Good Bye Audi TT : Terjual 662 Ribu Unit Selama 25 Tahun

by  in  Audi & Berita & International
Good Bye Audi TT : Terjual 662 Ribu Unit Selama 25 Tahun
0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi kalian para pecinta otomotif, nampaknya hampir mustahil jikalau kalian tidak mengenal Audi TT. Sebuah sport car 2 pintu yang ikonik di akhir tahun 90 an yang masih bertahan hingga tahun ini. Walaupun begitu, Audi TT pun pada akhirnya juga harus menyerah dengan keadaan dan disinilah titik finish dari perjalannya terjadi. Yap, unit terakhir dari Audi TT telah diproduksi dan menandai berakhirnya produksi Audi TT untuk pasar global. Yuk kita bahas.

Unit Terakhir Telah Diproduksi

Sebenarnya, kabar mengenai akan disuntik matinya Audi TT bukanlah kabar baru. Sejak beberapa tahun lalu, kabar mengenai disuntik matinya Audi TT sudah banyak beredar. Harus kita akui bahwa Audi memang memiliki fokus baru dalam hal produk, termasuk model SUV dan juga elektrifikasi. Mereka pun mau tak mau harus menata kembali resources mereka untuk mendukung strategi SUV dan elektrifikasi. Termasuk mengorbankan model-model yang niche dan small volume, termasuk Audi TT. Sebuah postingan instagram dari Audi Jerman pun memperlihatkan sebuah unit Audi TTS dengan karangan bunga di atasnya dan ucapan perpisahan pada sportcar ikonik mereka.

Sejarah Audi TT

Audi TT sendiri menuntaskan 25 tahun lebih masa pengabdiannya dengan total 662.762 unit yang telah diproduksi. Audi TT pertama kali diproduksi pada 18 Februari 1998 di pabrik Audi yang berlokasi di Györ, Hungaria. Selama diproduksi, Audi TT telah hadir dalam 3 generasi. Audi TT Mk1 berkode 8N muncul di tahun 1998 hingga 2006 dan sukses memberikan panggung spesial bagi Audi kala itu. Sebuah sportcar dan roadster 2 pintu yang cantik dan harganya cukup terjangkau di eropa kala itu. Btw, desainer dari Audi TT adalah Peter Schreyer lho. Audi TT Mk2 sendiri hadir sejak pertengahan tahun 2006 dan bertahan hingga tahun 2014. Model berkode 8J ini tampil lebih cantik dan mature.

Di generasi kedua inilah muncul varian TTS yang memiliki opsi mesin yang lebih powerful. Pun begitu dengan opsi Audi TT RS yang jadi varian terkencang dari Audi TT. Dan finalnya, Audi TT Mk3 berkode 8S / FV pun diproduksi di akhir tahun 2014 yang sekaligus jadi Audi TT dengan usia terpanjang yaitu 9 tahun. Sejak tahun lalu, Audi juga sudah memperkenalkan varian final edition untuk beberapa negara seperti Jepang, US, dan UK. Dalam foto di unggahan Audi Jerman, mereka juga ikut menyertakan the original Audi TT dan generasi kedua mobil tersebut. Dalam postingan tersebut juga terlihat banyak fans Audi yang menyayangkan keputusan Audi untuk menyuntik mati mobil ini.

Beredar juga rumor bahwa ada kemungkinan Audi TT bisa comeback sebagai crossover listrik yang sporty. Namun, sampai detik ini, rumor tersebut masih mentah dan belum ada petunjuk apapun ke arah sana. Jadi, good bye Audi TT. Bagaimana menurut kalian? Ada pengalaman dengan mobil ini?

Read Prev:
Read Next: