Review Honda City 2014

Delhi, AutonetMagz – Sebelum diluncurkan di Indonesia, kami mendapatkan kesempatan untuk mencoba All-New Honda City 2014 bersama sahabat kami dari IndianAutosBlog di Delhi India. Honda City generasi terbaru ini mendapatkan ubahan total mulai dari sasis, bodi hingga mesin baru yang kini menggunakan mesin 1.500 cc generasi L15Z1.

Desain eksterior mobil ini lebih elegan dibandingkan dengan model sebelumnya, jika versi terdahulu mengusung desain sporty dan menantang, justru Honda City 2014 terbaru lebih elegan dan kalem tanpa harus membuang ciri khas desain Honda dengan Solid Wing Face-nya.

 

Review lokal All New Honda City 2014

Bagian bodi sampingnya tampak lebih proporsional dengan desain kap mesin yang lebih mancung, detailing di beberapa bagiannya juga terlihat cantik mulai dari spion, antena shark fin, lekukan bodi yang memanjang di pintu pun bentuknya seperti pada Honda Jazz 2014 model baru, namun satu hal yang kami tidak suka adalah pada velg mobil ini yang desainnya India banget. Mudah-mudahan ketika masuk ke Indonesia, PT Honda Prospect Motor (PT HPM) memberikan tampilan velg yang cantik.

 

Ulasan Honda City 2014 Indonesia

Desain belakangnya mungkin terlihat sedikit kurang proporsional, namun jika kita melihat secara langsung, mobil ini lebih menarik karena profil buntutnya yang lebih rendah dibandingkan dengan model sebelumnya yang cenderung lebih tinggi.

Masuk ke dalam interior, kita disuguhkan oleh kursi berbalut kulit dengan bahan yang sangat baik untuk mobil sekelasnya, posisi duduk lebih nyaman dibandingkan dengan Honda City generasi sebelumnya, height adjuster, tilt steering dan seatbelt adjuster masih dipertahankan sebagai fitur standar.

 

Dashboard New Honda City 2014

Model dashboard-nya, mungkin bisa dibilang ini adalah desain dashboard Honda City yang paling bagus yang pernah kita temukan, mulai dari penggunaan door trim yang terlihat lebih mewah dan berkualitas dibandingkan Honda CR-V sekalipun hingga penggunaan kombinasi warna hitam dipadu dengan aksen silver pada bagian dashboard.

 

Head unit touchscreen Honda City 2014

Pada varian India, Honda City memiliki head unit indash dengan 8 speaker dan layar kecil 5 inchi LCD monochrome. Suaranya sangat baik karena dilengkapi dengan 8 buah speaker yang mampu memberikan perpaduan bass dan treble sangat baik. Audio ini dapat memutar musik melalui Bluetooth dan audio CD, MP3. Sayangnya tidak bisa dijadikan pemutar DVD. Jika anda memasukan tuas perseneling ke posisi R, maka tadaaa,..! Layar 5 inchi tersebut akan menampilkan gambar dari kamera mundur yang letaknya dibelakang mobil.

 

Panel kontrol AC New Honda City 2014

Yang paling menarik ada pada tampilan panel pengatur AC yang kini memiliki desain futuristis, kami sangat menyukai layar monochrome dengan model pengatur seperti layar sentuh, sehingga sangat menarik dan mempercantik tampilan dashboard, karena kami belum pernah menemukan model seperti ini pada sebuah mobil dibawah 300 jutaan.

 

Start Stop Engine button Honda City 2014

Di sampingnya terdapat tombol start/stop engine berwarna merah yang menandakan bahwa Honda kini telah meninggalkan kunci kontak model putar menjadi keyless entry.

 

Ruang Kabin belakang Honda City baru 2014

Masuk ke bangku belakang, kita tidak akan terasa sedang menaiki mobil sekelas Honda City, bentuk jok, kelegaan kabin sepertinya lebih lega dibandingkan Honda City generasi saat ini, apalagi kita akan menemukan dua buah ventilasi AC untuk bangku belakang yang cukup membantu pendinginan di negara-negara tropis. Penempatan door trim dan arm rest juga sangat nyaman untuk menampung tangan penumpang belakang. Benar-benar tidak terasa seperti di dalam Honda City nih!.

Sayangnya kami mencoba Honda City varian diesel manual dengan mesin i-DTEC yang sepertinya tidak masuk ke pasar Indonesia, di India memang pasar mobil diesel jauh lebih berkembang dibandingkan di Indonesia, dan jangan harap di India orang-orang akan menaiki mobil bertransmisi automatic. Nggak laku euy!

 

Test drive All-New Honda City 2014

Menyalakan mesin, suara mesinnya cukup terasa, hanya getarannya masih lebih minim dibandingkan dengan mobil-mobil diesel pada umumnya. Tenaga 100 Ps dan torsi 200 Nm jauh lebih mengasyikan dibandingkan dengan perkiraan awal. Meskipun kopling terasa cukup berat untuk ukuran mobil baru, tetapi respon mesinnya enak sekali untuk dibejek-bejek. Performa putaran bawahnya bisa kita acungi jempol!

Kami coba mobil ini sedikit lebih cepat, pada kecepatan 100 km/jam, mobil ini hanya berada di Rpm 2.000 saja pada gigi 6. Nyalakan musik, dan kita akan melupakan suara mesin dan menikmati perjalanan bersama Honda City diesel.

 

Fitur Cruise Control di All New Honda City 2014

Menariknya, mobil ini juga menyediakan Cruise Control. Jika ingin menyalip kendaraan, masukan ke gigi 5, maka tarikan akan terasa cukup bertenaga, sepertinya gigi 6 ini hanya untuk efisiensi saja. Meskipun begitu, kita tidak perlu sering-sering menurunkan gigi ketika berkendara, karena torsinya terus terasa.

Handling small sedan ini bisa dibilang masih sama dengan Honda City generasi sebelumnya, ayunan suspensinya sedikit stiff di segala kecepatan, namun masih terasa empuk seperti Honda City generasi sebelumnya. Di kecepatan tinggi mobil ini masih stabil dibandingkan kompetitor. Rasanya nyaris tidak ada yang berbeda dibandingkan generasi sebelumnya, body roll juga terasa cukup minim.

 

Speedometer All-New Honda City 2014

Honda mengklaim mobil ini dapat menghabiskan 1 liter bahan bakar untuk menempuh jarak 26 km. Tidak heran karena ini adalah mobil diesel, dari pengetesan kami, kami mendapatkan angka berkisar antara 14 hingga 18 km/l pada MID. Namun pengetesan yang kami lakukan tidak dilakukan secara professional sehingga tidak dapat dijadikan acuan.

Well, Honda City diesel ini adalah varian yang bisa dibilang sangat menarik untuk dipilih, sekaligus kami tahu mengapa pasar Eropa, Amerika dan Honda di India sangat menggemari pasar diesel. Selain lebih irit konsumsi bahan bakar, tenaga di putaran bawah sangat cocok untuk stop and go di perkotaan. Sayangnya di Indonesia rasanya nyaris mustahil jika PT HPM membawa varian mesin diesel ini ke tanah air. Jadi tunggu mesin bensinnya saja ya? Lumayan juga kok transmisi automaticnya sudah dibekali dengan paddle shift. Semoga saja audio, build quality dan panel AC digitalnya tidak di downgrade oleh PT HPM. Gimana, tertarik dengan All New Honda City 2014?

Honda, Review Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Review Lokal All New Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Test Drive All New Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Ulasan Honda City 2014 Indonesia: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, AC Kabin Belakang Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Bagasi All New Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Dashboard New Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Fitur Cruise Control Di All New Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Head Unit Touchscreen Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Interior All New Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Jok Belakang Honda City Baru 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Keyless Entry Key Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Panel Kontrol AC New Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Ruang Kabin Belakang Honda City Baru 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Setir Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Speedometer All New Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Start Stop Engine Button Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagzHonda, Velg Honda City 2014: First Impression dan Test Drive Honda City 2014 Diesel by AutonetMagz

Tags : mesin L15Z1, mesin honda city terbaru tahun 2014, ulasan honda city 2014, kelebihan honda city tahun 2014, 2014 honda city, honda city 2014 indonesia,