Volvo EM90 EV : MPV Listrik Dengan Nuansa Zeekr 009

by  in  Berita & International & Merek Mobil
Volvo EM90 EV : MPV Listrik Dengan Nuansa Zeekr 009
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya, setelah rumor mengenai MPV listrik Volvo cukup lama beredar, kini pabrikan Swedia tersebut membuka tabir produk tersebut. Dan benar saja, sesuai dengan dugaan banyak pihak, MPV listrik pertama Volvo ini menggunakan basis dari Zeekr 009 EV yang notabene merupakan MPV listrik dari subbrand Geely. Lantas, seperti apa MPV bertenaga setrum yang statusnya blasteran Swedia China ini? Mari kita bahas.

Lebih Cantik Daripada Zeekr 009

Designwise, Volvo nampaknya tidak banyak mengubah tampilan dari Zeekr 009 saat bertransformasi menjadi Volvo EM90. Dari pengamatan kami, perbedaan yang mencolok antara Volvo EM90 dan Zeekr 009 hanya ada di fascia depan dan belakang saja. Di bagian depan, lampu dan grille mengotak ala Zeekr 009 sudah diganti dengan lampu dan grille yang khas Volvo. Dan jujur saja, wajah depan mobil ini nampak lebih cantik di versi Volvonya. Sedangkan profil samping Volvo EM90 masih plek ketiplek dengan Zeekr 009. Termasuk desain lekukan di pilar C-nya.

Di bagian belakang, Volvo EM90 menggunakan lampu baru dengan bentuk huruf T. Berbeda dengan Zeekr 009 yang menggunakan lampu belakang yang memanjang secara horisontal. Masuk ke interior, Volvo EM90 juga masih plek dengan kembarannya. Hanya saja, Volvo EM90 menggunakan banyak sentuhan kemewahan seperti material berwarna beige, tuas transmisi dengan sentuhan bahan transparan bak permata, hingga setir yang berbeda dengan Zeekr. Pemilihan ornamen dan pemanis pun dibuat berbeda dengan Zeekr. Namun, sistem inforainment, panel instrumen, bahkan kursi pilot seat di bangku baris keduanya masih sama.

Volvo EM90 : MPV Terkencang di Bumi?

Bicara spek, Volvo EM90 kemungkinan akan menggunakan dua buah motor listrik yang juga digunakan oleh Zeekr 009 di tipe tertinggi. Nah, perpaduan 2 motor ini akan membuat Volvo EM90 memiliki sistem gerak AWD dan figur tenaga maksimal 544 PS. Selain itu, Volvo EM90 juga berpeluang jadi MPV terkencang di muka bumi ini, karena figur akselerasinya yang hanya 4,5 detik saja untuk Zeekr 009. Apakah versi Volvo bakal lebih kencang? Mungkin saja. Yang terpenting, Volvo EM90 juga menggunakan baterai buata CATL dengan kapasitas 116 kWh yang membuatnya bisa berjalan sejauh 738 kilometer berdasarkan metode pengujian CLTC.

Angka tersejut jelas masif, apalagi VOlvo mengklaim bahwa proses pengisian daya dari Volvo EM90 tak sampai 30 menit dari 10 hingga 80%. Mobil dengan panjang 5,2 meter ini akan mulai dijual di China dalam waktu dekat dengan banderol sekitar 818 ribu Yuan atar setara 1,7 miliar Rupiah. Bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: