Bentuk Apresiasi Budaya Indonesia, Vespa Batik Dipajang di Museum Batik! 

by  in  Berita & Merek Motor & Nasional
Bentuk Apresiasi Budaya Indonesia, Vespa Batik Dipajang di Museum Batik! 
0  komentar

AutonetMagz.com –  Sebagai bentuk apresiasi dan penghormatan akan Budaya Indonesia, PT Piaggio Indonesia menampilkan Vespa Batik di Museum Batik Indonesia. Hal ini menyatukan dua ikon dan warisan budaya, yakni Vespa dari Italia dan Batik dari Indonesia. Selain itu, Vespa Batik juga merupakan model Vespa pertama yang diproduksi di fasilitas tersebut untuk merayakan budaya ikonik yang menjadi ciri khas Indonesia.

Filosofi Motif Batik

Vespa Batik yang ada di Museum Batik Indonesia bernomor seri 1002, melambangkan Hari Batik Nasional yang diperingati pada tanggal 2 Oktober. Setiap pola batik yang disematkan terinspirasi dari berbagai latar belakang dan tradisi yang mewakili filosofi budaya Indonesia yang menarik sebagai negara kepulauan, mulai dari ujung barat hingga ujung timur nusantara. 

Pola batik tradisional yang digunakan ialah ‘Tambal Jagad’ sebagai motif utama yang tersemat di bodi dan aksesori seperti helm dan topbox. Pola utama menggambarkan kolase dari tujuh motif batik, yaitu Perisai (Kalimantan), Megamendung (Jawa Barat), Ayam Kasuari (Papua), Sokowani (Sumatera), Tenun Ikat Menjangan (Nusa Tenggara), Kawung (Jawa Tengah), dan Poleng (Bali).

Dari Indonesia, Untuk Indonesia

Dibalut filosofi dari Batik Indonesia, dirakit di Cikarang dan dipasarkan di Indonesia, Vespa Batik benar-benar mewujudkan semangat “Dari Indonesia, Untuk Indonesia”. Managing Director and Country CEO PT Piaggio Indonesia, Marco Noto La Diega, mengatakan, “Kehadiran Vespa Batik di Museum Batik Indonesia menegaskan kembali dedikasi kami dalam mengapresiasi arti penting Batik sebagai salah satu warisan budaya Indonesia. Kami bangga dan berterima kasih atas kesempatan yang diberikan bagi Vespa Batik untuk tampil di Museum Batik Indonesia karena kami percaya inisiatif ini akan menjaga perbincangan yang berkelanjutan tentang Batik dari generasi ke generasi.

Read Prev:
Read Next: