Daihatsu Ajak Sahabat Komunitas Kunjungi Pabrik Perakitan di Karawang

by  in  Berita & Daihatsu & Merek Mobil
Daihatsu Ajak Sahabat Komunitas Kunjungi Pabrik Perakitan di Karawang
0  komentar

AutonetMagz.com – Pada hari Sabtu, 22 Juli 2023 lalu, PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengajak Sahabat Klub untuk mengunjungi salah satu pabrik perakitan yang berlokasi di belokasi di Kawasan Industri Surya Cipta, Karawang Timur. Kegiatan bertajuk Daihatsu Official Club Plant Visit ini diikuti oleh lebih dari 90 peserta yang merupakan perwakilan dari 21 Komunitas resmi sahabat Daihatsu. Kegiatan ini bertujuan untuk mengedukasi peserta tentang bagaimana proses suatu mobil itu dibuat.

Fun Fact Mengenai Pabrik

Sebagai informasi, Pabrik perakitan Karawang Assembly Plant merupakan pabrik ke-5 yang dibangun ADM. Setelah sebelumnya ada Sunter Press Plant yang diresmikan pada Mei 1978, menyusul Karawang Engine Plant pada 1983, Karawang Casting Plant pada 1997, dan Sunter Assembly Plant pada 1998. Fasilitas Karawang Assembly Plant berdiri di atas lahan seluas lebih dari 90 hektar dengan kapasitas produksi 200.000 unit per tahun.

Daihatsu menerapkan konsep SSC (Simple, Slim & Compact) dalam merakit produk-produknya. Fasilitas perakitan ini memiliki 5 tahapan dalam pembuatan mobil Daihatsu dari awal hingga menjadi mobil secara utuh yang siap didistribusikan, diantaranya:

  1. Press Shop: Lembaran plat baja di bentuk oleh mesin press sehingga menjadi bagian body mobil.
  2. Body Shop: Proses pengelasan (welding) dimana bagian-bagian mobil disatukan menjadi satu bagian utuh dengan menggunakan teknologi robotik.
  3. Painting Shop: Pengecatan Mobil dengan teknologi robotik
  4. Assembly Shop: Proses perakitan mobil dan pemasangan spare parts dengan sistem terintegrasi
  5. Quality Shop: Pengecekan kualitas kendaraan, meliputi kualitas pengecatan bodi, fungsi kendaraan, water leakage (kebocoran air), dan sebagainya sebelum didistribusikan kepada pelanggan.

Tanggapan Penyelenggara dan Peserta

Semoga acara ini dapat memberikan pengalaman yang berkesan, sekaligus gambaran menyeluruh kepada para pelanggan Sahabat Klub tentang bagaimana proses membuat sebuah kendaraan dari awal sampai dengan dapat dinikmati pelanggan. Daihatsu senantiasa berusaha menyediakan pilihan produk berkualitas sesuai dengan kebutuhan pelanggan,” ujar Roberto Bellarmino, selaku Head Karawang Assembly Plant Production Division dari PT Astra Daihatsu Motor.

Kami mengapresiasi Daihatsu atas kesempatan berkunjung ke pabrik terbesar di Karawang. Pengalaman ini benar-benar luar biasa bagi kami, sekaligus menambah wawasan untuk lebih mengerti tahapan dalam proses pembuatan mobil dari awal hingga bisa kita nikmati.” ungkap Tien, sebagai perwakilan member dari komunitas Calya Sigra Club (CALSIC) yang hadir pada acara kunjungan Daihatsu Plant Visit di Karawang.

Read Prev:
Read Next: