup celah antara pintu depan dan pintu baris kedua. Umumnya detail seperti ini kita temukan di mobil mewah, tetapi di Honda Jazz RS ini kita sudah menemukannya untuk memberikan kekedapan suara yang lebih baik. Namun sayangnya hal ini menjadi blunder, karena pemasangannya terlihat tidak rapih dan sangat mudah dilepas.

Dashboard-Honda-Jazz-RS-2015

Masuk ke dalam interior, kita akan disuguhkan interior dengan desain baru yang pernah kita lihat di Honda City 2014. Namun antara Honda Jazz dan City sebenarnya interiornya sangat berbeda diantara keduanya. Terutama dari segi fitur yang ditawarkan di dashboard mobil ini. Bagian tengah dashboard yang terdapat Head-unit dan panel AC lebih mengarah ke pengemudi agar memudahkan pengoperasian.

Honda-Jazz-RS-Cruise-Control

Setir Honda Jazz RS kini sudah dilengkapi dengan lingkar kemudi kulit dengan Stiching warna hitam, desainnya juga kini lebih manis karena sudah dilengkapi dengan Steering Switch Control di sebelah kiri dan tombol pengatur Cruise Control di sebelah kanan. Pengaturan Tilt and Telescopic yang satu-satunya di kelas ini membuat Honda Jazz RS yang terbaik dari pengaturan driving position-nya. Tidak hanya itu, dibalik stir-nya juga ada Paddle Shift loh!

Speedometer-Honda-Jazz-Baru

Speedometer Honda Jazz RS kini menjadi lebih modern dengan MID (Multi Information Display) besar di sebelah kanan yang akan memberikan informasi terkini tentang pengendaraan. Pada speedometer tengahnya kita akan menemukan logo RS berwarna merah untuk menandakan varian tertinggi dan kita akan dihibur oleh indicator ECO yang mengubah lampu iluminasi lingkar luar tengah speedometer menjadi hijau jika kita berkendara secara Eco Driving.

AC-Honda-Jazz-2014

Center Cluster mobil ini dibuat berbeda dengan Honda City, kita tidak akan menemukan head-unit indash dan tombol pengaturan AC touch screen, namun digantikan dengan tombol-tombol berputar yang di desain cukup unik. Pada sebelah kanan kita akan menemukan tombol Push Start/Stop Engine berwarna merah.

Head-Unit-Honda-Jazz-RS

Head-unit Honda Jazz RS sangat disayangkan berubah menjadi head-unit after market merk JVC. Head-unit ini dapat memutar CD, DVD, file dari USB dan AUX. Tidak seperti versi Thailand yang sudah menggunakan head-unit indash yang lengkap dengan navigasi, Bluetooth, internet dan Siri Eye Free serta Multi Angle Rear Camera. Namun kami mengerti maksud Honda memberikan head-unit after market ini, karena banyak pembeli Honda Jazz yang hobby memodifikasi audio mobil mereka.

Kekurangan-Honda-Jazz-RS-Indonesia-2014

Kualitas dashboard Honda Jazz sebenarnya tidak seperti yang kami harapkan, penggunaan bahan material plastiknya mengalami penurunan dibandingkan dengan model sebelumnya, begitupula dengan finshingnya. Kami menemukan sambungan plastik yang tidak rapi, kasar dan kurang presisi di mobil ini. Untungnya saja Honda mampu menyembunyikan hal itu dengan desain dashboardnya yang cukup menarik.

Door-Trim-Honda-Jazz-2014

Door trim mobil ini memiliki desain yang cukup menarik, aksen silver dan bahan kain yang diberikan di mobil ini membuat Honda Jazz tampak lebih berkelas dibandingkan dengan kompetitornya yang menggunakan door trim full plastik. Disini kita juga akan menemukan tombol pelipat spion.

Honda-Jazz-Seating-Position

Kursi Honda Jazz menurut AutonetMagz adalah salah satu kursi di sub compact hatchback yang paling nyaman di kelasnya, kita bisa mengatur posisi mengemudi sesuka hati kita karena dilengkapi dengan Height Adjuster dan Height Adjuster Seatbelt. Sandaran kursi yang mencoba meniru model bucket seat juga sangat nyaman diduduki walaupun untuk untuk perjalanan jauh sepertinya.

Honda-Jazz-Armrest

Honda Jazz 2014 sudah dibekali dengan console box di varian Honda Jazz RS ini. Meskipun tutup console box memiliki bahan kain seperti kursi, bukan berarti penutup console box mobil ini dapat dijadikan sandaran tangan, karena posisinya terlalu rendah jika dijadikan sandaran tangan pengemudi.

Legroom-Honda-Jazz-2014

Kursi belakang dari Honda Jazz membuat kami terkagum-kagum, jika anda sudah merasa nyaman dengan legroom Honda Jazz versi sebelumnya, maka anda akan kaget jika Honda Jazz 2014 ini memiliki legroom yang lebih besar 65 mm dibandingkan dengan pendahulunya. Bahkan ketika kami duduk, jengkal tangan kami tidak cukup untuk mengukur sisa legroom dengan kursi depan!

Kursi-Belakang-Honda-Jazz

Headroom juga tersedia sejengkal jari jika diduduki oleh orang yang memiliki tinggi 170 cm. Disini kita juga menemukan 3 buah seatbelt 3 titik, untuk penumpang tengah kita mendapatkan seatbelt 3 titik yang ditarik dari atas atap.

Honda-Jazz-Ultra-Seat

Masih tentang kursi belakang, kursi belakang Honda Jazz RS 2014 sudah memiliki pengait Isofix untuk kursi bayi, di atap bagasinya tersedia Isofix tether untuk mengaitkan tali pengaman. Metode pelipatannya tidak perlu ditanya lagi. Metode pelipatan Ultra Seat Honda Jazz adalah yang terbaik diantara yang terbaik di kelasnya. Kita dapat melipat kursi belakang rata lantai, atau menaikannya untuk membawa barang yang tinggi seperti tanaman misalnya. Jika anda ingin tidur di mobil pun bisa, tinggal menyambungkan kursi depan dengan kursi belakang seperti sebuah lazy couch. Luar biasa!

Dongkrak-Ban-Serep-Honda-Jazz

Bagasi belakang mobil ini sangat luas dan tidak perlu dipertanyakan lagi soal kemampuannya membawa barang bawaan. Dibalik bagasi kita akan menemukan ban serep besarta kunci-kunci dan dongkrak yang tersimpan sangat rapi. Sayang velg cadangannya masih menggunakan velg kaleng biasa.

Konsumsi Bahan Bakar BBM Honda Jazz 2014

Bagaimana dengan mesin? Honda Jazz dikenal dengan performanya yang sangat baik dibandingkan dengan mobil sekelasnya. Kini All New Honda Jazz 2014 menggunakan mesin L15Z1 yang merupakan pengembangan terbaru dari mesin dengan kode L15. Penyempurnaan dilakukan agar mesin lebih ringan dengan mengganti beberapa komponen menjadi plastik dan alumium serta kontur piston yang lebih minim gesekan.

All-New-Honda-Jazz-L15-Engine

Dari mesin tersebut, tenaga 120 PS dan torsi 145 Nm masih dipertahankan, Tenaga tersebut dapat diraih di putaran mesin yang sama di angka 6.600 rpm untuk tenaga mesin dan 4.600 rpm untuk torsi, alhasil Honda mengklaim mobil ini lebih hemat bahan bakar 10% dibandingkan dengan mesin L15A.

Honda-Jazz-Matic-Bekas

Honda Jazz RS kini kembali menggunakan transmisi CVT, namun CVT Honda kali ini sudah dilengkapi dengan Earth Dreams Technology dan ditambah dengan Torque Converter yang membuat pengendaraan lebih halus dan lebih bertenaga. Kita juga bisa mengubah metode pengendaraan menjadi mode manual 7 percepatan yang dapat diatur melalui paddle shift.

Konsumsi-BBM-Mesin-Honda-Jazz-2014

Sayangnya Honda ternyata membuat finishing pada engine bay Honda Jazz ini sama seperti yang AutonetMagz temukan di First Impression Honda Mobilio. Pengecatannya terlihat bocor ke bagian dinding ruang mesin dan mereka tidak melapisinya dengan anti karat atau semacamnya. Bahkan kami menemukan beberapa sambungan bodi yang disambung dengan tidak rapih. Ketika kami melihat unit display berwarna lebih gelap seperti biru dan merah, kebocoran cat yang belobor terlihat lebih parah dibandingkan dengan warna kuning.

Harga-Honda-Jazz-Terbaru

Engine bay yang tidak rapih ini sebenarnya sangat kami sayangkan mengingat Honda Jazz seringkali digunakan sebagai mobil kontes. Sehingga jika kontestan modifikasi ingin menunjukan modifikasi mesin mereka, mungkin mereka harus bekerja lebih keras untuk merapikan engine bay Honda Jazz terbaru ini.

Kualitas-Interior-Honda-Jazz-Baru

 

Bicara tentang fitur keamanan, Honda Jazz RS terbaru sudah dilengkap dengan Dual Airbags, rem dengan ABS + EBD, rangka bodi G-CON+ACE dan mampu meraih bintang 5 pada Asean NCAP. Untuk varian Honda Jazz RSZ konon katanya akan memiliki 6 buah airbags dan VSA (Vehicle Stability Assist), hanya saja kami masih belum mengetahui kapan tanggal rilisnya.

Kesimpulan

Bentuk-Honda-Jazz-Baru-2014

Kami sangat menyukai tampilan eksterior Honda Jazz terbaru terutama dari model depannya, fitur yang dulu absen di model sebelumnya kini dihadirkan untuk menjawab keinginan konsumen. Ruang kabin Honda Jazz baru 2014 hingga kini masih mampu membuat kami terkesan, hanya saja kualitas pengerjaan dan penggunaan material tidak sebaik model sebelumnya.

Tinggal kita coba saja apakah mesin, transmisi, handling dan kenyamanannya mendapatkan ubahan yang signifikan? Tunggu test drive review dari AutonetMagz!

What we like:
– Desain eksterior
– Lampu depan canggih dengan LED projector dan auto leveling
– Posisi mengemudi terbaik di kelasnya
– Ruang kabin paling lega dikelasnya
– Ultra Seat yang sangat cerdik dan fungsional
– Beragam fitur baru (steering switch control, Cruise control, Smart key, etc)
– Harga banderol teapot
– Tersedia paket modifkasi Mugen dan Modulo

We don’t:
– Kualitas bahan dashboard kurang baik dan kurang presisi
– Engine bay tidak rapi
– Head unit velum dilengkapi bluetooth
– Tidak ada parking sensor

Honda, AC Honda Jazz 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, All New Honda Jazz L15 Engine: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Beli Tombol Audio Setir Honda Jazz: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Dashboard Honda Jazz RS 2015: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Dimensi Honda Jazz 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Door Trim Honda Jazz 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Harga Honda Jazz Terbaru: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Head Unit Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz 2014 Door Trim: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz 2014 LED: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz Armrest: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz Audio: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz Matic Bekas: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz RS 2014 Kekurangan: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz RS Cruise Control: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz RS Indonesia: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz Seating Position: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, ISOFIX Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Kabel USB Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Karet Honda Jazz RS 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Kekurangan Honda Jazz RS Indonesia 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Kekurangan Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Kelemahan Honda Jazz Baru 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Kelemahan Honda Jazz RS Indonesia: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Konsumsi BBM Mesin Honda Jazz 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Kualitas Interior Honda Jazz Baru: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Kursi Belakang Honda Jazz: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Lampu Interior Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Power Window Honda Jazz Baru: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Setir Honda Jazz Baru: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Speedometer Honda Jazz Baru: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Spesifikasi Honda Jazz Baru: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Tenaga Mesin Honda Jazz 2014 HP: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Tombol Honda Jazz Baru Keyless: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Tweeter Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Velg Honda Jazz Modifikasi: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Pelek Honda Jazz RS 16 inchi: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Pintu Belakang Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Seatbelt Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Spion Honda Jazz Baru 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Wajah Honda Jazz Baru Wallpaper: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Wallpaper Honda Jazz Terbaru Indonesia: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Interior Honda Jazz RS 2014 Indonesia: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Lampu Honda Jazz Baru RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, LED DRL Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, LED Foglamp Honda Jazz RS: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Legroom Honda Jazz 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Foto Honda Jazz Terbaru: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Gambar Honda Jazz 2014 Terbaru: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Grille Honda Jazz RS 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz Indonesia 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz RS 2014 Head Unit: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz RS Belakang 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz RS Terbaru Indonesia: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz RS Yellow 2015: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Honda Jazz Ultra Seat: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, All New Honda Jazz Indonesia: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Bentuk Honda Jazz Baru 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Dashboard Honda Jazz RS Indonesia: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Dongkrak Ban Serep Honda Jazz: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Door Handle Honda Jazz Terbaru 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Review Honda Jazz Baru 2014 Indonesia: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagzHonda, Konsumsi Bahan Bakar BBM Honda Jazz 2014: First Impression Review Honda Jazz RS 2014 by AutonetMagz

Tags : ulasan komplit honda jazz 2014, autonetmagz honda jazz 2014, honda jazz 2014 autonetmagz, plus minus all new honda jazz 2014, ulasan detil mendalam honda jazz terbaru 2014, video autonetmagz,