Geneva Motor Show 2017 : Line-up Mobil Yang Unjuk Gigi [Part 1]

by  in Abarth&Alfa Romeo&Apollo
Geneva Motor Show 2017 : Line-up Mobil Yang Unjuk Gigi [Part 1]
0  komentar

AutonetMagz.com – Gelaran Geneva Motor Show (GMS) 2017 sebentar lagi akan dihelat. Pameran terbesar dan termegah seantero muka bumi ini seringkali dijadikan ajang bagi pabrikan mobil untuk memperkenalkan mobil baru maupun mobil konsepnya. Berbeda dengan pameran di Indonesia yang lebih mengutamakan penjualan, pada helatan Geneva, para pabrikan lebih mengambil momen untuk ajang adu teknologi sembari melihat respon pasar. Kami akan membahas secara singkat mengenai mobil apa saja yang kira – kira akan muncul di Geneva Motor Show tahun ini. Sebaiknya, sebelum membaca ini ada baiknya Anda siapkan kopi atau teh sambil duduk santai sembari nyemil – nyemil karena kami akan menampilkan banyak mobil. Mari simak uraian dibawah ini!

Alfa Romeo

Ada 2 mobil yang direncanakan tampil pada GMS. Pertama adalah Giulia Coupe yang akan berhadapan langsung dengan Mercedes-Benz C-Class Coupe, BMW 4-series Coupe dan Audi A5 Coupe. Giulia mengusung mesin bensin berkonfigurasi V6 dengan kubikasi 2.900 cc twin-turbo. Rencananya Giulia akan hadir dengan varian Sedan, Sport, Convertible serta Sportwagon.

Selain itu Alfa Romeo juga akan menghadirkan Stelvio yang merupakan sebuah SUV. Stelvio memiliki pilihan mesin bensin 2.000 cc bertenaga 280 hp dan diesel 2.200 cc bertenaga 210 hp. Keduanya akan digandeng dengan transmisi otomatis 8 percepatan dan sistem penggerak Q4 AWD. Mobil ini akan tersedia dalam berbagai tipe yang dibedakan dari fitur yang dimilikinya. Stelvio, baik yang diesel maupun bensin memiliki akselerasi 0-100 km/h dalam waktu dibawah 7 detik saja! Selain itu mereka juga mengklaim distribusi bobot yang seimbang antara depan dan belakang.

Alpine

Pabrikan Alpine akan menampilkan mobil sportnya yang telah ditunggu sejak lama. Dengan mengenang prestasi Alpine yang sukses pada bidang rally, kali ini model A110 yang akan diluncurkan pada GMS. A110 akan bermesin bensin 1.800 cc dan dilengkapi dengan turbocharger. Dengan tenaga 247 hp dan torsi 320 Nm, akselerasi 0-100 km/h hanya dalam 4,5 detik saja, cepat juga! Versi dari Alpine A110 ini juga akan berhadapan langsung dengan Porsche 718 Cayman / BMW M2 dan hanya diproduksi 1.955.

Apollo

Meskipun tidak banyak yang tahu merek ini, Apollo Gumpert, varian sports car yang diprakarsai oleh Roland Gumpert, pendiri Audi Sport, merupakan mobil road-legal dengan ranking ke–6 dalam adu cepat melintasi Nurburgring. Perusahaan ini memiliki sejarah yang penuh lika – liku dari mulai bangkrut hingga dibeli oleh perusahaan di Hong Kong. Pada tahun ini Apollo akan memamerkan Arrow, hypercar dengan tenaga 1,000 PS  dan torsi sebesar 1,000 Nm. Kerjasamanya dengan Scuderia Cameron Glickenhaus (SCG) dan rumah produksi Italia, Manifattura Automobili Torino (MAT), sangat potensial untuk membuat pengembangan lebih lanjut terhadap Apollo. Arrow akan menggunakan mesin bensin N/A V12 dan chassis carbon fiber, kemungkinan lain, versi produsi dari Arrow akan memiliki mesin bensin 4.400 cc V8 twin-turbo yang dapat menghasilkan 750 hp.

Aston Martin

Q, nama yang simple untuk sebuah Aston Martin. Ajang GMS kali ini dimanfaatkan untuk memperkenalkan mobil baru mereka dari Q division. Sebelumnya Q division telah memamerkan CC-100 Speedster Concept dan Vantage GT12 Roadster sebagai hasil karya mereka. Selanjutnya sebagai gimmick, Aston Martin akan memamerkan edisi spesial dari DB11. Q serta mobil spesial ini tidak banyak diungkap oleh Aston Martin, tunggu saja peluncurannya nanti ya.

Selanjutnya meskipun bukan bermerek Aston Martin, David Brown Automotive yang berbasis dari Aston Martin DB5, tengah mempersiapkan diri untuk unjuk gigi pada Geneva Motor Show mendatang. Speedback GT sebagai line-up mereka akan mendapatkan penyegaran terbaru dari segi desain dan improvement pada sector lainnya. Mobil ini sangat kental dengan aura Inggrisnya, selain karena model klasiknya, mobil ini juga masih dibuat dengan tangan. Tenaga? Berbekal mesin dari Jaguar XKR, mesin V8 bensin berkapasitas 5.000 cc, dilengkapi dengan supercharger serta bertenaga 510 hp, bukan main. Ngomong – ngomong, kursi dibelakang itu buat apa ya?

Lalu masih dari negara Inggris, Vengeance yang merupakan brand supercar baru akan memamerkan Volante. Pabrikan yang dibuat oleh desainer mobil Afzal Kahn ini hanya akan memproduksi 3 buah saja lho. Diantaranya 2 dengan stir kanan dan 1 versi stir kiri. Mobil ini merupakan perwujudan dari impian Afzal Kahn untuk menciptakan mobil klasik 2 pintu yang terinspirasi dari desain Aston Martin tahun 80-90-an dan juga Vantage V600 serta Vanquish yang buas. Belum ada kabar pasti mengenai mesin yang akan dipakai, namun desain yang menarik serta kehebatan rancang bangun struktur mobil ini menjadi daya jual mereka.

Audi

Entah ingin dibilang suka pamer atau memanfaatkan betul ajang Geneva Motor Show, Audi membawa banyak pembaharuan untuk ditampilkan pada gelaran tersebut. Setidaknya ada 5 model diantaranya RS1, RS3 Sportback, RS5 Coupe, RS Q5, serta mobil konsep Q1. RS1 akan memulai debutnya pada GMS tahun ini. RS1 akan tampil layaknya Audi A1 yang diberi emblem RS dan diberi mesin bensin 4 silinder 2.000 cc dengan turbocharger kepunyaan S3 dan VW Golf R, diprediksi tenaga akan berada di rentang 300 hp. Sistem quattro all-wheel drive dan transmisi manual 6 percepatan akan menjadi varian yang umum pada RS1. Mobil ini nantinya akan berhadapan langsung dengan Ford Focus RS.

Selain RS1, Audi akan menampilkan RS3 berwujud station wagon, varian ini mereka namai Sportback. Menyusul versi sedan yang telah hadir tahun lalu, RS3 akan hadir dengan style, fitur serta teknologi yang diambil dari A3 dan memiliki tenaga 400 PS yang dibantu dengan turbo. Mesin 5 silinder berkubikasi 2.500 cc-nya akan digandeng dengan transmisi S-tronic 7 percepatan dengan kopling ganda dan sistem penggerak Quattro AWD. Sepertinya Audi memang tidak main – main dengan RS3, 0-100 km/h dapat dituntaskan dalam 4,1 detik, selain itu topspeed dapat mencapai 250 km/h, masih kurang? Terdapat opsi tambahan agar bisa mencapai 280 km/h.

Tipe lain yang akan dibawa Audi adalah all-new RS5. Beneran all-new ya tidak seperti ATPM di Indonesia, semuanya dibilang all new. Mesin yang akan dipakai RS5 adalah mesin V6 bensin 2.900 cc dengan twin-turbo seperti yang ada di Porsche Panamera, selain itu tidak lupa Audi melengkapinya dengan transmisi andalannya Tiptronic 8 percepatan. Dengan tenaga sebesar 450 PS dan torsi 600 Nm, RS5 akan menjadi Audi yang tidak bisa dipandang sebelah mata. Akselerasi 0-100 km/h dapat ditempuh kurang dari 4 detik dengan topspeed yang sama dengan RS3 serta opsi untuk penambahan topspeed. RS5 akan hadir dalam varian Coupe dan Convertible dan mulai diproduksi Juni tahun ini.

Audi TT RS-R juga akan hadir. Meskipun berada dibawah naungan ABT Sportsline, sentuhan yang diberikan telah memberi kesan edisi yang benar – benar spesial dari Audi TT. Mobil tersebut hanya akan diproduksi 50 unit saja. Memakai mesin bensin 5 silinder berkubikasi 2.500 cc dan dapat mengahasilkan 500 PS dan torsi sebesar 570 Nm. Versi standarnya saja dapat berakselerasi 0-100 kmh dalam 3,7 detik, bagaimana dengan varian spesial ini?

Tidak hanya TT RS-R yang diberi sentuhan oleh ABT, Audi RS6 Avant juga turut didandani, diproduksi hanya 50 unit saja dan bertenaga 705 PS dengan torsi 880 Nm, sangat bertenaga. Sejumlah update dari segi interior akan hadir pada kedua tipe spesial dari ABT tersebut, termasuk penggunaan material carbon fiber serta pemanis di sektor eksterior.

Belum cukup dengan 2 mobil diatas, ABT juga melakukan ubahan pada R8. Bumper baru, pemanis berbahan carbon fiber, velg khusus yang berukuran 19”. Serta upgrade interior berupa trim karbon dan kulit, karpet khusus, serta welcoming light spesial apaila pintu dibuka. Tambahan 20 hp menjadi 621 hp dari mesin V10 5.200 cc-nya itu didukung pula dengan bobot yang berkurang 50 kg. Sektor kaki – kaki juga mengalami perubahan yang meningkatkan kestabilan.

Terakhir ABT melakukan ubahan pada SQ7 yang membuat SUV diesel ini lebih berotot. Ubahan yang dilakukan cukup banyak dan membuat mobil ini tambah ganteng dan maskulin. Tidak lupa sektor interior diberikan sentuhan khas ABT. Mesin yang digunakan adalah mesin diesel V8 4.000 cc yang sanggup mengeluarkan 429 hp dan torsi raksasa 900 Nm, berbekal boost yang diproses oleh ECU-nya mobil ini dapat ditambah tenaganya menjadi 513 hp dan torsi 970 Nm, sadis sekali.

Berita baru hadir di sektor crossover, sepertinya Audi akan menambah varian baru RS Q8 bermesin hybrid, meskipun berstatus konsep namun RS Q8 akan dididik untuk menjadi mobil sport hebat nantinya. Berbekal mesin bensin V8 4.000 cc dengan twin-turbo, diperkirakan tenaga akan berada di sekitar 605 hp dan torsi 700 Nm yang disalurkan oleh transmisi 8 percepatan dan sistem AWD Audi. Q8 akan berhadapan langsung dengan Mercedes-AMG GLE63 dan BMW X6 M.

Bentley

Bentley akan memamerkan Bentayga Mulliner, SUV mewah yang akan menjadi flagship Bentley kedepannya. Bentayga standar saja sudah mewah bung, dan ini adalah versi mewah dari yang mewah, mevvah! Fitur apa saja yang baru? Two-tone paintwork, pelek alloy 22” yang unik dengan floating wheel center, exclusive badge, body-colored lower bodywork dan bright chromed lower bumper grilles (sengaja tidak diartikan agar lebih tampak mevvah). Perubahan terbesar adalah di dalam kabin, dimana Mulliner akan memiliki desain perpaduan antara modern dan tradisional. Yang jelas pemilihan material akan sangat mewah dan special. Tenaga? 600 hp dan torsi 900 Nm yang hadir dari mesin bensin W12 berkapasitas 6.000 cc. Akselerasi? 4,1 detik saja. Topspeed? 301 km/h. Harga? Ya jelas mahal lah haha.

Selain Bentayga, Bentley akan memamerkan Mulsanne Hallmark Series, seri terbatas yang hanya akan diproduksi 50 unit saja. Sekujur bodi Bentley ini bertabuh perak dan beberapa bagian emas. Bentley pun memberi kebebasan bagi customer terkait variasi dari wujud Mulliner nantinya, custom maksudnya gitu. Dari segi kabin, tidak heran apabila semua yang ada merupakan bahan mewah, dari Alcantara hingga lapisan emas.

Biasanya rumah modifikasi hanya melakukan ubahan pada mobil biasa maupun sport, namun Lumma Design berbeda, mereka melakukan modifikasi kepada Bentayga. Permainan visual yang diberikan membuat Bentayga terkesan berbeda, sentuhan widebody membuatnya lebih berotot. Dengan velg berukuran 24” dan opsi kap mesin, exhaust, spoiler, dan bagian lainnya yang terbuat dari carbon fiber, Bentayga ini bukan lagi menjadi sekedar mobil mewah yang elegan, sudah berubah kodrat!

Black Cuillin

Jika anda pikir GMS akan selalu menampilkan mobil dengan desain tajam – tajam atau bahkan gagah – gagah, Anda tidak sepenuhnya benar, sebab selain DB Speedback GT yang telah kami bahas diatas, terdapat pabrikan Black Cuillin yang akan menampilkan mobil dengan desain eksterior lawas yang diambil dari sekitar tahun 1930-an. Jangan anggap remeh desainnya yang jadul ini, teknologi serta mesin yang dipakai akan sangat canggih. Dari segi performa, Black Cuillin akan memiliki mesin V12 yang memiliki fitur Sport Mode. Selain itu pada kabinnya, terdapat jarak yang cukup jauh dari pengemudi dan penumpang belakangnya. Kulit Alcantara dan wood panel akan mendominasi aura kabin. Sementara diperkirakan model ini akan memakai suicide doors seperti Rolls-Royce. Kalau dilihat – lihat mirip mobil Batman ya?

BMW

BMW akan menampilkan beberapa pembaruan terhadap seri 4, meski hanya berupa update ringan dari segi desain, chassis dan mesin. Akan ada lampu depan LED, foglamp, lampu belakang yang baru, selain itu terdapat perubahan pada intake udara di bumper dan perubahan sedikit pada sektor belakang. Selain itu terdapat penambahan minor dari segi interface dan ada opsi Multifunctional Instrument Display ala ala Virtual Cockpit dari Audi. BMW juga mengklaim seri 4 baru ini akan memiliki handling dan sistem kemudi yang lebih baik. Pilihan mesin bervariasi dari yang bertenaga 150-326 PS. Varian Convertible juga sepertinya akan menjadi daya tarik saat GMS nantinya.

Selain seri 4, BMW akan menampilkan seri 5 versi Touring. Fitur andalan dari mobil ini adalah suspensi belakang yang dapat mengatur ketinggian secara otomatis. Rentang tenaga dari seri 5 ini adalah 248-335 hp yang ada pada varian bensin, sedangkan diesel berkisar antara 187-261 hp, kecil? Ya memang, tapi terdapat torsi raksasa sebesar 620 Nm, ckckck.

BMW juga akan memamerkan edisi spesial dari i8, yang pernah kami bahas disini. Namun AC Schnitzer pada GMS ini akan menampilkan hasil modifikasi dari i8 yang mungkin akan membuat i8 Frozen Edition tampak kurang sporti. Perubahan yang dilakukan adalah adanya spoiler depan yang baru, winglets, splitter angin pada kap mesin, sayap belakang, side skirts, dan diffuser 3 bagian yang terbuat dari bahan yang sangat ringan. Melihat dari gambarnya saja sih menggugah sekali ya.

AC Schnitzer juga akan menampilkan ACL2S yang berbasis dari BMW M240i dan hanya diproduksi 30 uit saja. Memang apa yang dilakukan AC sehingga membuat versi BMW sendiri? Mereka merancang ulang ECU dari mesin 6 silinder yang dilengkapi turbocharger ini juga dengan menambahkan air intake, exhaust dan downpipe ciptaan sendiri. Hasilnya 60 hp tambahan berhasil diraih, total tenaga yang dimilikinya sekarang adalah 400 hp. Selain itu ubahan lain ada di sektor eksterior yang membuat mobil ini makin berotot.

Alpina, sebagai rekanan BMW akan menampilkan B5 yang mengambil basis dari BMW seri 5. B5 akan dilengkapi dengan mesin bensin V8 twin-turbo berkapasitas 4.400 cc yang sanggup mengeluarkan 591 hp. Selanjutnya B5 akan dikembangkan menjadi sebuah Touring nantinya dan akan memberikan pilihan bagi konsumen selain Audi RS6 Avant dan Mercedes-AMG E63 Estate, uniknya Alpina merencanakan hal tersebut karena BMW tidak punya varian untuk berhadapan langsung dengan Estate dari Audi dan Mercy di kelas tersebut.

To be continued… to part 2

Read Prev:
Read Next: