Euro7 : Masa-Masa Terakhir Bagi Mesin Pembakaran?

by  in  Berita & International
Euro7 : Masa-Masa Terakhir Bagi Mesin Pembakaran?
0  komentar

AutonetMagz.com Cepat atau lambat kita tahu bahwa sepertinya waktu yang diberikan bagi mesin pembakaran internal (Internal Combustion Engine alias ICE) akan segera habis. Yap bisa dibilang itu sebagai pertanda awal dari era electric vehicles (EV) dan akhir bagi era kendaraan konvensional apalagi ketika ketatnya standar emisi Euro 7 nantinya sudah diterapkan.

Bahkan Komisi Uni Eropa mengakui bahwa standar emisi baru akan menjadi aturan terakhir untuk kendaraan konvensional sebelum beralih ke alternatif emisi rendah dan zero emission, sehingga kita dapat memastikan pemulihan zona hijau yang sehat demi atasi pandemi covid-19 dan krisis iklim. Memang transportasi adalah biang utama polusi udara apalagi bagi kota-kota besar nan sibuk seperti Jakarta misalnya. Hal tersebut makin terlihat jelas ketika udara jadi lebih bersih saat kita melakukan PSBB ketat karena covid-19. 

Lantas standar emisi Euro 7 ini diharapkan menjadi sebuah langkah yang diperlukan dalam mengatur batas emisi kendaraan konvensional dalam mengurangi polusi udara, sehingga para pabrikan otomotif “dipaksa” untuk menggenjot produksi kendaraan listrik sepenuhnya atapun plug-in hybrid karena jadi pilihan transportasi yang paling sehat, lebih sedikit polusi, dan paling efisien. 

Bagaimanapun, terlepas dari kapan norma-norma baru ini mulai berlaku dan seberapa ketatnya, hari-hari mesin pembakaran internal sudah terlihat jelas akan segera berakhir dan elektrifikasi kendaraan makin digencarkan.

Bagaimana kalau menurut kalian? Tulis di kolom komentar! 

Read Prev:
Read Next: