Yamaha Rancang Motor Listrik Kecil 270 HP, Mau?

Yamaha Rancang Motor Listrik Kecil 270 HP, Mau?
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam dunia mobil atau motor listrik, siapa pun yang menguasai teknologi baterai dan motor listrik bisa dibilang sudah menguasai lebih dari separuh kekuatan utama kendaraan listrik. Makanya Tesla sangat all out dengan Gigafactory mereka dan menolak untuk dibalap oleh perusahaan penghasil baterai lain seperti LG Chem, Panasonic atau sejenisnya. Oke, itu soal baterainya, soal motor listrik bagaimana?

Mengenai motor listrik juga sama, banyak perusahaan berlomba-lomba menemukan motor listrik canggih yang bertenaga namun efisien supaya bisa menjadi pemasok ke produsen mobil atau motor. Terakhir ada dari Yamaha, yang baru saja mengumumkan motor listrik buatan mereka. Motor listrik ini diklaim kecil dan ringkas, tapi bisa menghasilkan 270 hp dan tentu saja ia berjenis permanent synchronous magnet. Mereka menguji motor ini di jalan menggunakan sasis carbon fiber Alfa Romeo 4C.

Yamaha sudah mulai membuka pesanan untuk motor listrik ini sejak 3 Februari 2020, dan paket daya motor listrik yang ditawarkan tersedia mulai 35 kW hingga 200 kW. Yamaha juga berani bilang bahwa motor listrik mereka yang 200 kW memiliki level kepadatan tenaga terbaik di seluruh industri kendaraan berbasis motor listrik. Teknologi yang menunjang motor listrik mereka diklaim ada di pengembangan konduktor super efisien dan teknologi casting alloy mereka.

Motor listrik ini tersedia dalam 2 pilihan pendinginan, yakni oil cooling atau water cooling. Spesifikasi motor listrik dan jenis pendinginan bisa disesuaikan dengan kemauan pemesannya. Meski demikian, kami penasaran kapan Yamaha siap untuk menggunakan produk ini dengan label mereka sendiri. Yaa… terlepas dari beberapa skuter listrik, kami ingin melihat apa Yamaha bisa menggebrak dunia dengan motor listrik yang bakal sukses secara penjualan dan revolusi dunia roda dua.

Namun jika ini Yamaha, kami tak akan terkejut jika mereka juga menangani pesanan dari merek mobil yang pernah bekerja sama dengan mereka, termasuk Volvo dan Toyota. Akan tetapi karena Volvo sudah milik Geely, nampaknya Toyota yang bakal meminta Yamaha untuk membangun motor listrik untuk mobil baru Toyota, mengingat relasi Toyota dan Yamaha sudah ada sejak dulu kala dan kebanyakan berakhir dengan kesuksesan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: