Akio Toyoda : CEO Merek Mobil Pertama di Tubuh FIA, Jadi Apa?

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Akio Toyoda : CEO Merek Mobil Pertama di Tubuh FIA, Jadi Apa?
0  komentar

AutonetMagz.com – Kalau kalian pecinta brand Toyota garis keras, maka nama Akio Toyoda jelas tidak akan asing di telinga kalian. Yap, Akio Toyoda adalah CEO di salah satu brand mobil terbesar yang ada saat ini yaitu Toyota Motor Corporation (TMC). Selain menjadi CEO, ia juga memiliki kegemaran dibidang olahraga otomotif sampai akhirnya ia pun ikut serta dalam ajang balap di sirkuit hingga balap rally dengan codename ‘Morizo’. Nah, kali ini Toyoda-san memiliki peran baru di dunia otomotif, sesuai dengan judul di atas. Yuk kita bahas.

CEO Brand Otomotif Pertama di FIA

FIA baru-baru ini mengumumkan bahwa ada empat anggota baru yang bergabung ke dalam FIA sebagai bagian dari restrukturisasi federasi di bawah presiden baru yaitu Mohammed Ben Sulayem. Nah, Akio Toyoda adalah salah satu dari keempat anggota baru yang masuk ke dalam FIA. Ia menjadi CEO otomotif pertama dan satu – satunya yang bergabung ke dalam FIA. FYI, FIA atau Fédération Internationale de l’Automobile adalah asosiasi non-profit yang mewakili kepentingan individu dan organisasi otomotif. Lantas, posisi apa yang diisi oleh Toyoda-san? FIA hanya menjelaskan bahwa Toyoda-san adalah anggota independen yang bergabung, dan tak dijelaskan apa tugas beliau sejauh ini.

Toyota sendiri memiliki peran penting dalam segmen otomotif saat ini, khususnya di segmen motorsport. Dengan masuknya Toyoda ke dalam FIA, perusahaan otomotif tersebut nampaknya akan memainkan peran yang lebih besar lagi di bidang motorsport yang dinaungi oleh FIA.  Toyota merupakan salah satu dari tiga pabrikan yang bekerja sama dengan FIA dengan Kejuaraan Reli Dunia sebagai bagian dari era hybrid baru. Yap, kehadiran Toyota GR Yaris juga merupakan ambisis Toyota untuk menciptakan mobil WRC yang mumpuni. Produsen mobil asal Jepang ini juga berpartisipasi dalam Kejuaraan Ketahanan Dunia dan balapan di kelas hypercar baru. Di Jepang, mereka bahkan memiliki mobil balap Corolla bertenaga hidrogen untuk bersaing di Super Taikyu untuk balapan tanpa emisi.

Toyota Punya Agenda Khusus?

Hingga saat ini belum terlihat efek dari pengaruh Toyoda terlibat ke dalam FIA, tetapi satu hal yang pasti Toyota sendiri berharap menjadi lebih terlibat dalam olahraga otomotif global. Karena mereka menjadi salah satu pemegang terbesar di pasar otomotif dunia, namun masih belum terlalu terlihat keterlibatan mereka pada olahraga otomotif dunia. Dalam waktu dekat ini, Toyota juga akan memperkenalkan Toyota GR Corolla yang nampaknya juga sangat mungkin berpartisipasi di sejumlah ajang balap. Belum lagi proyek Toyota GR GT3 Concept yang juga menarik untuk dikulik lebih dalam.

Jadi, bagaimana tanggapan kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: