Geneva Motor Show 2017 : Line-up Mobil Yang Unjuk Gigi [Part 4]

by  in Berita&Event&Hot Stuff
Geneva Motor Show 2017 : Line-up Mobil Yang Unjuk Gigi [Part 4]
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelaran Geneva Motor Show (GMS) 2017 sebentar lagi akan dihelat. Pameran terbesar dan termegah seantero muka bumi ini seringkali dijadikan ajang bagi pabrikan mobil untuk memperkenalkan mobil baru maupun mobil konsepnya. Ini merupakan bagian keempat dari artikel part 1 , part 2 dan part 3 sebelumnya. Mari simak uraian dibawah ini!

Subaru

Subaru XV akhirnya muncul juga ke khalayak ramai. XV kini telah mengadopsi Subaru Global Platform dan dilengkapi sejumlah fitur seperti Active Torque Vectoring dan Symmetrical AWD system serta mesin boxer 2.000 cc naturally aspirated dengan 4 silinder. Berita lengkapnya ada disini.

Suzuki

Setelah terdapat bocoran gambar disana-sini, akhirnya Suzuki menampilkan All New Swift. Berbekal mesin 1.200 cc dan 1.000 cc turbo, Swift akan digandengkan dengan transmisi CVT pada varian automatic-nya. Andalan Suzuki kali ini adalah pada fitur keselamatannya yang mencakup collision-mitigation system, high-beam assist, dan adaptive cruise control.

TAMO

Di Indonesia, Tata Motors dikenal sebagai pick-up niaga hingga angkutan perkotaan alias angkot. Namun  Tata telah mengubah image-nya dengan memamerkan mobil sport pada GMS. Sportscar ini berpintu 2, bermesin tengah dan bermesin turbo. RACEMO akan menjadi salah satu mobil yang tidak cuma kencang, namun juga inovatif dan canggih, sangat prospektif. Produksi pertama akan terbatas pada 250 buah saja dan diperkirakan sudah dapat dipesan pada pertengahan 2018. Selengkapnya dapat anda baca disini.

Techrules

Techrules akan meluncurkan versi produksi dari supercar yang mereka namakan Ren. Ren nantinya akan memiliki posisi mengemudi ditengah dan atap kanopi seperti di pesawat tempur. Brand asal RRC ini memiliki konfigurasi pilihan 2, 3, 4, dan 6 motor listrik yang dipadukan dengan mesin turbin diesel. Pada varian terkencang tenaganya akan berada di angka 1.287 hp, torsi 2.340 Nm dan akselerasi 0-100 km/h berada di angka 2,5 detik. Sistem charge ulang dari mobil ini juga unik karena memiliki sistem layaknya pesawat terbang yakni micro-turbine generator. Teknologi ini memungkinkan pengisian hingga 80% hanya dalam 15 menit saja! Secara jarak tempuh, jangan anggap remeh, Techrules Ren dapat melaju hingga 2.000 km pada 80 liter BBM.

Toyota

Toyota akan menampilkan i-TRIL pada GMS nantinya. Kendaraan listrik yang unik ini sudah pernah kami bahas beserta teknologi ‘ActiveLean’-nya pada artikel Toyota i-TRIL Concept : Calon Self-Driving Car 3 Roda. Sayangnya artikel terdahulu tidak menampilkan wujud i-TRIL yang ada di GMS tahun ini. Menurut kami sebaiknya model pada artikel tersebut dinamakan i-TRIL saja dan yang versi 4 roda ini menjadi i-ROAD, ya setidaknya bisa dicerna hanya dari nama saja. Artikel selengkapnya dapat dilihat disini.

Lalu Toyota juga akan memamerkan Yaris versi Eropa yang kata kebanyakan orang lebih cakep daripada Yaris Lele. Dengan 900 parts baru pada Yaris baru, sisi keamanan dan performa akan meningkat pastinya. Lampu dengan desain baru, grill trapezoid, buritan yang baru, bumper serta penambahan LED membuat Yaris ini makin segar. Berita tentang Yaris baru ini sudah pernah juga kami bahas pada artikel Toyota Yaris Facelift Versi Eropa Punya Mesin Baru dan Varian Hybrid.

Tidak hanya versi standar, yaris juga akan muncul dengan varian GRMN, yang artinya ‘Gazoo Racing Masters of the Nurburgring’. Yaris kencang ini baru saja kami bahas pada Toyota Yaris GRMN.

Volvo

Volvo, brand yang kembali bermain di Indonesia, akan menampilkan generasi terbaru dari XC-60 yang merupakan sebuah mid-SUV. Lampu seperti palu Thor tetap hadir seperti layaknya identitas Volvo kekinian. Tenaga datang dari mesin bensin maupun diesel yang dilengkapi turbocharger dan sistem hybrid pada mesin berkapasitas 2.000 cc. Pada varian tertinggi XC 60 akan memakai mesin T8 Twin Engine plug-in hybrid yang memiliki 407 hp yang dapat berakselerasi 0-100 km/h dalam 5,3 detik saja. Mesin diesel yang diusung pun dapat mengeluarkan 190 hp pada varian D4, dan 235 hp pada D5.

Volks Wagen

VW Arteon merupakan premium mid-size car yang berada dibawah VW Passat. VW mengatakan bahwa Arteon akan memiliki kabin yang sangat lega di setiap barisnya. VW Arteon secara lebih rinci ada di artikel ini.

Tiguan Allspace juga akan menjadi bintang pada GMS tahun ini. Dengan mengisi celah antara Tiguan dan Touareg, Allspace memberikan ruang yang lebih lega serta kursi untuk 7 penumpang. Wheelbase yang bertambah 10,9 cm serta bodi yang lebih panjang 21,5 cm menjadi kunci atas kelegaan kabinnya. Nantinya Tiguan Allspace akan dijual dengan opsi standar atau dengan proteksi offroad. Selain itu pada varian Allspace terdapat roof rail, LED headlights, keyless access dan layar 9,2” yang dilengkapi gesture control. Hadir dengan varian FWD maupun AWD, serta tenaga pada mesin bensin berkisar antara 147 hp hingga 216 hp. Pada unit mesin diesel tenaga akan berada pada rentang 148 hp hingga 236 hp. Sistem keamanan barunya meliputi Traffic Jam Assist with stop-and-go functionality, City Emergency Braking and Pedestrian Monitoring, Trailer Assist dan lainnya.

Selanjutnya dari segi mobil konsep, VW akan membawa mobil yang berbasis VW Golf, mereka menamainya T-Roc. Crossover ini akan mempunyai 3 pintu dan memiliki varian mesin yang sama dengan Golf. Masih belm pasti apakah aka nada varian hybrid maupun fully electric pada T-Roc. Melihat modelnya kok siluet Scirocco ya? Apa maksudnya T-Rocco?

Kabar gembira hadir dari VW, akhirnya mereka meluncurkan varian penerus VW Combi yang legendaris itu. Dengan basis mobil listrik, mobil ini memiliki tenaga sebesar 201 hp, kecil? Ternyata itu hanya pada 1 roda, jika digabungnkan, total tenaga yang dapat dikeluarkan dapat mencapai 369 hp. Akselerasi juga dapat diraih dalam waktu 5,1 detik saja. Pada masa depan mobil ini akan di set untuk menjadi self-driving car dengan sistem charging yang cepat dan mutakhir. Daya tarik sesungguhnya tetap saja di desainnya yang retro bercampur futuristik.

Terakhir, VW menampilkan kendaraan yang hanya berisi kabin penumpang dan bertajuk self-driving car level 5, bagi Anda yang belum tahu perumpamaan level 0-5 dari self-driving car, anda dapat melihat artikel tentangself-driving caryang pernah kami lansir. Sedric (SElf-DRIving-Car) merupakan perwujudan mobil tanpa pengemudi yang sesungguhnya. Layaknya film fiksi ilmiah, tinggal memencet 1 tombol saja yang mereka sebut Button dan mobil akan berjalan ketempat Anda, ya ngga usah jauh – jauh deh, mirip Audi R8-nya Tony Stark pada film Avengers 2. Fitur ini lebih canggih karena berbasis GPS dan dengan task sederhana seperti vibrasi dan warna lampu, anda akan tahu apa maksud indikator di ‘Button‘ tersebut. Kabinnya sendiri nampak seperti Lounge yang dapat menampung hingga 4 orang saling berhadapan. Lucunya seperti ada pembeda kasta pada mobil ini, sisi belakang diberikan tempat duduk yang nyaman, sedangkan sisi berlawanan diberi bantalan udara saja. Hmm, kasian juga sudah mendapat orientasi upnormal, penumpang depan akan lebih sering terhempas saat mobil berakselerasi. Btw, kalau diperhatikan kok mirip hewan peliharaan ya?

Zenvo Automotive

Zenvo Automotive akan memamerkan hypercar spesial mereka bernama TS1 GT yang bermesin V8 5.800 cc twin supercharger bertenaga 1,163 hp dan mempunyai torsi sebesar 1,100 Nm dengan topspeed sangat tinggi, mencapai 402 km/h dan akselerasi 2,8 detik saja. Pabrikan asal Denmark ini akan memakai winglet depan dari bahan carbon fiber dan sekujur Zenvo ini akan dicat spesial dengan warna biru spesial yang akan membuat Zenvo memiliki daya tarik tersendiri pada GMS.

The End…..?

Read Prev:
Read Next: