Geneva Motor Show 2017 : Line-up Mobil Yang Unjuk Gigi [Part 6]

Geneva Motor Show 2017 : Line-up Mobil Yang Unjuk Gigi [Part 6]
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelaran Geneva Motor Show (GMS) 2017 sedang berlangsung. Pameran terbesar dan termegah seantero muka bumi ini seringkali dijadikan ajang bagi pabrikan mobil untuk memperkenalkan mobil baru maupun mobil konsepnya. Ini merupakan bagian kelima dari artikel part 1 , part 2 , part 3 , part 4 dan part 5 sebelumnya. Semoga Anda tidak bosan karena ini merupakan artikel terakhir dan kami akan menampilkan banyak mobil terutama mobil yang terlewat dari artikel sebelumnya (part 1-4), dinamika dari GMS memang cukup unik, setiap hari ada update akan mobil yang ditampilkan. Mari simak uraian dari artikel terakhir dibawah ini!

McLaren 

Rasanya McLaren 720S baru saja diluncurkan di GMS, ada saja yang sudah memikirkan untuk menambahkan modifikasi. MSO, McLaren Special Operations dibuat untuk memenuhi keinginan konsumen akan McLAren yang lebih cepat. Dengan cat merah khusus dan material ringan dimana – mana, mobil ini menjadi semakin menarik dan kencang pastinya, standarnya saja sudah kencang, manusia memang tidak pernah puas.


FAB juga memodifikasi salah satu mobil McLaren yakni 570S, dinamai Vyala package, ubahan ini meliputi upgrade aerodinamika, velg baru yang ringan dan snorkel pada atap. Mesin twin-turbo V8 3.800 cc-nya juga dapat memuntahkan tenaga sebesar 640 hp.

Mercedes-Benz

Mercy menampilkan AMG GT versi konsep yang memiliki 4 pintu dan 800 hp. Mobil hybrid ini dipersenjatai mesin bensin V8 4.000 cc dan dilengkapi dengan twin-turbo, kami suka twin-turbo, masih kurang? Mesin listrik akan membantu tercapainya 980 hp dari AMG GT. Ambisius sekali melawan Panamera Turbo S E Hybrid, atau bahkan ingin melawan 918 Spyder yang pintunya cuma 2 itu?

Dari sektor modifikasi, Brabus memodifikasi V-Class agar terasa sebagai limousine. Mereka memodifikasi dengan memberi kompartemen terpisah antara supir dan penumpang, material kulit terbaik, entertainment super lengkap, dan juga climate control individual di setiap tempat duduk. Dengan layar 40” siapapun akan betah berlama – lama di dalam mobil ini. Mesin diesel-nya mereka utak – atik seidkit namun tidak terlalu banyak, mungkin yang penting tampilan dan interiornya nyaman pikir mereka.

FAB membuat SLR McLaren dengan balutan serat karbon, velg 20” dan mesin 5.400 cc yang telah digodok agar dapat mengeluarkan 750 hp.

Mercedes-AMG GT juga dimiliki oleh FAB dengan menamainya Areion. Dengan body kit yang berubah total dan mesin yang di-upgrade hingga 700 hp.

Masih belum puas, G63 Limousine juga mereka ubah, meskipun terfokus pada interior yang memiliki kompartemen terpisah antara penumpang depan dan belakang.

Tuner lain yakni Mansory juga mengambil kesempatan untuk memodifikasi Mercedes Benz yang mereka namai Gronos Black Desert, berbasis dari G500 4×4 dan mereka berhasil membuatnya tampak lebih garang daripada standar. Dengan adanya penambahan widebody dan perbaikan aerodinamika serta serat karbon dimana – mana, mobil ini memiliki tambahan tenaga 62 hp dari mesin 4.000 cc-nya.

Tidak ingin kalah dari Brabus, Mansory juga memodifikasi V-Class dengan cat 2-tone, aerokit tambahan dan perbaikan pada performa. Ubahan terbanyak ada di interior, mereka menambahkan kulkas, entertainment yang lengkap, dan pelapis Alcantara serta panel kayu.

Terakhir dari Mansory, S63 AMG mereka beri Black Edition untuk melengkapi seri Platinum Edition yang telah mereka buat sebelumnya. Dengan atap yang sedikit di pangkas dan penambahan material serat karbon dimana – mana, mobil ini tampak pipih namun lebih berotot. Tenaga pun mereka dongkrak hingga 828 hp dari standarnya 577 hp.

DMC juga menampilkan AMG C63 S Coupe dengan tampilan smoked dan serba doff. Tenaga yang dihasilkan 580 PS dari mesin V8 twin-turbo berkapasitas 4.000 cc.

Nissan

Sebagai pabrikan yang sedang lesu akan model barunya di Indonesia, Nissan meluncurkan andalan baru mereka yakni Micra atau lebih familiar kita kenal sebagai March. Desain yang baru ini dipercantik dengan edisi spesial kolaborasi dengan audio kenamaan Bose. Diproduksi hanya 3.000 buah saja dan sudah pasti kualitas audio di dalam kabin sangat jempolan. Tersedia dalam dua pilihan warna yakni Enigma Black dan Gunmetal Grey. Mesin yang digunakan adalah mesin bensin 3 silinder berkapasitas 900 cc yang telah dilengkapi dengan turbo. Tenaga yang dihasilkan 90 PS, sama dengan varian diesel-nya.

 

Pininfarina

Pininfarina mungkin bosan mendesain mobil dan ingin membuat mobil sungguhan. Kali ini mereka membuat mobil konsep bernama H600. Mobil ini nampak sebagai sebuah sedan, berukuran S-Class dan BMW seri 7. Mobil ini akan digerakkan oleh motor elektrik dengan range extender berupa turbin mikro. Disinyalir akan menuai 800 hp dan berakselerasi 0-100 kmh dalam 2,9 detik saja.

Porsche

Pada GMS tahun ini Porsche menampilkan 911 GTS model tahun 2017. Dengan sedikit facelift dan mesin yang baru, bagaimana mobil ini kedepannya? Mesin yang GTS gunakan sekarang adalah mesin dengan turbocharger ganda inline 6 silinder berkapasitas 3.000 cc. Tenaga yang dihasilkan sebesar 450 hp dan torsi 550 Nm. Lebih besar 20 hp dari versi yang lama.

Gemballa sebagai pemain lama dalam memodifikasi Porsche kembali memamerkan karyanya di GMS tahun ini. Avalanche yang berbasis 911 Turbo diberikan warna ungu yang agak ke janda – janda-an. Dengan sekujur bodi dilengkapi serat karbon dan membuatnya melebar hingga 2,5” di depan dan 4” di belakang. Pastinya mereka akan memodifikasi mesin juga, namun belum jelas berapa tenaga yang dihasilkan.

Pada Panamera, yang Gemballa menamainya Mistrale, terdapat penambahan aero kit dan suspensi yang diturunkan hingga 1,5”, selain itu velg 22” terpasang manis di dalam ruang kakinya tersebut. Yang membuat sadis, Gemballa mengeluarkan potensi dari mesin 4.800 cc Panamera hingga lebih dari 50% versi standar.

Gemballa Mirage GT Carbon Edition, yang merupakan modifikasi dari Carrera GT mendapatkan ubahan banyak pada sektor mesin sehingga mampu mengeluarkan 670 hp. Selain itu suspensi dan rodanya pun turut diberi ubahan.

Tuner Mansory memberikan sentuhan kepada Panamera yang mungkin bukan selera banyak orang. Warna krom merah yang dipadu aksen kuning dan lubang ventilasi yang ada dimana – mana membuat mobil ini tampak aneh. Meski begitu ubahan lain ada di sektor ECU, filter udara, dan knalpot yang memberikan ekstra tenaga sebesar 34 hp.

Dari tuner TechArt mereka memamerkan 718 Cayman & Boxter yang kebetulan juga baru diluncurkan facelift-nya di Indonesia beberapa hari yang lalu. Ubahan yang mereka lakukan diantaranya memaksimalkan mesin agar mampun mengeluarkan 400 hp dan torsi 480 Nm. Dari segi knalpot, mereka juga membuat suara 718 ini makin menggelegar. Selanjutnya ubahan ada pada sektor suspensi yang sedikit diturunkan dan penambahan perangkat aerodinamika.

TechArt juga memarkan mobil ikonik Porsche yang menjadi daya tarik di GMS, 928 S4. Dengan warna hitam dan beberapa modifikasi, mobil ini tampak misterius. Ubahan yang mereka lakukan terlebih pada kabin yang dibuat lebih nyaman. Dijual bebas ngga nih?

Terakhir, TechArt meluncurkan GrandGT Panamera yang berbasis dari Panamera Turbo model 2017. GrandGT ini lebih cepat, lebih berisik dan juga lebih lebar dari standarnya. Bodi dipasangkan seperangkat otot kekar dan dipadu dengan velg berukuran 22”. Baluran warna Nano Grey-nya menutup identitas sportinya menjadi agak kalem. Untuk segi performa, tidak disebutkan, namun konsumen dapat memilih upgrade performa dengan sesuka hati mereka.

Renault

Setelah 4 tahun beredar, Captur akhirnya mengalami facelift. Apa saja ubahan yang diberikan Renault? Grill baru, krom pada bagian samping, bumper yang telah dilengkapi skid plate dan desain pelek yang baru. Selain itu terdapat 3 pilihan warna baru dan sekarang semua lampu full-LED. Dari segi interior, material plastik diperkuat dan terdapat aksen – aksen pemanis lainnya. 

Rimac

Sebagai pabrikan mobil listrik Rimac memiliki tujuan untuk menciptakan supercar, namun sejak 4 tahun yang lalu mereka tengah berusaha melakukan improvisasi dari segi baterai dan juga motor listrik yang diusung. Concept_One ini memiliki tenaga 1.224 hp dan akselerasi 0-100 km/h dalam 2,5 detik. Meskipun kencang, jarak dari mobil ini tidak sejauh kompetitornya, ia sanggup melalui 349 km dalam sekali pengisian.

RUF

RUF nampak mirip dengan Porsche, tapi beda bung, jika tidak percaya bisa baca artikel ini. Hadir di GMS dengan warna kuning dan menurut kami nampak sedikit seperti mainan yang dipajang. Meski begitu speknya tidak main – main lho, lengkapnya baca saja link yang tadi sudah kami sertakan ya.

Rolls-Royce

Apa yang lebih mewah dari mewah? Mevvah! Itu kata yang tepat untuk menggambarkan apa yang dilakukan Rolls-Royce terhadap Ghost Elegance-nya. Kali ini mereka membalut mobil mereka dengan cat yang spesial, kenapa spesial? Karena tidak tanggung – tanggung mereka menambahkan intan permata yang tak pudar pada cat-nya, mereka menyebutnya “Diamond Stardust”. Waktu pengecatannya saja 2 bulan, niat sekali. Sekilas dari foto memang nampak seperti pendaran bintang di langit, tapi apakah aslinya akan seperti itu? Salah – salah supir Anda malah mengiranya debu dan dipoles sampai habis, kacau deh.

Jika tadi adalah wujud mevvah dari RR, Mansory ingin hadir dengan membuat RR Dawn nampak sporti. Sperti biasa banyak material dari serat karbon yang dipasangkan, lalu sektor bodi dilabur warna doff. Bodi kit tidak lupa disematkan dan diberi velg 22”. Sektor mesin? Diberi upgrade dari awalnya ‘hanya’ 570 hp menjadi 740 hp. 

Sbarro

Sbarro memamerkan mobilnya yang mereka sebut Mojave. Desainnya mengambil model hot rod tahun 1930 dan memiliki mesin bensin V8 Jaguar berkapasitas 4.000 cc bertenaga 294 hp, dipadu dengan transmisi 5 percepatan milik BMW. Akankah mobil ini diproduksi masal? Menurut kami sangat bahaya apabila mobil dengan roda tanpa pelindung itu berseliweran di jalan raya.

Scilla

Pabrikan asal Itali ini nyeleneh kalau tidak mau dibilang visioner. Mereka mengatakan mobil pada tahun 2030 akan nampak seperti ini. Sepengetahuan kami, mouse komputer biasanya berbentuk mobil, ini sebalikmya, mobil berbentuk mouse. Pininfarina turut andil dalam mendesain mobil ini, mereka mengatakan ukuran mobil ini mirip Ferrari 488, dapat menampung 2 orang saja depan-belakang dan masih banyak yang mengawang – awang dari proyek ini, kita tunggu saja bagaimana perkembangannya.

Sin Cars

Apa itu Sin Cars, mobil penuh dosa, mungkin mobil untuk berbuat maksiat tapi dalam wujud sportscar, sempit keleus. Memulai debutnya dengan meluncurkan Sin R1 550 yang memiliki tenaga 550 hp dan transmisi manual 6 percepatan. Apakah tenaga tersebut besar? Tergantung kapasitas mesinnya, anda akan heran karena mesin ini merupakan mesin V8 berkapasitas 7.000 cc. What?! Gede bener! Kok cuma segitu ya tenaganya? Penuh dosa emang nih mobil.

Spyker

Spyker menampilkan All New Spyker C8 Preliator Spyder yang memiliki jantung dari Koenigsegg. Mesin N/A 5.000 cc ini memiliki konfigurasi V8 dan diambil dari Koenigsegg, sebelumnya mereka memakai mesin dari Audi. Dengan tenaga sebesar 600 PS dan torsi 600 Nm, mobil ini akan melaju sangat cepat, hati – hati dengan nihilnya atapnya, bisa – bisa mabuk kepayang dibuatnya. 

SsangYong

Brand ini sebenarnya pernah wara – wiri di Indonesia dengan modelnya yang mirip dengan SUV Mercedes-Benz. Namun pada GMS kali ini mereka akan menampilkan mobil konsep yang mereka namai XAVL (eXciting Authentic Vehicle Long). Mobil ini akan hadir dengan gaya yang minimalis dan futuristik. 

Tesla

Tesla muncul pada booth FAB dimana Model X diberikan body kit menyeluruh dengan ban 23”. Tidak banyak memang yang mereka beri ubahan, karena pada dasarnya jeroan Tesla sudah baik, mau di-upgrade apalagi? 

VW

Divisi mobil komersial dari VW merayakan selebrasi 70 tahun dari model ikoniknya, Bulli. Buat Anda yang tidak tahu, Bulli merupakan nama lain dari VW Combi diluar sana. Multivan edisi spesial ini akan diberikan badge Bulli, stiker anniversary, cat 2 warna, dan velg berukuran 18”. Sejumlah ubahan pada interior juga dilakukan seperti penambahan kulit, layar yang lebih mewah, instrument panel dengan warna baru, spion yang canggih dan ParkPilot.

Finally… The End…

Sekian dari AutonetMagz, semoga apa yang kami sampaikan dapat memberi gambaran tentang apa saja yang ada di Geneva Motor Show 2017 dan dapat membuka tabir pengetahuan akan update informasi pameran mobil di luar sana. Mohon maaf apabila terdapat kekurangan, sampai jumpa di berita lainnya. Sampaikan juga kritik, saran dan komentarmu di kolom komentar ya! Terima kasih.

Read Prev:
Read Next: