Beijing Auto 2024 : Mazda 創 Arata, Calon Crossover Listrik Baru?

by  in  Beijing Auto Show & Berita & International
Beijing Auto 2024 : Mazda 創 Arata, Calon Crossover Listrik Baru?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalian tentu tahu bahwa pasar otomotif China kini terbilang pasar yang penting bagi banyak pabrikan. Oleh karenanya, brand otomotif nampak ingin all out di pasar negeri Tiongkok, termasuk Mazda. Selain memperkenalkan Mazda EZ-6 sebagai suksesor Mazda6 di China, mereka juga memajang sebuah model konsep dengan nama Mazda Arata. Mobil apa lagi ini? Yuk kita bahas.

Coupe Crossover Elektrifikasi Mazda

Mazda 創 Arata merupakan sebuah model konsep yang baru meluncur di Beijing Auto 2024 kemarin. Kalian mungkin penasaran dengan makna kanji di depan nama Arata, dimana karakter tersebut adalah 創 yang dibaca Sou dan berarti “creation” alias “penciptaan”. Sebuah makna yang nampak mendalam. Mazda 創 Arata menggunakan filosofi “uplifting the human spirit” yang mana menjadi dasar value pengembangannya. Mobil ini berbentuk sebuah crossover dan memiliki beberapa cue design yang justru lebih terasa Mazda ketimbang Mazda EZ-6 sekalipun.

Designwise, Mazda 創 Arata menggunakan fascia depan dengan grille ala Kodo Design yang memanfaatkan lampu LED pada garis grille maupun logo Mazda-nya. Lampunya nampak sipit yang berpadu dengan bumper minimalios yang memiliki airdam berukuran besar. FYI, Mazda menyebutkan bahwa mobil ini menggunakan new energy yang merujuk pada BEV ataupun HEV. Di bagian samping, nampak Mazda menggunakan tarikan garis tegas pada pinggulnya, ditambah ornamen di sekitar side body moulding dengan tulisan Mazda.

Produksi di 2025, Pakai Desain Baru

Yang unik, pilar C di mobil ini nampak sloping dengan ukuran yang cukup besar dan tebal. Hmmm, mengingatkan kami pada Mazda3 dan Mazda CX-30. Apakah mobil ini bakal jadi next gen Mazda CX-30? atau malah Mazda CX-4 reborn? atau malah Mazda CX-40? Semua kemungkinan terbuka. Sedangkan di bagian belakang, nampak bahwa tarikan garis kacanya jadi bagian terluar body belakang, membuatnya makin terasa coupe. Sedangkan lampu belakangnya memiliki 2 bilah LED bar di setiap sisi dengan emblem Mazda yang juga berpendar merah.

Mazda menyebut desain lampu belakangnya ini sebagai “Cross-wing” yang menggambarkan dua sayap yang saling overlapping satu sama lain. Rear spoiler dengan 2 lubang dan HMSL berbentuk garisnya terlihat keren. Sayangnya, Mazda tidak memperlihatkan desain interior dari Mazda 創 Arata sama sekali. Nah, yang paling penting, Mazda 創 Arata nantinya akan menjadi model masspro dengan rencana produksi di akhir tahun 2025 mendatang. Versi produksi dari Mazda 創 Arata nantinya akan menjadi produk NEV kedua Mazda di pasar China.

Mazda pun menyebut bahwa mereka akan fokus pada produk elektrifikasi di China karena pasarnya yang berkembang. Agak berbeda dengan pasar Jepang yang cederung lebih menyukai produk HEV, PHEV atau FCEV. Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Gallery Foto Mazda 創 Arata

Read Prev:
Read Next: