New Subaru XV 2017 Dirilis di Geneva Motor Show

New Subaru XV 2017 Dirilis di Geneva Motor Show
0  komentar

Autonetmagz.com – Beberapa waktu lalu, ada beberapa bocoran mengenai crossover andalan Subaru, yaitu XV dari sebuah majalah di Jepang sana. Sempat kami bahas di artikel berikut, dan beberapa respon dari pembaca menyatakan bahwa sang crossover nampak kurang gagah dibanding model sebelumnya. Nah, jika yang lalu masih bisa dikatakan spekulasi walaupun sudah ada fotonya, maka sekarang sudah terbuka jelas model terbaru sang CUV andalan Subaru ini, dan kini sambutlah Subaru XV model year 2017.

Bisa dikatakan modelnya sama persis dengan bocoran yang muncul sebelumnya, zona fascia mengambil milik Impreza Hatchback, begitu pula dengan sisi belakangnya. Sebenarnya bukan hal aneh, toh XV alias Crosstrek adalah Impreza yang ditinggikan dan diberi aksen crossover. Oke, mari kita lihat sisi per sisi dari XV ini. Lampu depan dan belakang seperti yang sebelumnya kami bahas, mengambil milik Impreza Hatchback yang lebih dulu dijual. Lampu depannya mengadopsi model projector yang sudah dilengkapi LED DRL yang cukup cantik

Sedangkan grill baru diaplikasikan pada sang crossover, kini warnanya hitam tak seperti model sebelumnya yang dilapisi krom. Selain itu bodi sang CUV tetap dibungkus dengan body cladding berwarna hitam khas crossover, di bagian ini kami tidak melihat adanya perubahan berarti. Dan terakhir tentu ada velg lebih besar, yaitu 18 inci dengan model yang terkesan lebih kokoh berkat aplikasi dua warna yang digunakan.

XV kini telah mengadopsi Subaru Global Platform yang menjanjikan peningkatan di sisi keamanan, kenyamanan, dan kelincahan berkendara jika dibanding model sebelumnya. Klaim dari pabrikan, platform ini telah 70 -100% lebih rigid dari pendahulunya. Sang crossover memiliki jarak ke tanah sebesar 220 mm alias tidak berubah dengan versi lawasnya, yang bisa dikatakan cukup melibas jalanan perkotaan yang kadang berjerawat.

Masuk ke interiornya, Subaru berhasil melengserkan model dashboard yang sangat biasa di model sebelumnya, dan diganti dengan model dashboard yang lebih modern dengan beberapa aksen silver dan piano black. Dashboard ini serupa dengan yang dimiliki Impreza. Pada bagian penopang tubuh, jahitan berwarna orange khas XV masih ada dan memberi kesan sporty berbarengan dengan warna kabin yang didominasi warna gelap. Jika anda melihat ke konsol tengah, tak ada lagi tuas rem parkir, dan digantikan oleh tombol rem parkir elektronik. Lingkar kemudi kini juga diperkecil yang diklaim Subaru memberikan steering yang lebih tajam.

Active Torque Vectoring dan Symmetrical AWD system milik Subaru membuat sang crossover kini lebih dinamis dalam bergerak. Dan terbaru, kini XV dilengkapi dengan X-Mode yang setara dengan Forester, berguna untuk menghadapi permukaan jalan yang berlubang – lubang, berjerawat dan tidak rata.

Mari buka kap mesinnya, mesin boxer 2.000 cc naturally aspirated dengan 4 silinder masih menjadi jantung dari dapur pacunya. Walaupun Subaru mengklaim 80% komponennya sudah di-update,  tapi tak ada rilis resmi apa saja yang masuk menjadi bagian dari 80% tersebut. Nah, yang jelas, salah satunya adalah motor direct injection yang baru yang membuat mesin memproduksi tenaga 156 PS dan torsi 196 Nm, serta lebih ringan 12 kg. Transmisinya tetap menggunakan  Lineartronic CVT gearbox ala Subaru yang telah dibenahi, sehingga makin ringan 7,8 kg, dan kini disertai dengan auto-step shift control dan mode manual dengan 7 percepatan.

Dalam hal keamanan berkendara, XV mengadopsi sistem keamanan yang bersifat aktif dan preventif melalui  Subaru EyeSight suiteSubaru EyeSight suite sendiri adalah paket piranti keamanan ala Subaru yang terdiri dari Pre-Collision Braking Control, Adaptive Cruise Control, and Lane Keep Assist function, High Beam Assist, Steering Responsive Headlights and Subaru Rear Vehicle Detection. Banyak? Memang.

Cukup dengan banyak fitur berbahasa Inggris diatas, nyatanya XV yang punya center of gravity yang lebih rendah plus peningkatan dalam hal suspensi, diklaim Subaru mampu meredam tabrakan yang tak diinginkan dengan lebih baik. Sebanyak 40% peningkatan kemampuan XV untuk menyerap energi benturan bisa diraih berkat aplikasi high-tensile steel plates dan teknik hot press forming yang ditingkatkan selama proses produksi. Nah, degan ubahan yang cukup oke, walau masih belum segagah crossover lain yang beredar, mampukah XV berjaya? Gimana kalau masuk Indonesia? Malaysia akan mendapatkan unitnya di akhir tahun ini. Sampaikan komentarmu ya.

Read Prev:
Read Next: