Honda Jazz Hybrid Facelift Muncul, Lebih Canggih dari CR-Z?

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Honda Jazz Hybrid Facelift Muncul, Lebih Canggih dari CR-Z?
0  komentar

AutonetMagz – Bagi para pecinta Honda, mungkin banyak dari kalian yang menunggu akan hadirnya Honda Jazz GK5 facelift 2017, terlebih setelah banyak beredar foto-foto Jazz facelift tersebut di luar sana. Nah, setelah lama menunggu dengan galau, Honda akhirnya meluncurkan Honda Jazz GK5 facelift 2017 terbarunya, tapi baru di negara tetangga, Malaysia.

Seperti yang dilansir oleh media otomotif Malaysia, Paultan, Honda Malaysia sudah merilis Jazz facelift 2017-nya yang bertempat di KL Convention Centre, Malaysia. Honda namun tidak hanya meluncurkan Jazz facelift biasa, namun ternyata meluncurkan Jazz versi hybrid-nya sekaligus.

Kita mulai dari versi hybrid dari subcompact hatchback Honda ini, Malaysia adalah negara satu-satunya selain negara asalnya, Jepang yang menerima Jazz dengan teknologi hybrid. Hal ini dikarenakan ada kebijakan di Malaysia tentang Energy Efficient Vehicle (EEV) yang memberikan insentif, serta bagaimana penerimaan masyarakat akan mobil hybrid di negara tersebut. Hmm… Disini kapan ya?

Jazz hybrid terbaru dipersenjatai dengan teknologi Sport Hybrid i-DCD system (Intelligent Dual-Clutch Drive) yang terdiri dari mesin bensin 1.500 cc , transmisi 7-percepatan kopling ganda dengan kopling kering yang terintegrasi dengan motor listrik dan baterai lithium-ion. Teknologi hybrid i-DCD system menggantikan sistem IMA (Integrated Motor Assist) yang Honda juga gunakan sebelumnya pada Honda CR-Z.

Oh iya, Honda juga menggunakan electric servo brake system pada jazz hybrid ini, berguna untuk regenerasi energi yang lebih baik kedalam baterai dan juga electric driven compressor. Mesin yang digunakan berbeda dengan mesin yang ada pada jazz bensin biasa, yaitu Atkinson cycle DOHC i-VTEC dengan tenaga 108 hp dengan torsi 134 Nm di 5.000 rpm. Jika dikombinasikan dengan tenaga yang dihasilkan motor listriknya yang bertenaga 22kW dengan torsi 160 Nm, mobil ini menghasilkan 135 hp dengan torsi 160 Nm.

Sedangkan mesin yang digunakan untuk Jazz bensin non hybrid adalah mesin bensin 1.500 cc dengan tenaga 118 hp  pada 6.600 rpm dengan torsi pada 4.600 rpm. Untuk urusan konsumsi BBM, Honda mengatakan Jazz hybrid dapat mencapai angka 25 km/l, sedangkan untuk yang non-hybrid dapat mencapai angka 17.2 km/l.

Tidak seperti mobil yang menggunakan teknologi IMA macam Honda CR-Z, Jazz hybrid terbaru dapat menyala langsung dengan mode EV yang semuanya full listrik tanpa mesin harus menyala, dan dapat langsung ‘kicks in yo’ secara instan. EV mode tanpa mesin dapat berjalan hingga kecepatan 80 km/h, dan saat berjalan secara halus pada kecepatan 40-50 km/h, Jazz ini dapat berjalan satu hingga dua kilometer tanpa mesin harus menyala.

Electric compressor berjalan dengan mengandalkan Li-ion battery-nya, yang artinya AC pada mobil tersebut dapat terus berhembus secara dingin dalam EV mode dengan kondisi mesin mati sekalipun, yang tidak dapat dilakukan pada mobil dengan teknologi IMA. Tidak seperti transmisi yang digunakan oleh Jazz Hybrid, Jazz bensin non-hybrid menggunakan transimisi CVT dengan Earth Dreams Technology yang dikombinasikan dengan paddle shift pada tipe teratas.

Berbicara soal tipe, ada 3 tipe yang disajikan oleh Honda Malaysia untuk jazz terbarunya, yaitu S, E dan V. namun hanya ada 1 tipe untuk Jazz hybrid yang setara dengan tipe E pada Jazz non-hybrid naming dengan tambahan beberapa bagian seperti unique meter panel dengan hybrid display (energy flow, Sport meter, Eco display gear selector yang berbeda, dan Cruise control.

Honda Jazz facelift ini dibanderol mulai dari RM74.800( sekitar 233 juta) untuk tipe S, dan RM88.400 (sekitar 275 juta-an) untuk tipe Bensin non-hybrid tipe V teratas. Sementara itu Jazz Hybrid dibanderol dalam kisaran RM87,500 (sekitar 272 juta-an) yang menjadikan Jazz Hybrid sebagai Mobil Dengan teknologi hybrid paling terjangkau di Malaysia. Yang berharap Honda Jazz GK 2017 hadir di Indonesia angkat tangannya!

Read Prev:
Read Next: