Kia Segarkan Sonet Untuk Pasar India, Mulai Dijual Tahun Depan!

by  in  Berita & International & Kia
Kia Segarkan Sonet Untuk Pasar India, Mulai Dijual Tahun Depan!
0  komentar

AutonetMagz.com – Tahukah anda, Kia Sonet merupakan pembuka dari kelas small SUV di Indonesia. Namanya untuk saat ini mungkin kurang terbesit di benak kita, sementara kelas tersebut didominasi oleh duet kembar Toyota Raize – Daihatsu Rocky. Setelah diluncurkan pada 2020 lalu, Kia Sonet mendapatkan facelift untuk pasar India. Perubahannya meliputi sisi visual dan penambahan fitur baru, sementara urusan teknis tidak ada ubahan yang signifikan. Apa sajakah perbedaanya? mari kita bahas lebih lanjut!

Eksterior dan Interior

Di bagian depan, terdapat gril heksagonal berdesain baru. Lampu depannya kini lebih besar dengan LED DRL berbentuk C. Bumper depannya juga memiliki desain baru, begitu pula dengan skid plate. Terdapat lampu kabut LED baru yang dipasang secara horizontal di atas skid plate. Beralih ke sisi samping velg juga memiliki desain baru, tapi ukurannya tetap 16 inci. Beralih ke bagian belakang, Sonet facelift memiliki bilah lampu LED yang menghubungkan lampu belakang vertikal berbentuk C. Bumper belakang dan skid plate-nya juga berdesain baru.

Masuk ke interior, ada penambahan cluster instrumen digital berukuran 10,25 inci seperti Seltos. Selain itu, ia tetap mempertahankan layar infotainment 10,25 inci yang dipasang di tengah dan ditempatkan dalam frame yang berdesain baru. Pada varian tertinggi, Sonet sudah dilengkapi dengan kursi depan ventilated, jok kulit sintetik, audio Bose, sunroof, dan ambient LED lightning. Oh ya, Kia juga memberikan jok baru pada Sonet facelift.

Variannya Bejibun

Tidak ada perubahan untuk pilihan mesinnya. Diantaranya mesin bensin 1.2 liter 83 hp yang hanya tersedia gearbox manual 5-speed,bensin 1.0 liter turbo tiga silinder 120hp, dan mesin diesel 1.5 L 116 hp. Mesin bensin turbo dan diesel memiliki opsi transmisi iMT 6-speed, tetapi gearbox manual 6-speed kini telah hadir kembali pada versi diesel. Untuk versi otomatisnya, mesin turbo-bensin tersedia dalam pilihan transmisi dual clucth 7-speed dan sementara versi diesel tersedia AT torque conventer 6-speed.

Di India, varian dari Kia Sonet ini bejibun seperti kebanyakan mobil-mobil Daihatsu disini. Ditawarkan dalam varian Tech Line, GT Line dan X-Line, yang dipecahi lagi menjadi beberapa trim seperti HTE, HTK, HTK+, HTX, HTX+, GTX dan X-Line. Mesin bensin 1,2 liter tersedia di trim HTE, HTK dan HTK+; sedangkan mesin bensin 1.0-turbo dan 1.5-diesel tersedia di ketiga lini trim. Gearbox otomatis untuk kedua mesin ini hanya tersedia pada trim HTX+, GTX, dan X-Line.

Harganya akan diumumkan pada Januari mendatang. Sebagai informasi, Sonet pre-facelift dibanderol mulai dari Rs 7,79 lakh (Rp 144 jutaan) hingga Rs 14,89 lakh (Rp 276 jutaan). Bagaimana menurut kalian? sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: