Geneva Motor Show 2017 : Line-up Mobil Yang Unjuk Gigi [Part 2]

by  in Berita&Citroen&Ferrari
Geneva Motor Show 2017 : Line-up Mobil Yang Unjuk Gigi [Part 2]
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelaran Geneva Motor Show (GMS) 2017 sebentar lagi akan dihelat. Pameran terbesar dan termegah seantero muka bumi ini seringkali dijadikan ajang bagi pabrikan mobil untuk memperkenalkan mobil baru maupun mobil konsepnya. Ini merupakan bagian kedua dari artikel part 1 sebelumnya. Sebaiknya, sebelum membaca ini ada baiknya Anda siapkan kopi atau teh sambil duduk santai sembari nyemil – nyemil karena kami akan menampilkan banyak mobil. Mari simak uraian dibawah ini!

Citroen

Citroen akan menunjukkan crossover mereka yang bernama C-Aircross, SUV berbasis dari C3 Picasso yang merupakan sebuah MPV. Meskipun berbasis MPV, dimensi dari C-Aircross kurang lebih mirip Nissan Juke. Dibekali beragam fitur dan pemanis di eksterior, mobil ini ternyata secara mendasar tidak berpenggerak AWD. Untuk menyiasatinya Citroen memberikan sistem untuk mode berkendara yakni: Standard, Sand, Off-Road, Snow dan ESP Off.

Selain itu Citroen akan menampilkan mobil SpaceTourer 4×4 Ë Concept. Berbasis dari tipe XS, SpaceTourer memiliki sistem penggerak AWD dan penampilan yang sangat menunjukkan bahwa ia mampu untuk diajak ber-offroad ria. Berbekal mesin diesel BlueHDi 150 dan transmisi 6 percepatan, akankah mobil ini segera masuk jalur produksi?

Dacia

Dacia merupakan salah satu pabrikan yang mungkin kurang familiar di telinga kita, karena basis GMS adalah Eropa maka Dacia pastinya mengambil kesempatan untuk berinovasi pada GMS 2017. Kali ini Dacia menampilkan Logan MCV Stepway sebagai MPV yang akan menyasar keluarga. Nantinya aka nada 2 pilihan mesin yakni bensin dan diesel dengan tenaga yang biasa saja. Selebihnya tidak ada yang spesial dari mobil ini selain gimmick di bagian interior dan ubahan aksesori eksterior.

Dendrobium

Perusahaan mobil listrik asal Singapura ini akan meluncurkan hypercar electric-nya pada GMS tahun ini. Jika melihat dari desainnya, mobil ini nampak tidak ingin main – main, pada interior semuanya berbasis digital dari cluster instrument hingga speedometer. Dibangun dari struktur sasis monokok yang terbuat dari carbon fiber, tenaga yang dihasilkan juga mencapai 1.500 hp.

DS Automobiles

DS Automobiles akan menampilkan mobil mewah nan canggihnya yang bernama DS 7 Crossback. Mobil ini dilengkapi dengan fitur autonomousdriving dan memiliki fitur lampu yang canggih. Detail – detail pada mobil ini dikatakan sangat rapi dan menjadi salah satu andalan dari segi produksinya. DS 7 memakai mesin hybrid yang apabila digabung dengan mesin listriknya akan menghasilkan tenaga diatas 300 PS. Dipadu dengan transmisi 8 percepatan dan baterai, mobil ini juga dilengkapi sistem penggerak AWD. Fitur unggulan lainnya adalah DS Park Pilot yang memungkinkan parkir tanpa perlu memegang setir maupun menginjak pedal gas dan rem.

Elextra

Elextra merupakan salah satu saingan dari Tesla yang mengkhususkan dirinya untuk memproduksi mobil listrik. Kali ini Elextra akan menampilkan supercar 4 pintu, 4 tempat duduk dan desain yang pipih dan mungkin bukan selera semua orang. Waktu untuk berakselerasi 0-100 km/h ditempuh hanya 2,3 detik! Ingin menyaingi akselerasi Tesla Model S ya sepertinya. Mobil ini nantinya akan diproduksi 100 unit dan masih banyak yang belum bisa diketahui selain melihat GMS nantinya.

Ferrari

Sebagai pabrikan supercar terkenal yang sukses akan varian F12-nya, Ferarri tidak bosan – bosannya selalu menampilkan mobil yang lebih powerful dari yang sudah powerful, Ferrari 812 Superfast. Mesin 6.500 cc akan digunakan dan masih naturally aspirated lho. Mesin V12 ini nantinya akan menghasilkan tenaga 800 PS dan torsi sebesar 718 Nm dipadu dengan transmisi otomatis dual clutch 7 percepatan. Diklaim percepatan 0-100 km/h hanya butuh 2,9 detik saja dan topspeed mencapai 340 km/h. Kami juga pernah membahas mobil ini pada artikel Ferrari 812 Superfast.

Fiat

Pada GMS tahun ini Fiat akan memberikan varian edisi spesial kepada 124 Spider, mobil yang berbagi platform dengan Mazda MX-5 ini dibuat untuk memperingati model yang sama 36 tahun lalu yang di desain oleh Pininfarina. Velg 17”, warna merah khusus, kursi kulit, MID 7”, premium speaker dari Bose, stir berbalut kulit, cruise control, keyless entry, kamera mundur dan lampu ful LED menjadi opsi yang melengkapi mobil roadster ini.
Selanjutnya Fiat juga akan memamerkan edisi spesial dari Fiat 500X dan Tipo. Edisi ini menampilkan versi kalem dan garang dari 500X , dengan sejumlah penambahan detail pada spoiler, cover spion, pintu dan lampu belakang, mobil ini akan tampak berbeda dengan versi standar. Mobil ini juga dilengkapi dengan mesin 1.400 cc yang mengeluarkan tenaga 138 hp, dipadu dengan transmisi otomatis dengan kopling ganda.

Tipo Hatch S-Design akan menemani 500X dengan kelengkapan berupa Piano Black trim grille, bi-xenon headlights, new 18-inch alloy wheels, tinted rear windows, dan pilihan 4 warna bodi. Tipo akan memiliki tenaga diantara 110 PS – 120 PS dari 4 pilihan mesin yang berbeda.

Untuk Fiat 500, tipe legendaris Fiat, akan ada varian khusus dalam rangka meperingati 60 tahun Fiat. Dengan penambahan nama Sessantesimo yang artinya ke-60, Fiat hanya akan memproduksi 560 unit saja. Mesin yang ditawarkan adalah mesin 1.200 cc dan 900 cc yang masing – masing bertenaga 68 hp dan 84 hp, untuk varian diesel akan memiliki tenaga 94 hp.

Abarth yang merupakan divisi kebut – kebutan dari Fiat sebenarnya hanya punya 2 model yang dikerjakan, maka dari itu setiap pembaharuan akan dengan senang hati mereka pamerkan. Abarth 595 Pista merupakan versi upgrade dari Fiat 500. Jantung pacunya berkapasitas 1.400 cc turbo dan dapat menghasilkan 160 hp dan akselerasi 7,3 detik serta kecepatan maksimal 215 km/h. Apa saja yang membedakan dengan Fiat standar? Rem, suspensi, velg, knalpot dan on-board telemetry system. Masih kurang? Terdapat edisi spesial 695 XSR yang memiliki livery khusus. Selain itu 124 Spider akan hadir sebagai pemanis pameran.

Ford

Fiesta baru akan dihadirkan dengan 4 tipe yakni ST-Line, Titanium, Vignale dan Active. Fiesta baru ini membengkak dan dikatakan bahwa kabinnya lebih memberikan visibilitas yang baik ke semua penumpangnya. Tidak hanya itu, pembaharuan dari segi struktur, peredaman, dan kaca depan membuatnya sangat kedap pada kecepatan 100 km/h dan sangat terasa seperti mobil premium. Varian baru yang ala ala Yaris Heykers yang bernama Active soft-roader akan membuat Fiesta menjadi lebih tinggi, dilengkapi roof bar dan over fender. Dan pada varian ST-Line tidak cuma sportipu tipu tapi juga ada upgrade dari segi suspensi, jok sport, pedal aluminium dan flat bottomed steering wheel. Penambahan radar dan sensor ultrasonic yang dapat mendeteksi hingga 130 m menjadi daya tarik lain dan membuat Fiesta satu – satunya yang memiliki Pre-Collision Assist with Pedestrian Detection. Fitur lain adalah Active Park Assist with Perpendicular Parking, Cross Traffic Alert, Adaptive Cruise Control, Adjustable Speed Limiter, Blind Spot Information System, Distance Indication, Driver Alert, Lane Keeping Aid, Lane Keeping Alert dan Forward Collision Warning, gila lengkap sekali ya.

Generasi terbaru dari varian ST juga akan hadir dan kami pernah membahasnya di artikel Ford Fiesta ST 2018, Pertaruhan Hot Hatch Bermesin Mikro. Fiesta ST ini memakai mesin bensin 3 silinder berkapasitas 1.500 cc Ecoboost yang baru dan dapat menghasilkan 200 PS dan 280 Nm, ST baru memiliki akselerasi yang lebih cepat 0,2 detik dari pendahulunya yakni 6,7 detik. Duh susah juga membahas Ford sering – sering, ATPM-nya sudah tidak ada, yuk lanjut bahas Honda.

Honda

Setelah sekian lama memamerkan versi prototipe yang telah kami bahas pada artikel Inilah Tampilan Honda Civic Type R Prototype!, akhirnya Civic Type R versi produksi akan ditunjukkan pada gelaran GMS. Meskipun berbagi platform dengan model Civic standar yang berpintu 5, Type R ini akan dibekali penyempurnaan yang masif sehingga dapat masuk ke kategori hot hatch dan dapat bersaing dengan Ford Focus RS dan juga Volkswagen Golf R. Saat ini Honda masih merahasiakan spesifikasi dari mesinnya, satu hal yang pasti Type R akan mengendong mesin bensin berkapasitas 2.000 cc VTEC Turbo. Desas desus mengatakan mesin ini sanggup mengeluarkan tenaga sebesar 306 hp bahkan lebih dan beberapa hari yang lalu terdapat bocoran gambarnya, sayap besar di belakang dan juga terdapat knlapot tiga lubang yang diletakkan di tengah. Oh iya, berita terbaru mengenai Civic dapat dilihat pada artikel ini.

Hyundai

Model global baru Hyundai akan dibawa juga untuk GMS tahun ini. Generasi baru dari i30 wagon adalah sebuah mobil yang berbasis sama dengan Elantra GT pada pasar Amerika. The All New i30 wagon ini lebih panjang dari versi sebelumnya yang mengakibatkan kepraktisan kabinnya meningkat, meski begitu tidak ada perubahan pada wheelbase-nya. Pilihan mesin yang disediakan ada yang 1.000 cc, 1.400 cc dan diesel 1.600 cc, masing – masing bertenaga 118 hp, 138 hp, dan pada diesel 94 hp, 108 hp, dan 131 hp. Meskipun berpenggerak roda depan, transmisi yang akan digunakan adalah 7 percepatan dengan kopling ganda. Selain itu Hyundai i30 Tourer juga akan meramaikan GMS.

Infiniti

GMS kali ini digunakan Infiniti untuk menampilkan update pada model Q50, meskipun baru tahun lalu diberikan pembaruan, Infiniti merasa GMS harus diperlakukan istimewa. Desain bumper dan fog lamp serta interior yang diperbarui membuat mobil ini semakin terlihat nafsu untuk ngebut. Selain itu ubahan lain yang diberi adalah Infiniti’s Direct Adaptive Steering, yang merupakan teknologi steer-by-wire yang membuat tidak adanya sambungan antara roda kemudi dengan roda, bahaya ngga ya? Infiniti mengatakan bahwa sistem tersebut akan membuat pengendalian menjadi lebih stabil dan mudah dikendalikan.

Infiniti juga akan memamerkan mobil konsep mereka yakni Q60 Black S concept, mobil ini dihadirkan atas dasar selebrasi kerjasama yang baik antara Infiniti dan Renault pada ajang F1. Dengan dipakainya sistem KERS Renault dan mesin twin-turbo V6 sebesar 3.000 cc, tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 400 hp.

Italdesign

Jika Anda pernah membaca artikel Italdesign Membuat Merek Baru Buat Jualan Mobil pasti Anda tidak kaget dengan merek ini. Italdesign akan memamerkan mobil yang spesial, saking spesialnya hanya diproduksi 5 buah saja. Dengan mengandalkan bodi berbahan carbon fiber dan mesin bensin V10 N/A berkubikasi 5.200 cc, belum diketahui seberapa besar tenaga dan torsi mobil ini nantinya. Topspeed sebesar 330 km/h dan akselerasi 3,2 detik sepertinya sudah cukup memberi gambaran. Mobil ini secara performa jika diperhatikan mirip dengan Lamborghini Huracan LP 610-4.

Jaguar

Divisi elektrik dari Jaguar akan segera memamerkan SUV listrik mereka, I-PACE. I-PACE akan berhadapan langsung dengan Tesla Model X dan ciri khas Jaguar akan menjadi selling point yang baik. Mobil 5 penumpang ini nantinya akan memiliki 2 mesin listrik yang masing – masing akan menggerakkan garden depan dan belakang. Akselerasi 0-100 km/h hanya 4 detik dan memiliki range sekitar 500 km.

Jeep

Compass, sebagai varian yang menggantikan Patriot dan Compass sebelumnya, akan menjadi salah satu penerus cita rasa berkendara khas dari Jeep yang memiliki off-road ability terbaik. Pada gelaran GMS Jeep akan menampilkan Wrangler Rubicon Recon yang pernah kami bahas disini. Lalu varian Night Eagle untuk Cherokee dan Renegade. Tidak lupa mereka juga akan membawa divisi MOPAR untuk mendandani mobil yang mereka pamerkan.

Koenigsegg

Koenigsegg akan memamerkan Agera RS Gryphon, Agera yang diberi tambahan nama binatang mitologi tersebut akan disematkan dengan mesin V8 twin-turbocharged yang dapat menghasilkan 1.360 PS dan memberikan power-to-weight ratio sebesar 1:1. Penampilan yang luar biasa menjadi daya tarik kuat bagi Gryphon. Namun pada sektor interior, pemakaian material Alcantara, carbon fiber dan anodized aluminium juga menjadi daya tarik tersendiri. Atap mobil ini dapat dibuka dan diletakkan pada kap mesin depan, sayangnya memakai tenaga otot persis seperti Aventador Roadster.

Regera pun akan menunjukkan dirinya pada GMS nanti. Regera sendiri akan berhadapan dengan the holy trinity Porsche 918 Spyder, McLaren P1, dan LaFerrari. Regera akan menggunakan mesin bensin V8 berkapasitas 5.000 cc twin-turbo dengan tambahan 3 motor elektrik. Tenaga yang dihasilkan dapat mencapai 1.500 hp. Cerita sepertinya tidak habis disitu, Koenigsegg betul – betul ingin menjadi mobil tercepat di muka bumi, akankah mesin camless-nya hadir ke supercar mereka dalam waktu cepat?

KIA

Gelaran GMS akan digunakan KIA untuk meluncurkan Picanto untuk pasar Eropa, meskipun ubahannya tidak begitu banyak dari varian yang hadir di Korea, namun cukup menarik mengingat hadirnya mesin Turbo di Kia Picanto. Generasi ke 3 ini selain memiliki desain yang lebih fresh, juga memiliki kabin yang lebih nyaman dan terdapat improvement pada on-board system-nya. Dari sektor chassis, ‘baby tiger’ ini mengalami penambahan wheelbase sebanyak 15 mm. Pada versi terbaru ini strukturnya telah diperkuat 2x lipat karena penggunaan High Tensile Steel yang lebih dominan, dan klaimnya akan memiliki proteksi keamanan dan rigiditas yang jauh lebih baik dibandingkan model sebelumnya. Hal yang dapat konsumen nikmati nantinya adalah pengalaman berkendara yang driver oriented, kabin yang kedap, dan entertainment system yang menghibur. Dilihat dari upgradenya, lumayan nih, tampangnya cakep, sudah dilengkapi DRL, sistem audio yang lebih oke, sunroof, pengendalian lebih mantap, sistem keamanan yang baik, kabin yang lebih lapang, serta varian sportnya benar – benar sport membuat All New KIA Picanto layak sekali untuk diminang.

Selanjutnya KIA juga akan meluncurkan KIA Stinger sports sedan, nantinya mobil ini akan memiliki varian mesin bensin dan diesel. Mesin yang bertenaga paling kecil adalah mesin diesel 2.200 cc yang memiliki tenaga 200 PS dan torsi 440 Nm, meskipun dibilang paling kecil, akselerasi dapat ditempuh dalam 8,5 detik saja. Untuk varian bensin, terdapat versi 2.000 cc dengan turbocharger yang menghasilkan tenaga 251 hp dan torsi 353 Nm, pada pilihan mesin V6 3.300 cc turbo tenaga yang dihasilkan 370 PS dan torsi 510 Nm yang dapat membuat akselerasi dalam 5,1 detik saja. KIA juga akan menawarkan varian dengan penggerak roda belakang maupun AWD.

To be continued… to part 3

Read Prev:
Read Next: