Ada ‘Kejutan’ Untuk Suksesor Toyota Etios di Indonesia

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Ada ‘Kejutan’ Untuk Suksesor Toyota Etios di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Beberapa waktu lalu kita sudah sempat membahas perkara Toyota Etios yang harus mengakhiri masa baktinya di Indonesia setelah 5 tahun mengarungi pasar otomotif tanah air. Bisa dikatakan bahwa kehadiran Toyota Etios di masa lalu agaknya kurang ‘pas’ dalam hal waktu dan teknologi. Apalagi kehadirannya disusul oleh program LCGC yang lebih menggiurkan kala itu.

Lalu, apakah nantinya pihak Toyota Astra Motor (TAM) akan membiarkan posisi yang ditinggalkan oleh Toyota Etios kosong begitu saja? Nampaknya kami agak sangsi. Mengapa? Karena melihat pasar para rivalnya yang juga masih oke, dan pengalaman bahwa pihak TAM tak pernah menyerah seperti contoh kehadiran Toyota Voxy menggantikan Toyota NAV1. Maka kami sendiri berpendapat bahwa nantinya mungkin saja akan ada pengganti alias suksesor dari Toyota Etios. Dan hal ini agaknya diperkuat dengan adanya pernyataan yang misterius dari Executive General Manager TAM, Bapak Fransiscus Soerjopranoto yang kami kutip via laman otomotif Kompas.

Toyota Etios Valco Facelift

Pak Soerjo mengatakan bahwa ada kemungkinan Toyota Etios bisa hadir dengan skema CBU, namun melihat peminatnya yang agaknya kurang banyak, nampaknya TAM akan berpikir ulang terkait hal ini. Namun Pak Soerjo menambahkan bahwa pihaknya masih fokus memenuhi kebutuhan masyarakat dengan produk yang ada, dan beliau pun menutupnya dengan kalimat ‘Tunggu Kejutannya’. Tentunya kalimat tersebut bisa berarti luas, dan jika sedikit flashback saat kami melakukan tes All New Toyota Rush di Malang, Pak Soerjo juga memberikan informasi kepada kami bahwa di tahun ini bakal ada 6 produk baru dari Toyota, selain All New Toyota Rush yang suah terlebih dahulu diperkenalkan.

Apakah kejutan yang dimaksud adalah produk baru diantara lima produk lain selain All New Toyota Rush? Bisa Jadi. Melirik timeline dan peluang produk baru yang ada, nampaknya Toyota Alphard dan Vellfire versi terbaru adalah yang berada di posisi terdepan, diikuti oleh Toyota Vios dan Toyota Yaris yang juga sudah mendapatkan penyegaran di luar negeri. Lalu di paruh kedua akan ada Toyota C-HR yang sebelumnya juga sempat kami bahas perkiraan peluncurannya. Lalu masih ada sisa satu produk lagi yang belum terekspos, apakah ini Toyota Avanza terbaru? Atau malah suksesor dari Toyota Etios? Masih misteri. Namun sebenarnya pihak Astra dan Toyota sudah punya modal berharga dengan memiliki Daihatsu yang punya jagoan baru di segmen ini.

Membuat versi rebadge dari All New Daihatsu Sirion agaknya menjadi solusi termudah dan tercepat untuk pihak Toyota Astra Motor. Selain itu, mengikuti jejak Datsun dengan membuat versi non-LCGC untuk produk murahnya juga bisa menjadi salah satu jalan untuk mendapatkan sebuah mobil non-LCGC di segmen city car, membuat Toyota Agya non-LCGC mungkin? Ah, namun itu baru sebatas imajinasi kami sendiri. Seperti apa kejutan yang dimaksudkan oleh Pak Soerjo? Kita biarkan TAM dan waktu yang menjawab. Bagaimana menurut kalian kawan?

Read Prev:
Read Next: