Resmi : Jeep Commander Lahir Kembali Sebagai Crossover

by  in  Berita & International & Jeep
Resmi : Jeep Commander Lahir Kembali Sebagai Crossover
0  komentar

Autonetmagz.com – Jeep bukanlah brand yang dikenal dengan pilihan SUV yang memiliki tiga baris. Kalaupun ada, tak banyak pilihan, karena pembuat mobil asal Amerika ini tak memiliki crossover murni dengan baris ketiga di line-up mereka. Jika Anda menginginkan Jeep dengan tujuh kursi, pilihannya hanya ada dua: Wagoneer dan Grand Wagoneer. Namun Jeep akan merubah semua hal itu dengan menambah produk baru pada tahun ini. Awal tahun ini, mereka mengunggah teaser sebuah model baru, tetapi mereka tidak memberikan banyak petunjuk tentangnya. Satu-satunya clue yang diberikan pada waktu itu adalah bahwa mobil ini akan memiliki kursi tiga baris. Bicara soal namanya, banyak desas-desus kalau mobil baru Jeep ini memakai nama Patriot sebelum menggunakan nama yang sudah resmi : Commander. Apa aja yang membuatnya terlihat diantisipasi? Cekidot.

Berbasis Compass, Tapi Naik Kelas

Sebelum membahas lebih lanjut, mari kita throwback sedikit soal mobil baru keluaran Jeep ini. Kalau bicara soal penggunaan nama Commander, nama ini sendiri sempat bocor waktu teaser pertama dirilis pada bulan April 2021. Berdasarkan teaser, petunjuk yang didapatkan adalah dua huruf terakhir dari namanya di pratinjau dan fakta bahwa itu sudah sempat digunakan di Tiongkok.

Jeep Grand Commander di China

Kembali ke topik, Crossover baru dari Jeep yang memiliki tujuh tempat duduk ini sudah sering terlihat di Brazil memakai kamuflase tebal, berdasarkan intipan mata dari kru Motor1 Brazil di São Paulo. Video teaser tersebut menunjukkan beberapa detail yang mengungkapkan bahwa mobil ini bukan hanya sebuah Jeep Compass dengan kursi tambahan. Karena desain bagian depannya lebih melengkung, grille yang lebih lurus dan lebih detail, bahkan lampu depannya adalah bagian eksklusif yang membedakannya dibandingkan Jeep Compass. Kalau ditilik teaser-nya lebih dekat, Jeep Commander versi internasional tidak akan sama persis dengan yang dijual di Tiongkok. Contohnya, lampu belakang tampak berbeda dari versi China, dan bentuk jendela belakang mengalir ke bawah alih-alih menekuk ke atas. Dari teaser itu, nampak Jeep ingin lebih menonjolkan model yang dijual di luar Tiongkok.

Jeep Commander ini bukanlah mobil yang 100% baru. Namun, ini akan menjadi debut pertama Jeep menggunakan nama itu di luar Tiongkok sejak mereka melahirkannya kembali beberapa tahun lalu dengan nama Grand Commander. Sebelumnya, Jeep Commander adalah full size ladder-frame SUV yang lebih besar dari saudaranya, Jeep Grand Cherokee. Dengan itu, diharapkan adanya perubahan di interior untuk melengkapi desainnya yang baru. Jeep Commander ini akan menggunakan platform yang sama dengan Jeep Renegade dan Jeep Compass, namun dengan modifikasi untuk baris ketiga, yang bisa disembunyikan di bawah lantai ketika tidak diperlukan.

Jeep Commander di masa lalu

Bagaimana Spesifikasi dan Fitur Yang Ditawarkannya?

Jeep Commander yang akan debut secara resmi pada kuartal kedua 2021 menyediakan dua opsi mesin yang bisa anda pilih, yakni mesin bensin turbo 1300cc dan diesel turbo 2000cc yang memiliki tenaga lebih besar daripada yang digunakan di model lainnya. Apabila itu kurang menggoda, Jeep mengklaim bahwa Crossover baru ini akan menjadi salah satu model paling modern yang diproduksi di Brazil. Demi mengikuti zaman, pastinya anda mengharapkan bahwa Jeep Commander ini bertabur dengan berbagai fitur seperti Adaptive Cruise Control, Lane Departure Warning, Blind Spot Warning, Emergency Braking Assist, dan sistem multimedia Jeep terkini dengan konektivitas 4G dan Wi-Fi onboard dengan fitur favorit millenial yang menjadi kewajiban: Apple CarPlay dan Android Auto, dan kedua-duanya sudah wireless.

Apabila Jeep Commander ini bisa sukses di Brazil, bisa dikatakan ada peluang bagi Jeep Commander ini untuk dijual di Indonesia, karena memiliki formula yang sangat Indonesia: “7-seater“. Sulit untuk membantah bahwa 7-seater ini merupakan salah satu syarat tidak langsung untuk membuat mobil laku di pasaran. Apa komentar kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: