Toyota Alphard & Vellfire Facelift, Usung Toyota Safety Sense Gen 2

Toyota Alphard & Vellfire Facelift, Usung Toyota Safety Sense Gen 2
0  komentar

AutonetMagz.com – Nampaknya Toyota mau memberikan kado natal kepada para konsumen setianya di tahun 2017 ini, karena duet MPV mevvah mereka yaitu Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift meluncur tepat pada tanggal 25 Desember kemarin. Dengan tamiplan yang lebih segar dan juga beberapa peningkatan secara spesifikasi, kira – kira apakah kedua MPV ini makin menarik? Yuk kita cek.

Secara tampilan, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift ini mendapatkan ubahan minor, seperti yang beberapa kali kita bahas melalui gambar spyshot-nya. Untuk Toyota Vellfire facelift memiliki bumper depan yang mirip dengan milik adiknya, Toyota Voxy. Sedangkan untuk Toyota Alphard, bumper depannya lebih minimalis, dan klop dengan spyshot yang sempat kami angkat beberapa minggu lalu. Sisi belakang kedua mobil ini juga masih senada, hanya saja housing lampu belakang kedua mobil ini berubah sedikit. Selain itu, lampu depan dari Toyota Alphard versi facelift ini juga mendapatkan aksen tarikan garis baru yang masuk di tengah – tengah housing-nya.

Sebenarnya secara desain eksterior, tak ada sesuatu yang cukup ‘wah’, karena memang seperti itulah ubahan selayaknya untuk versi facelift. Namun sektor yang terlihat ‘wah’ adalah pada sisi mesin dan juga fitur – fitur yang dibenamkan di Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift ini. Pertama, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift mendapatkan unit mesin baru, yaitu mesin 2GR-FKE dengan kubikas 3.500cc berkonfigurasi V6 dengan teknologi direct injection. Pihak Toyota belum merilis berapa angka tenaga dan torsi dari mesin baru hasil pemgembangan mereka ini, namun mereka mengklaim mesin ini lebih baik peformanya, dan juga punya efisiensi yang juga baik.

Dengan skema Japanese JC08, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift ini mampu menorehkan angka 10,4 dan 10,6 km per liternya, dimana versi sebelumnya hanya mencatatkan 9,5 km per liter, nice. Selain mesin, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift ini juga mendapatkan transmisi otomatis baru. Jika sebelumnya Toyota Alphard dan Toyota Vellfire hanya memiliki transmisi enam percepatan, maka di versi facelift ini meningkat dua angka menjadi 8 percepatan direct shift. Sedangkan untuk unit mesin lain seperti mesin 2.500cc Dual VVT-i empat silinder segaris bertenaga 180 hp dan mesin hybrid 2.500cc Atkinson Cycle bertenaga 150 hp ditambah dua motor listrik 141 hp dan 67 hp masih dipertahankan oleh pihak Toyota.

Selain mesin, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift juga mendapatkan sisi struktural untuk memperbaiki handling dan stabilitas serta kenyamanan berkendara dari dua MPV ini. Berikutnya, Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift mendapatkan sepaket Toyota Safety Sense generasi kedua untuk setiap varian dari dua mobil ini, alias menjadi standar. TSS generasi kedua ini menambahkan fitur – fitur macam  pedestrian and cyclist (Hanya di siang hari) detection for the Pre-Collision System, Lane Tracing Assist (LTA), Road Sign Assist (RSA) dan front departure alert function at jams and traffic lights. Penambahan TSS generasi kedua ini bisa menjadi daya tarik utama untuk Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift ini.

Masuk ke interior, instrumen cluster dari Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift pun turut berubah, mengikuti penambahan jok berlapis kulit yang baru, dan ornamen kayu baru. Selain itu, ada juga option untuk bahan berlapis kulit nappa yang berwarna hitam dan putih. Untuk varian pun turut diberikan perbedaan, varian paling mevvah dengan 6 seater Executive Lounge hadir dengan paket Aero model, dimana merupakan varian Toyota Alphard Executive Lounge S dan Toyota Vellfire Executive Lounge Z. Bagaimana menurut kalian Toyota Alphard dan Toyota Vellfire versi facelift ini? Makin menarik atau malah tidak? Sampaikan pendapat kalian ya.

Read Prev:
Read Next: