Subaru BRZ tS Hadir, WRX STI Type RA Mengikuti!

Subaru BRZ tS Hadir, WRX STI Type RA Mengikuti!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tidak tanggung-tanggung, setelah menyiapkan teaser Subaru BRZ dengan spoiler yang dikalim sebagai Subaru BRZ STI, Subaru langsung merilis penampakan utuhnya, yakni Subaru BRZ tS. Ia tak sendiri, soalnya kemunculannya dibarengi dengan ujung tombak imej mereka. Siapa lagi jika bukan WRX STI? Namun untuk kasus ini, ada sedikit perbedaan, di mana WRX STI yang muncul adalah Type RA, varian terbatas yang namanya juga pernah hadir di WRX terdahulu.

Buat fans Subaru, ada sejenis gap atau celah antara STI dan tS. STI memang divisi performa tinggi Subaru, sementara tS (tuned by STI) tidak se-intens STI dalam pengembangannya. Biasanya, mobil-mobil Subaru tS jarang menyentuh bagian mesin, namun lebih fokus kepada penyempurnaan handling dan kontrol, termasuk revisi tampilan yang tidak hanya membuat lebih keren, tapi juga lebih aerodinamis.

Nah, jadi jangan anggap Subaru BRZ tS ini benar-benar seperti WRX STI atau Forester STI. Subaru enggan menyentuh mesin FA20 2.000 cc 4 silinder boxer andalannya yang dipinjamkan ke Toyota 86, masih sekitar 205 hp-an. Jangan lupa, baik Toyota 86 dan Subaru BRZ, versi girboks manual mendapat tenaga dan torsi sedikit lebih besar daripada yang otomatis, jadi kalau tidak mau rugi, beli yang manual. Hal ini juga terjadi di Honda CR-Z dan Mazda RX-8.

Meski tidak menyentuh mesin, ada lumayan banyak hal yang menjanjikan di Subaru BRZ tS ini. Misalnya, aero kit barunya yang keren dan sporty, pelek baru yang lebih ringan, rem Brembo 4 pot di depan, damper dan coilover dari SACHS, ban Michelin Pilot Sport 4 dan sasis yang diberi rangka penguat di beberapa sektor, berikut strut bar. Di beberapa bagian Subaru BRZ tS, emblem STI ditempel biar beda dengan BRZ biasa. Yah, setidaknya ia punya elemen sporty betulan.

Bagaimana dengan WRX STI Type RA? Yang ini lebih serius, sebab mesin EJ25DET yang berspesifikasi 2.500 cc 4 silider boxer turbonya diberikan cold air intake baru, komponen high-flow exhaust system, ECU yang sudah disetel ulang dan piston yang sudah diperkuat. Hasilnya, paling tidak 310 hp bisa merangsek kala pedal gasnya dibejek penuh. Namun karena Subaru bukan produsen muscle car, mereka turut memperhatikan kendali dan pengereman.

Terbukti dengan adanya rem Brembo 6 pot dan damper baru racikan Bilstein. Di apron depannya, duduk manis inverted strut bar yang turut menjamin handling. Itu saja? Tidak, karena STI turut merevisi rasio gigi 3 pada girboks manual 6 percepatannya, shifter-nya juga sudah bertipe short shift. Urusan terapi buang lemak, Subaru WRX STI Type RA memakai atap carbon fiber dan spoiler carbon fiber, dan tolong dicatat, carbon fiber asli.

Keempat peleknya diganti dengan pelek racing yang ringan buatan BBS, ukuran 19 inci dan warna hitamnya memberikan kesan misterius, tegas dan membuat ruang roda sangat padat. Masih demi membuang bobot berlebih, Subaru membuang ban serep dari WRX STI Type RA ini. Masing-masing BRZ tS dan WRX STI Type RA ini akan hadir sebanyak 500 unit saja di seluruh dunia. Apa opinimu? Sampaiakn di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: