Lebih Dari 6,5 Juta Mobil Toyota Kena Recall Karena Risiko Kebakaran, Bagaimana Indonesia?

Lebih Dari 6,5 Juta Mobil Toyota Kena Recall Karena Risiko Kebakaran, Bagaimana Indonesia?
0  komentar
Toyota-Corolla-2010

AutonetMagz.com – Bagi anda yang punya mobil Toyota, sebaiknya sekarang agak berhati-hati saat mengoperasikan power window anda. Baru-baru ini, ada recall secara besar-besaran yang sudah diumumkan oleh Toyota global. Masalahnya ada di master switch untuk power window mobil, di mana jumlah pelumas pada komponen tersebut tidak cukup melindungi. Hasilnya, switch bisa overheat dan meleleh secara tiba-tiba.

Kalau hanya meleleh saja anda pikir masih aman, pikirkan efek ke depannya. Switch yang meleleh bisa mengakibatkan asap jika kondisinya parah, dan sudah pasti akan menimbulkan ancaman kebakaran pada mobil anda. Tercatat, mobil-mobil di Malaysia, Australia dan Amerika Serikat sudah dipastikan kena recall, dengan 2,7 juta unit di Amerika Serikat, 1,2 juta unit di Eropa, 300 ribu di Australia, 600 ribu di Jepang dan seterusnya. Jika ditotal dari seluruh dunia, ada 6,5 juta mobil yang bermasalah.

toyota-aurion-presara-belakang

Di Amerika Serikat, Toyota yang harus diperbaiki adalah Toyota Camry, Corolla, Highlander, Matrix, RAV4, Sequoia, Tundra, lalu Scion xB dan xD, semuanya buatan tahun 2006-2011. Di Australia, yang kena recall adalah Toyota Aurion, Camry, Corolla, Kluger, RAV4 dan Yaris buatan Agustus 2005-2006 dan Januari 2009-Desember 2010. Sudah ada 11 kasus door trim dan switch mobil Toyota terbakar, dan 1 kasus di Amerika Serikat membuat seseorang menderita luka bakar di tangannya

Pemilik mobil yang bermasalah harusnya sudah mendapat surat notifikasi dari Toyota untuk menjadwalkan perbaikan di dealer Toyota terdekat. Untuk metode perbaikan, Toyota menulis begini di press release-nya : “Dealer Toyota akan memeriksa saklar dan memakaikan pelumas tahan panas tambahan. Jika saklar tidak beroperasi secara normal, circuit board internal akan diganti.

toyota yaris

Pastinya, kami menunggu pernyataan dari Toyota Astra Motor soal apakah model-model Toyota di Indonesia juga kena atau tidak. Bagaimana menurutmu, kira-kira kena atau tidak? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: