First Impression Review Honda Mobilio E Manual + Gallery Photo

by  in  Honda & Mobil Baru & Nasional
First Impression Review Honda Mobilio E Manual + Gallery Photo
0  komentar
Review Honda Mobilio

Jakarta, AutonetMagz – Honda Mobilio baru saja diluncurkan dan pastinya membuat semua orang penasaran dengan bagaimana sih Honda Mobilio ini sesungguhnya, jika diulas lengkap dengan detil secara mendalam. Oke, kali ini AutonetMagz.com bersama dengan AutonetMagz.net mencoba memberikan first impression kami terhadap Review Honda Mobilio tipe E manual 2014.

Honda Mobilio Blue

Jika diperhatikan lebih lanjut, Honda Mobilio ini memiliki tampilan depan yang sangat mirip dengan Honda Brio, memang mobil ini dibangun menggunakan basis Honda Brio yang diubah menjadi lebih tinggi dan panjang. Bentuk depannya memiliki grille panjang dengan chrome besar yang lebih cantik dan bumper yang berbeda lengkap dengan foglamp berikut desain housing foglamp nya yang menarik. Untuk varian Honda Mobilio Prestige, terdapat chrome ornament garnish pada pinggiran foglamp-nya.

Seperti Honda Brio, Honda Mobilio mendapatkan detailing eksterior bodi pada bagian cover kaca depan dan kaca tengah dengan material yang kurang baik. Plastik pada bagian yang kami tunjuk dengan tangan memiliki permukaan kasar, tipis dan berbunyi nyaring ketika diketuk.

Door Handle Honda mobilio

Door handle yang digunakan masih common parts dengan Honda Brio, sayang pengecatan di bagian door handle masih terasa kasar dan sedikit terasa ringkih dibandingkan dengan kompetitor. Ketika dibuka pintu terasa enteng begitupula ketika ditutup.

Honda Mobilio Rear Window

Kami sangat suka bagian kaca belakang yang memiliki desain yang tidak biasa seperti mobil-mobil Citroen, pada bagian kaca belakang ini dibuat unik dan tidak mainstream seperti mobil keluarga lainnya. Untuk anda yang berniat meminang Honda Mobilio sebaiknya gunakan kaca film berwarna hitam agar senada dengan tinted window mobil ini.

Honda Mobilio Lampu Belakang

Lampu belakang Honda Mobilio di desain cantik dengan detailing garis-garis seperti mobil-mobil BMW, bahkan siluet lampunya menurut kami mirip dengan BMW X3.

Honda Mobilio Bentuk Belakang

Selain lampu belakangnya, Honda Mobilio juga dibekali dengan rear red reflector yang di desain cantik seperti mobil tipe sport. Uniknya lagi pada bagian atas belakang mobil ini di desain menjorok ke belakang seperti sebuah spoiler, padahal mobil ini tidak dilengkapi dengan spoiler. Untuk varian Prestige sudah dilengkapi dengan chrome garnish di bagian atas dudukan plat nomor.

Honda Mobilio Alloy Wheels

Velg R15 bawaan Honda Mobilio standar memiliki desain yang cukup cantik, sedangkan ban mobil ini dipercayakan menggunakan GT Radial Champiro Eco. Untuk varian Prestige sudah dilengkapi dengan velg R16 dengan desain yang lebih sporty.

honda mobilio tyre deck

Entah mengapa, bagian kolong ban Honda Mobilio ini juga terlihat tidak rapi dengan pengerjaan yang terkesan asal-asalan. Sebaiknya bagian kolong fender di cat kembali dengan anti karat berwarna hitam agar mobil ini tampak lebih rapih, terliebih jika dilihat pada siang hari.
Honda Mobilio Engine

Membuka kap depan mesin Honda Mobilio terasa sangat ringan, bahkan paling ringan di kelasnya, sepertinya plat bodi yang digunakan pada mobil ini sangat tipis. Untuk anda yang menyukai detailing pada bagian mesin, maka jangan terlalu berharap banyak pada Honda Mobilio, karena detailing mesin Honda Mobilio sangat tidak rapih, bahkan cat bagian dalam kap mesin mulai dari upfront bar, kap mesin memiliki cat yang meluber tanpa dilapisi cat pelapis berwarna hitam atau abu-abu seperti kompetitor. Cat warna bodi terlihat meluber seperti pengerjaan di bengkel cat yang tidak professional.

Honda Mobilio Engine Finishing

Bagian sambungan bodi mesin juga tidak di desain cantik dan rapih, saat disentuh pun terasa kasar. Namun bisa dicat ulang meskipun sedikit rumit karena harus membongkar komponen-komponen yang menempel pada bodi mesin. Cover-cover plastik seperti bagian depan penutup radiator dan bagian pemisah antara bagian kaca dan mesin menggunakan material yang kurang baik karena terlalu tipis dan elastis.

Finishing Honda Mobilio

Pada bagian sambungan bodi dekat transmisi terdapat sambungan yang dibiarkan terbuka tanpa diberikan lapisan cat agar tampak rapih. Bagian belakang mesin pun juga tidak dibekali dengan peredam, namun suara mesin ketika dihidupkan sangat senyap karena suara mesin yang halus.

Accu Honda Mobilio

Jika anda senang meng-upgrade audio dan kelistrikan, maka harus sedikit ekstra hati-hati karena ukuran aki Honda Mobilio tidak dapat di upgrade menjadi lebih besar, ini disebabkan ruang penempatan aki yang dibuat pas tanpa ruang berlebih.

Honda Mobilio L15Z1 Engine

Mesin baru dengan kode L15Z1 ini merupakan mesin generasi terbaru yang menggunakan header plastik seperti pada Toyota Agya agar lebih ringan. Peletakannya sangat baik karena menjorok ke atas, sehingga lebih aman ketika melewati banjir.

Seal Door Honda Mobilio

Sebelum masuk ke interior, kita akan menemukan celah karet bodi yang terbuat dari bahan yang sangat sederhana seperti mobil-mobil niaga pembawa barang. Namun dari informasi yang kami dapatkan, kita dapat mengganti karet-karet bodi mobil ini dengan karet Toyota Avanza yang sudah menggunakan model balon agar peredaman interior lebih baik. Ini sekaligus jawaban mengapa pintu Honda Mobilio jika ditutup seperti tidak rigid.

Honda Mobilio Dashboard

Interior yang digunakan sama persis dengan interior Honda Brio, hanya saja penggunaan warnanya sedikit berbeda. Pengerjaan mulai dari sambungan dan penggunaan bahan mungkin paling buruk di kelasnya. Untuk tipe E CVT sudah dilengkapi dengan list chrome pada lubang AC.

Upper Dashboard Honda Mobilio

Pada bagian atas dashboard terasa ringkih dan terlalu tipis karena mudah sekali bergerak ketika ditekan seperti yang kami lakukan di video review Honda Brio. Sebaiknya diberikan karpet diatas dashboard yang tersedia di aksesoris non resmi Honda Brio karena memiliki ukuran yang sama agar terlihat lebih elegan.

Honda Mobilio AC Panel

Kenop AC masih sama dengan Honda Brio, perbedaannya pada Honda Mobilio tombol sebelah kanan atas terdapat tombol untuk mengaktifkan fog lamp depan. Untungnya AC Honda Mobilio ini sudah dilengkapi dengan opsi ventilasi pada bagian kaki dan pilihan sirkulasi udara, tidak seperti Toyota Avanza.
Glove Box Honda Mobilio

Meskipun mendapatkan banyak kritik karena pengerjaan sambungan glove box yang tidak rapih, kami lebih memilih mengabaikan hal tersebut, karena ukuran glove box yang terlalu kecil rasanya menjadi hal yang lebih krusial dibandingkan dengan pengerjaan glove box yang kurang rapat.

Head Unit Honda Mobilio E CVT

Beberapa orang mengatakan kualitas suara audio Honda Mobilio kurang begitu baik, namun ketika kami coba dengarkan dan mengaktifkan “Loud” pada audio mobil ini, kualitas suaranya sangat baik, bahkan hampir mendekati Honda Jazz. Pada tipe Prestiga, head unit berganti menjadi Kenwood touch screen yang dapat memutar DVD. Sayangnya karena peredaman suara yang tidak baik, suara audio bocor keluar sangat mengganggu.

Driver Side AC Honda mobilio

Bagian vetilasi AC samping memiliki desain polos, namun dibandingkan dengan Brio, Mobilio dilengkapi dengan silver finish. Untuk anda yang suka menambahkan aksesori, Honda memberikan sebuah slot untuk penempatan tombol aksesori ekstra.

Honda Mobilio Wheel Steering

Setir Honda Mobilio meskipun masih menggunakan common parts dengan Brio terasa sangat nyaman digenggam dan berukuran pas. Tilt steering juga sudah diaplikasikan untuk mengatur ketinggian kemudi. sayangnya material yang digunakan sebenarnya masih bisa dibuat lebih baik lagi. Pada seluruh tipe Honda Mobilio sudah dilengkapi dengan dual SRS Airbag.

Honda Mobilio Wiper Controler

Jika dibandingkan dengan kompetitor, tuas wiper dan lampu-lampu mobil ini terasa lebih ringkih dan memiliki bahan material plastik kasar ketika disentuh. Seharusnya bisa dibuat lebih baik lagi untuk facelift Honda Mobilio berikutnya.

Spedometer Honda Mobilio

Jika Honda Brio dilengkapi dengan speedometer dengan desain sporty dan futuristik, pada Honda Mobilio kita tidak mendapatkan hal yang serupa. Speedometer Honda Mobilio tampak sederhana dan kurang greget ketika kita melihat detailing yang hilang pada Honda Brio di mobil ini.
Front Driver Door Trim Honda Mobilio

Door trim sudah di desain lebih baik dibandingkan Honda Brio, terutama kita tidak akan menemukan bagian plat bodi besi yang tidak tercover secara keseluruhan. Namun sayangnya bahan door trim yang digunakan tidak begitu baik dan terasa licin ketika disentuh, bahan fabric pada door trim juga absen seperti Daihatsu Xenia. Satu hal yang kami suka dari door trim mobil ini ada pada letak gagang pintu yang nyaman untuk dijadikan senderan tangan.

Honda Mobilio Driving Position

Kursi depan Honda Mobilio memiliki driving position yang baik dan serasa naik sedan meskipun tidak dapat diatur ketinggiannya. Desain jok yang sama dengan Honda Brio memiliki kombinasi tekstur yang cukup menarik meskipun tidak dibekali dengan bahan jok yang berkualitas.

Front Seat Honda Mobilio

Kursi-kursi Honda Mobilio terasa amat tipis, bahkan letak jempol pada gambar menunjukan di bagian tersebut rangka besi kursi mobil ini terasa ketika sedikit ditekan saking tipisnya, headrest jok depan mobil ini juga tidak dapat diatur dan dijadikan tempat bersandar kepala, untungnya ergonomi kursi Honda Mobilio masih nyaman untuk digunakan perjalanan jauh.
Spesifikasi Honda Mobilio

Masuk ke pintu belakang, kita akan menemukan door trim yang tidak jauh berbeda dengan pintu depan, cup holder dan ruang penyimpanan besar terasa cukup membantu.

Honda Mobilio Middle Seat Configuration

Kursi tengah Honda Mobilio sangat lega, kami mengambil gambar kursi kiri dengan opsi sliding paling maju dan sandaran kursi paling tegak dan kursi kanan dengan posisi paling mundur dan sandaran paling rebah. Dengan tinggi test driver 170 cm, posisi duduk paling maju pun kaki penumpang tidak akan mentok. Namun sayang kursi tengah mobil ini kurang lebar sehingga tidak begitu nyaman diduduki 3 penumpang. Metode pelipatan juga sangat mudah dengan one touch tumble.

Honda Mobilio rear AC

AC double blower-nya merupakan common parts dengan Honda Freed, penempatannya cukup rapi. Pada tipe S, fitur ini hilang.

Honda Mobilio rear seat configuration

Kursi belakang Honda Mobilio dengan konfigurasi sandaran kursi kanan paling rebah dan kursi kiri paling tegak, terasa cukup nyaman dan headroom masih lega dengan tinggi 170 cm. Lucunya bagian kursi belakang sudah dilengkapi dengan head rest adjustable tidak seperti kursi pengemudi. Gaya duduk di mobil ini juga kurang lebih sama seperti pada Grand Livina yang sedikit naik pada bagian paha penumpang.

Honda Mobilio Rear seat size

Sandaran kursi belakang Honda Mobilio sangat tipis sekali, bahkan jika diukur menggunakan jari tidak sampai setebal jari telunjuk test drive kami yang memiliki tinggi badan 170 cm. Rangka besi kursi mudah sekali dirasakan jika sedikit ditekan.

Honda Mobilio Plastic Finish

Trim kursi paling belakang terlihat kurang presisi pada bagian finishingnya, kami sudah mencoba menekannya agar tertutup rapat namun tidak sampai 3 detik terbuka kembali karena ketidak presisiannya. Namun masih bisa diakali dengan lem agar tampak lebih sempurna.
Honda Mobilio Rear Door Material

Pintu belakang mobil ini tidak dilapisi dengan plastik finish seperti mobil pada umumnya. Hanya dibekali dengan bahan kain yang sedikit tebal dengan lapisan dalam seperti kardus, namun ketika bagian pinggir kami sentuh terasa sangat tipis dan mudah sekali untuk dibuka. Seharusnya dibuat lebih baik lagi untuk versi kedepannya.

Honda Mobilio rear baggage

Bagian bagasi belakang sangat lega dan luas, bahkan paling luas dikelasnya. Kita dapat memasukan 4 koper dengan posisi miring tanpa harus mengorbankan posisi duduk penumpang belakang. Jika kita perlu membawa lebih banyak lagi, bagian kursi belakang juga dapat dilipat terpisah seperti Daihatsu Xenia.

Honda Mobilio big luggage

Sayangnya mekanisme melipat kursi di mobil ini masih menggunakan model konvensional seperti Daihatsu Xenia. Tidak bisa dilipat rata lantai seperti Suzuki Ertiga.
Honda Mobilio Tyre Opener

Karpet dasar yang dimiliki mobil ini sangat tipis dan tidak rapi, karpet dasar sangat mudah sekali keluar dari trim cover plastik pinggir interior karena sepertinya tidak dilengkapi dengan perekat di bagian bawahnya. Namun kita masih bisa menambahkan pelapis tambahan di bengkel aksesori. Untuk menurunkan ban serep mekanismenya sama seperti Toyota Avanza, namun lokasinya yang membolongi karpet dan dilengkapi dengan penutup karet terlihat tidak rapi.

Honda Mobilio toolkit

Kami sangat menyukai mekanisme penyimpanan toolkit Honda Mobilio yang tersembunyi di balik trim interior seperti Toyota Kijang Innova dan Suzuki Ertiga, namun penggunaan material plastik yang sangat tipis dan mudah sekali di bengkokan (elastis) membuat kesan wah kami menjadi berkurang.

Honda Mobilio rear finish

Finishing pintu bagasi belakang tidak rapi dan terlihat asal-asalan. Untungnya bagian ini akan mudah sekali luput dari perhatian kita.

Kesimpulannya, Honda Mobilio ini memiliki desain yang cantik pada eksterior dan ruang yang sangat lapang pada bagian interior. Namun sayang tidak dibarengi dengan penggunaan bahan, built quality dan finishing yang baik seperti kompetitornya. Untuk impresi mesin dan handling, kami akan sampaikan lewat video review di bulan berikutnya. Penasaran? stay tune terus di AutonetMagz!

Read Prev:
Read Next:
  • Ikh

    Ngenes, padahal bapak dah tertarik ama nih mobil

    • mps ptr 114

      ertiga,mobilio,ertiga,mobilio…waktu lihat iklan mobilio, wah neh mobil bakalan laris manis…tp pas launching, gw jd heran koq ngga sebagus yg di iklannya ya…apalagi waktu lihat interiornya…wadduh…sangat sangat standar…jauh dari harapan cunsumen.pantesan di iklan mobilio interior ngga di nongolin…padahal salah satu aspek pembelian mobil itu kan ada d interior…beda banger ama suzuki ertiga…udah bandingin ertiga dgn mobilio di tambah penjelasan mas autonetmagz.ane udah MANTAP kan hati ke suzuki ERTIGA.saran ane klo mau beli mobil,jangan liat dari tampang luarnya aja.ok gan.salam autonermagz

      • ..nggak nyesel deh beli ertiga bgs di interior aj mesin nyungsep harga bekas apalagi boro2 mo ikut F1… Baleno ilang, g. vitara pa lagee x over digebuk jazz paling pick up nya aja yg nggak ad rival cspee deh..

    • Waduh jatuh hati ke mobilio jadi hilang kalau gini, kalau gitu pikir pikir dulu utk inden moga moga si honda karawang koreksi diri kalau ngak konsumen bisa jadi benci sama honda he he he

  • anto

    apakah ada perbedaan dengan yang waktu itu di tes di Jepang? atau lebih buruk dibanding yang di Jepang?

  • daun

    yang dibelakang aki & didepan intake, apaan min?

    • Ridwan Hanif

      ECU om

  • Samuel

    first impression Ecosport jg dong, lagi hot.. ada pameran di SMS, liat2 n test drive skalian

  • Yohanes

    artikel ini sebaiknya dilayangkan ke pabrik Honda di Kerawang sebagai saran untuk perbaikkan kualitas produk dan dengan demikian akan menjaga penyuka Honda khususnya Mobilio ini

  • Versi sopan dari yg di forum sebelah… 😉

    Very good details.

    Setelah baca review ini, rasanya bener2 bersyukur beli Ertiga. Utk mobil dgn harga ekonomis, interior Ertiga (tempat dimana mayoritas waktu bermobil dihabiskan) jelas2 sangat memuaskan. Serasa ada di mobil dgn kelas di atasnya. Audio juga kualitasnya setara dgn mobil kelas atasnya.

    Well, time will tell… Apakah para pembeli akan komplen dan kapok punya mobil Honda atau menerima dgn lapang dada mengingat harga mobil Mobilio cukup tinggi utk mutu finishing yg diberikan.

    • daun

      pasti menerima om & udah punya racun untuk menutup semua kekurangan’a..

      yang memilih honda karena faktor mesin’a..

  • Haduh…baru 1 minggu mobilio ane pintu samping kirinya penyok di cium ama pagar garasi gan..kira2 di ketok magic memuaskan ga ya hasilnya???

    • daun

      klaim asuransi aja kang

  • Hampir aja tukar erti gx ane sama mobil ini. Untung baca review autonetmagz. Tubda dulu sampai ada perbaikan dari honda

  • zoofree

    Kebetulan minggu lalu saya sempet test drive mobilio tipe E M/T, untuk handling dan performa mesin memang tidak mengecewakan, fasilitas juga lumayan lengkap. Tapi terus terang saya Ilang Filling dengan interior, doortrim dan kualitas dashboard mobilio, terlihat murahan dan kurang berkelas. mengurangi kenyamanan berkendara. Jauh lebih bagus interior mobil saya yang Mazda VX-1 R Grade( kembaran Ertiga ).

  • zcxczxvx

    Gile nih mobil langsung di bully abis sama si Ridwan.
    Good job!

  • wahyu

    Jadi bingung mauu pilih mobil yng mana,
    ertiga atau mobilio hmmmm…..

  • Pengalaman saya pake R3 GX sangat memuaskan. Interior mobil yg berkualitas baik, joknya empuk. Dibawa adventure ok banget dari Jakarta ke pantai Sawarna Banten dan penumpangnya ga merasa pusing dibawa offroad ke jalan2 berliku2 yg lumayan ekstrim tanjakannya dan kondisi jalan di Banten yg rusak msh terasa empuk bantingannya. Begitupun saat melewati rute Pantura di Cikamurang dan Subang yang jalannya rusak parah di bulan ini, R3 lincah nyalip kendaraan2 lain yg kelasnya di atas R3 dan masih enak dibawa kebut di jalanan yg banyak batu2nya (plus ground clearance nya ga lecet2 tuh) apalagi di bawa ngebut di Cipularang 140 – 150 ga terasaa mesinnya alus, mobil tetap stabil. catatan: ngebut di jalan tidak disarankan untuk semua pengendara untuk alasan keselamatan :). Bensin iriiit. Buat yg duduk di barisan ketiga pun ga pusing cuma ya yg tingginya di atas 170 kurang nyaman krn kepalanya hampir nempel sama atap mobil. Anyway R3 GX memuaskan. I am happy to have it.

  • “Membuka kap depan mesin Honda Mobilio terasa sangat ringan, bahkan paling ringan di kelasnya, sepertinya plat bodi yang digunakan pada mobil ini sangat tipis.”

    Yang benar mas, plat bodi dan kap jauh lebih baik dari produk sebelah kok…

  • Ferry Auto2000

    Mobilio dan ertiga memang mobil basis keluarga yang sedang fenomenal. Namum kita harus pertimbangkan kembali sebelum menaruh di garasi parkir anda karena seperti kita ketahui bahwa sejatinya mobil mpv adalah mobil yang menggunakan penggerak roda belakang di mana saat kita ketemu medan jalan yang menanjak meski penumpang penuh kendaraan dapat menanjak dengan baik tanpa hatus kesulitan sama sekali dan konstruksi body harus benar2 kuat dan aman dalam membawa penumpangnya.

  • Otolover jogja

    Pemilu sudah lewat, tapi masih ada aja Black Campaign..
    Artikel ini salah satunya.
    Mungkin ini sipembuat orang suzuki atau produk kompetitornya Honda, karena merasa takut marketnya diambil alih Mobilio jadi nyerang dgn cara yg tdk sehat.. Sabar ya gan., ini pasar bebas
    Konsumen cerdas gak asal2an beli mobil. Kalo kalian msh buat hal semacam ini malah mobil kalian yg gak laku..

    Hihihi…
    Salam Oto

    • ripcord

      Black Campaign gimana kang? Klo ini kan barang yg wujudnya ada, detail jelas, bisa diliat sendiri. Misal di sambungan body, klo emang kurang rapi ya akuin aja kurang rapi..
      Atau dashboard, meskipun subyektif, tapi user tetep bisa menilai sendiri dengan melihat dan mencoba langsung.. Salam.. 😀

  • Mobilio yaa…keren sih.
    Tapi aku lebih percaya ke merk yg sdh terkenal.
    Karena aku merasa di manjakan seperti layaknya suamiku….hehehehe..
    Dari service ke bengkel pelayanan aftersalesnya…
    Aku sih lebih percaya ke merk mpv yg sdh terbukti kualitas dari segala2nya
    ..

    Salam manis…wass

  • Biar market yg membuktikan, 🙂

  • Kebetulan aku ada inden dan ud sampe mblnya di rumah ku.. Sebenernya beli mblnya juga gara2 memang keluarga lebih suka honda. Tapi setelah mobilio di coba not bad banget loh… Soal interior relatif si ya.. Kebetulan aku suka, soal finishing, menurutku semua kompetitor sama ya krn skrg memang ud ga pake pvc.. Nah soal keluasan kabin.. Ini mobil juaranya.. ( menurut ku si) tp kesenyapan kabin yang kurang.. Buat model relatif juga si ya.. Kebetulan aku suka tarikan yang mantab.. Ya kalo di coba dari semua kompetitor si ini pasti yg terbaik.. Modal tmbh unichip ud tembus 140 hp dengan premium.. Jadi menurutku ini mbl so far so good lah.. Kapan lagi dpt mbl honda dibawah 200 juta skrg heheheh… Mudah2 an comment jujurku bisa bermamfaat..

    Salam

  • yu2n

    Yang artikel ini sales suzuki yah..??? Hehee

  • Andrew

    Mobilio dah nangkring di garasi sejak 1 bulan lalu dan KM. masih 200 kiloan saja. Overall aku puas ko sm mobilio ini..gak berliebihan dgn harga yg ditawarkan. Masih value for money lah.. Ertelu mah selamanya gak akan bs naik kelas lah wong yg bikin S**uk*. Gak ada mobil hebat dunia tuh dari brand ini dan lebih identik sama mobil angkot…piss ah..

  • FIFAN

    Mobilio di rumah udh ada sejak 1 bulan lebih lah dan km nya sudah 2800. Sejujurnya , mobil ini tuh lebih nyaman dibandingkan toyota avanza dan suzuki ertiga. Peredamnya kalau menurut saya sudah pas(dibandingkan avanza dan ertiga). Tapi memang interiornya tidak semewah avanza dan ertiga , tapi semua itu terbayar oleh fitur yg ada……… Semoga komentar yg saya tulis ini benar dan tidak ada kebohongan……….

  • sy bkn pemilik Ertiga ataupun avanza xenia, sy sndiri termasuk yg terheran2 melilhat produk honda mobilio yg jauh dr dugaan sy, menurut sy reviewnya cukup fair & realistis..

  • Dewayudhi093

    Wah banyak fanboy honda yg kaga terima nih

    • anwar

      mau mobil harga 1 m pun jika di ulas seperti di atas jelas ada kekurangannya,,ulasanya bagus tapi sayang terlalu memojokkan mobilio,terlihat sekali dari kata katanya.kecuali judulnya kekurangan honda mobilio.

  • fandi

    Padahal kalo di telusuri yg berlimpah fitur-fitur baru ada di Chevrolet SPIN, harga sangat kompetitif coba di cek.

    Tp sayang terlalu banyak black campaign untuk mobil ini, be Smart Buyer deh agan – agan.

    Untum review tentang mobilio menurut saya ini sangat fair buat yg sudah menggunakan ertiga engine selamat menyesali dehh…hehehehhe

  • Afandi68

    Padahal kalo di telusuri yg berlimpah fitur-fitur baru ada di Chevrolet SPIN, harga sangat kompetitif coba di cek.

    Tp sayang terlalu banyak black campaign untuk mobil ini, be Smart Buyer deh agan – agan.

    Untum review tentang mobilio menurut saya ini sangat fair buat yg sudah menggunakan ERTIGA yg mengerti keluarga selamat menyesali dehh…hehehehhe

  • Gw masih lom punya mobil..masih miliih…reviewnya sangat2 fair…kepikiran ambil r3 karena dah pernah nyoba rental…cukup nyaman untuk keluarga..kalo design eksterior tergantung masing2 selera…ada renc untuk meminang mobilio karena nama besar honda pasti oke..tp setelah liat ini mikir2 dulu…apa gw n keluarga masih toleran dengan kekurangannya, biaya perawatan honda juga terkenal lebih banyak dibanding suzuki or toyota..( tergantung jenis mobil sih, tp kalo low mpv pasti lebih mahal ini)…nunggu aja dulu lah..sementara ngerental aja dulu..kali aja ada perhatian n perbaikan dari honda…..

  • Sejujurnya sy punya niat kuat untuk meminang mobil ini setelah peluncurannya, terutama melihat eksteriornya yg ciamik, lebih lega, tenaga lbh mumpuni dibanding kompetitor, tapi sy kecewa dengan interiornya. Setelah melihat type prastage tdk ada perubahan juga saya masih sabar menunggu dan berharap mudah2an pd type RS sdh ada perbaikan interior, tp kenyataan type RS pun tak ada perbaikan interior terutama bentuk dash-nya, yg scara kebetulan sy tdk suka. Sampai skrg sy msh berfikir, apa msh perlu menunggu type berikutnya? entahlah rasanya terlalu lama.

  • Andi

    Saya juga pengguna mobilio prestige sejak bln juni 2014. Menurut sy mobil ini cukup bagus lah walaupun ga rapi amet. Tampilannya oke bahkan gw gatel buat modif eksteriornya mobilio. Masalah interior iya sih mirip brio bgt smp ibu gw comment ga rapi di bagian glove boxnya tp gw biasa2 aja, bln september kemaren kursinya gw ganti kulit permanen biar lbh keren. Soal space ini lumayan luas. Gw tinggi 176 cm msh nyaman walaupun duduk di baris ketiga. Soal handling keren, peredaman kabin ya klo kurang tinggal ksh peredam suara kyk gw lakukan di mobilio gw sekalian upgrade audio. Mesinnya lumayan hening tarikannya juga oke. Bantingan suspensi memang sedikit keras tp terbayar dgn handling dan kestabilan saat dibawa di jln tol…

  • Calvin

    Saya sdh menggunakan honda mobilio type prestige sejak bln juli lalu, memang untuk urusan mesin dan handling sangat memuaskan, di belokan stabil banget ini mobil, cuma memang interiornya sangat kurang menurut saya, trim di kursi baris ketiga saya juga lepas seperti gambar diatas, saya complain ke sales tapi dia bilang rata-rata honda mobilio kaya begitu semua, akhirnya saya lem sendiri… waktu itu jg udh sempet bawa ke bandung, mgkn karena bodinya tipis jadinya kalo kena sinar matahari kabinnya berasa panas banget… mgkn kalo ada duit thn dpn saya mau rukar tambah sama grand livina HWS Autech, karena saya kecewa sama kualitas interior yang dibawah rata rata

  • Mike

    pemilik sekaligus pengguna mobilio RS…. Udah jalan 2500KM, Gak ada bagus2 nya nih mobil selain tenaga MESIN dan sistem PENEREMAN.

    Interior bapuk, kualitas pengerjaan kacrut. Gak ada rapih2 nya sama sekali. Dashboard plastik, apa2 plastik. Tempelan sambungan airbag penumpang depan, di pojok kanan atas ngangkat gitu. komlqin ke Honda dijawabin “semuanya begitu.” Pelayanan macam apa itu. Sebagai pengguna Honda sejak Honda Civic tahun 80 sampe Accord tahun 91 Trus Cielo Saya sangat kecewa dengan hasil pengerjaan Honda Mobilio.

    Harga murah boleh, tapi bukan sebagai alasan untuk bikin barang yg murahan!

    Kabin bising. road noise bocor kedengeran jelas. Trus kalo hujan turun cukup deras, plafon super berisik. Ngomong sama penumpang lain harus teriak2 biar kedengeran. Suspensi yg di bilang stabil, silahkan coba dan rasakan. Untuk trek lurus 140-150km/jam mantab dan stabil karna cukup keras dan juga terbantu sama aero kit nya RS.Tapi untuk manuver overtaking di 100km/jam “pantat” mobil nge buang keluar. Sangat tidak di sarankan buat yg seneng bawa kenceng dan salip2 an di tol. Berbahaya!

    Yang paling berkesan cuma di performa MESIN. Baru di susul sistem PENGEREMAN yg baik.

    Perjalanan jauh jangan harap nyaman deh… Driving position nya ga enak. Tinggi 173cm. Paha gantung dan foot rest (tranmisi CVT) untuk kaki kiri nanggung banget. Bikin pegel asli. Udah gitu kalo belok setir, roda kemudi, tangan itu mentok sama paha. Kalo di atur tilt steering nya jangkauan tangan malah jd gak pas (ketinggian). Kacau lah pokoknya gak nyaman sama sekali.

    Pelek nya RS jelek! Tapi ini selera2 an..

    Sambungan body kasar. Dan ter expose dengan jelas.

    Cover mesin plastik? Sampe saluran pipa intake jg plastik. Dengan trik marketing lbh ringan?? Yg bener aja lah! Bilang aja buat tekan biaya produkai dan meraup untung lbh banyak. MARKETING nya jago lah. Termasuk segala macam kualitas interior yang tipis. Dengan alasan biar lega. Yea right! Setir kemud juga keras untuk di genggam. Dan lagi.. Posisi thumb rest di roda kemdui maksa. Gak ergonomis.

    Audio Kenwood dan speaker system bawaan pabrik mumpuni koq. Cuma perlu di setting aja di menu audio nya, terutama equalizer dan xover. Klo setelan nya pas ud lbh dr cukup lah.. Tapi tergantung selera kuping.

    Headlight terang, design headlamp modern dan catchy.. Design aero kit juga bagus, dan membantu stabilitas di trek lurus. Klo design jg selera lah yah..

    Sebagai customer Honda selama 20 tahun lebih, sangat kecewa sama Honda Mobilio. Sangat tidak layak dihargai 214jt untuk tipe RS. Harusnya Honda bisa memberikan kualitas jauh lebih baik lagi.

    Kalimat terakhir dr curahan pemilik dan pengguna. Gak hanya Honda. Tp untuk semua produsen. Harga bole murah. Tapi bukan alasan buat bikin barang murahan!

  • ponco hariono

    bagi saya mobilioini sudah lebih dari cukup..
    dijaman bbm naik..inilah jawabanya..
    dijaman adu gaya ini juga jawabanya..
    di jaman adu gigi..inilah jawabnya.
    ya kalau di bagian interior banyak yg komplain itu sebenranya masalah selera.
    saya pakai avansa velos performa juga ancur lebur..kalau di ajak pergi jauh di atas 500km mobiliolah pemenang utamanya..
    mau ngetrek juga mobilio..soal pantat ngebuang di tikungan bagi saya itu masalah ketolonan supirnyya yg ga ngerti namanya racing line.
    lewat di jalan dijadikan bahan lirikan orang aja udah puas..

    mau di ajak trek trekan ..versus..livina.xenia.avannsa..er3..heheheheheh saya suruh duluan star saya belakang saja saya bagian overtakenya saja..salam..mobilio mas bro…
    mau yg lebih garang..liat kantongmu..mampu ga kantongnya..itulah jawabnya

  • ponco hariono

    sedikit tesstimoni..
    saya sudah bawa mobilio tipe e manual keluar pulau ..alias kalimantan..daerah palopo luwuk utara sulsel..
    dari segi kantong ga ada penyesalan sama mobilio..
    ga nguras kantong beli bbm
    tenaga di pendakian atau turunan tajam..sangat sempurna..apalagi trek lurusnya..bussssssssssyet..kayak jarum tajam menembus angin..cissss..ilang dari pandangan sopir di blakang,
    saya sendiri memang kurang suka sama body kit plastiknya,,selain interior kain dan plastik.bagi saya pribadi..mobilio di depan para kompetitornya
    so…mau di bandingin gimana saja mobilio cuma kalah di bagian interior doang..tapi ga terlawan di bagian lainya..veloz di garasi juga ada bersanding dengan mobilio..sayang jadi males naikin..kalau mau pergi keluar kota//malah mobilio inilah yg menawarkan diri heheheheheh

  • akm

    Kelebihan dan kekurangan ertiga dan mobilio
    suzuki ertiga

    kelebihan
    -suspensi nyaman
    -build quality baik
    -interior paling kedap

    kekurangan
    -bagasi sempit
    -kalau d2k d brs ketiga yg mmpunyai tinggi 170 psti mntk
    -msnnya 1400 cc

    honda mobilio
    kelebihan
    -bagasi luas
    -konsumsi bbm plng irit
    -tenaga mesin besar

    kekurangan
    -joknya tipis
    -suspensi keras
    -peredaman kbn krng baik

    *sekian dari saya*

  • alex

    Cukup fair lahh review nya. Toh saya udah liat sendiri toh. Awalnya emang kesengsem sama exteriornya tapi kok ngeliat interiornya mengecewakan banget lah. Untuk pecinta honda yaa terima ajaa. Emang produknya kaya gini. Gausah terlalu membanggakan brand. Saya malah tetep jatuh hati ke avanza atau grand livina aja. Masih worth it secara kualitas keseluruhan

  • ida ayu

    penulisnya orang suzuki tuh

  • Rudy Darma

    Ngga juga Oom. Ada plus minusnya.

    Kalo mau plusnya aja rakit sendiri:

    Mesin, akomodasi dan Exterior pakai Mobilio

    Dashboard, Jog dan Interior dipasang Ertiga

    Kenyamanan, keheningan dan Ergonomis kayak Livina

    Body dan struktur rangka seperti Chevy Spin

    Multi guna, purna jual dan maintenance sehemat Avanza

    kalau bisa four wheel drive sekalian…!

  • aaa

    Build quality yg terkesan asal, akibat kejar pesanan inden yg banyak. Harus nunggu inden sepi nih biar dapet unit bagus kynya.