Hijaukan Lingkungan, Yamaha Tanam Ribuan Mangrove di Pantai Indah Kapuk

by  in  Berita & CSR & Merek Motor
Hijaukan Lingkungan, Yamaha Tanam Ribuan Mangrove di Pantai Indah Kapuk
0  komentar

AutonetMagz.com – Yamaha terus berupaya dalam mencapai target Carbon Neutral untuk menjaga keberlangsungan lingkungan hidup. Upaya tersebut ditunjukkan melalui aktivitas penanaman ribuan pohon mangrove yang dilakukan di Kawasan Ekowisata Mangrove Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara. Seremoni penanaman pohon mangrove ini juga bertepatan dengan Hari Mangrove Sedunia yang diadakan pada 26 Juli 2023.

Tujuan dari Program

Kegiatan yang bertajuk “Indonesia Sustainability” dalam bentuk penanaman pohon Mangrove ini merupakan bagian dari program Yamaha Biodiversity Care. Tujuan dari program tersebut adalah untuk menekan emisi karbon melalui penguatan konservasi lingkungan dan keanekaragaman hayati. Hal ini selaras dengan visi jangka panjang Yamaha dalam menekan emisi karbon hingga 0% atau Net Zero Carbon.

Penanaman pohon mangrove dapat memberikan dampak signifikan terhadap lingkungan. Pasalnya, mangrove mampu menyerap sekitar 1,300 ton CO2 per tahunnya. Selain aktivitas penanaman pohon mangrove, upaya Yamaha dalam mendukung pelestarian lingkungan juga dilakukan dengan menanam ragam varietas bambu. Kegiatan tersebut telah dimulai di Sumedang, Jawa Barat dengan total 1,600 bambu dan akan terus bertambah.

Kegiatan Ramah Lingkungan Lainnya

Sementara itu, pada sisi pemanfaatan energi ramah lingkungan, Yamaha sudah melakukan pengalihan dari industri berbasis energi fossil ke industri berbasis renewable energy atau fossil free secara bertahap. Implementasi cakupannya dimulai dari 15% di tahun 2022 dan sedang disusun bekerja sama dengan PLN menuju 2026 ditargetkan total kapasitas renewable energy bisa mencapai mencapai 6750 kWp. Itu artinya, pabrik Yamaha nantinya akan mampu mereduksi emisi pabrik minimal 9,600 ton CO2/tahun.

Yamaha akan terus berkomitmen menangani keanekaragaman hayati secara sistematis. Caranya adalah dengan menumbuhkan pola pikir ramah lingkungan dan mengambil inisiatif yang lebih besar dari waktu ke waktu. Yamaha juga akan berusaha mempromosikan kegiatan konservasi secara proaktif untuk melindungi dan memelihara lingkungan alam sekitar selaras dengan aktivitas Environmental Social Governance (ESG).

Read Prev:
Read Next: