Mau Shockbreaker Lebih Awet? Simak Tips dari Yamaha STSJ Berikut Ini!

by  in  Berita & Merek Motor & Nasional
Mau Shockbreaker Lebih Awet? Simak Tips dari Yamaha STSJ Berikut Ini!
0  komentar

AutonetMagz.com – Shockbreaker atau yang lazimnya disebut peredam kejut merupakan salah satu komponen yang penting dalam berkendara. Komponen ini berperan untuk meredam getaran atau guncangan yang ditemui ketika kendaraan sedang berjalan. Maka dari itu, jika komponen tersebut tidak berfungsi dengan semestinya, perjalanan pasti akan terasa tidak nyaman karena tidak ada yang meredam kondisi jalan.

Mudah dan Bisa Dilakukan Sendiri

Setiap pengendara sepeda motor wajib mengetahui cara merawat shockbreaker, perawatan shockbreaker bisa dibilang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Cukup memperbaiki habit dalam membawa kendaraan saja sebenarnya sudah bisa untuk merawat komponen tersebut. Berikut merupakan tips yang diberikan oleh Yamaha STSJ, sebagai berikut :

  1. Bila anda sedang mencuci sepeda motor, bersihkan juga bagian shockbreaker. Shockbreaker yang kotor berpotensi menyebabkan seal lecet. Hal ini dapat menyebabkan kebocoran oli shockbreaker
  2. Pilihlah rute jalan dengan jalan yang mulus, karena kondisi jalan yang mulus akan mengurangi kinerja shockbreaker. Sedangkan kondisi jalanan yang tidak rata, akan membuat shockbreaker bekerja lebih keras dan mempengaruhi performa komponen lainnya pada motor, seperti ban. 
  3. Hindari menambahkan anting atau peninggi shockbreaker. Penggunaan anting pada shockbreaker juga akan mengurangi performa pada komponen lainnya seperti dudukan shockbreaker. Lebih baik ganti shock yang lebih tinggi sekalian
  4. Pastikan untuk selalu mengecek tabung silinder pada shockbreaker depan. Sebab posisi shockbreaker di bagian depan menyebabkan intensitas paparan debu lebih besar. 
  5. Barang bawaan yang banyak juga akan mempengaruhi performa shockbreaker, pastikan anda tidak membawa barang berlebih agar tidak membebani shockbreaker

Rutin ganti Oli Shockbreaker

Selain itu, jangan lupa untuk rutin mengganti oli pada shockbreaker secara berkala. Ini merupakan kuncian utama pada perawatan komponen. Umumnya penggantian oli shockbreaker dilakukan dalam kurun waktu setiap 2-3 tahun sekali tergantung pemakaian. Apabila komponen sudah dirasa tidak nyaman saat digunakan, anda bisa mengeceknya di bengkel resmi terdekat.

Layaknya komponen lainnya, Shockbreaker ini juga berperan penting dalam memberikan kenyamanan. Perawatan Shockbreaker juga bisa dibilang mudah dan bisa dilakukan sendiri. Jadi tidak ada alasan bagi konsumen untuk tidak merawat komponen ini. Pastinya untuk menunjang keselamatan para pengendara ketika berada di jalan,” ungkap Ilham Wahyudi, General Manager Service & Spare Part PT. Surya Timur Sakti Jatim (Yamaha STSJ).

Read Prev:
Read Next: