Toyota Hentikan Produksi Toyota Etios Valco di Indonesia

by  in Berita&Merek Mobil&Nasional
Toyota Hentikan Produksi Toyota Etios Valco di Indonesia
0  komentar

AutonetMagz.com – Berakhir sudah perjalanan dari Toyota Etios Valco di tanah air, yap, mobil ini telah dihentikan penjualannya setelah serentetan tren negatif yang dialaminya sejauh ini. Toyota Etios Valco sendiri menyusul Toyota Nav1 yang umurnya juga bisa dikatakan singkat, terhitung sejak diluncurkan di awal tahun 2013, Toyota Etios Valco hanya eksis di tanah air selama kurang lebih 5 tahun saja.

Sebenarnya pasar yang dimasuki oleh Toyota Etios Valco yaitu pasar city car adalah salah satu pasar yang banyak diminati oleh para konsumen. Namun memang nampaknya apa yang diusung oleh Toyota Etios Valco masih belum membuat banyak konsumen terkesan, mulai dari pilihan transmisi yang hanya disediakan varian manual saja, hingga desain eksterior dan interior yang menurut kami agaknya ketinggalan jika dibandingkan dngan para pesaingnya seperti Honda Brio dan juga KIA Picanto serta Suzuki Splash yang terlihat lebih cakep dan lebih modern. Apalagi tak lama setelah mobil ini diluncurkan, muncul pula regulasi terkait LCGC yang membuat para pabrikan berlomba – lomba memproduksi mobil murah dengan ukuran yang hampir sama.

Dengan segala himpitan dari lawan, plus termakannya pasar oleh segmen LCGC yang menawarkan harga lebih menggiurkan, maka posisi dari Toyota Etios Valco pun makin sulit. Dampaknya, pada tahun 2016 silam sempat beredar kabar bahwa mobil ini akan dihentikan penjualannya, namun pada kenyataanya hingga tahun 2017 isu tersebut belum juga terealisasi. Dan puncaknya adalah pada bulan Oktober 2017 silam, dimana produksi dari Toyota Etios Valco ternyata sudah resmi dihentikan. Mengutip dari laman otomotif Kompas, Fransiscus Soerjopranoto, Executive GM Toyota Astra Motor (TAM), mengatakan bahwa untuk saat ini, jumlah Toyota Etios Valco yang masih ada di dealer sekitar 30 unit saja.

Oleh karena itu, menurut Pak Soerjo, menghabiskan unit sisa dari Toyota Etios Valco bukanlah hal yang susah dan mungkin hanya memerlukan waktu sebulan saja. Hal ini terlihat dengan capaian wholesales dari Toyota Etios Valco yang hanya berkisar di angka 55 unit saja perbulannya sepanjang 2017 kemarin. Dengan gugurnya Toyota Etios Valco di Indonesia, maka praktis di kelas city car bermesin 1.200cc hanya menyisakan Toyota Agya 1.2 saja. Namun mobil tersebut berada di segmen LCGC sehingga untuk pasar non-LCGC Toyota tak memiliki lawan untuk bersaing dengan Mitsubishi Mirage, Honda Brio, Suzuki Ignis, dan lawan – lawan lainnya. Menurut Pak Soerjo, pihak TAM masih belum memutuskan untuk pengganti dari Toyota Etios Valco, karena masih ada Toyota Agya dan Toyota Yaris yang bisa dijadikan pilihan.

Namun melihat selisih harga yang ada antara kedua mobil tersebut, sebenarnya ada celah bagi TAM untuk membawa produk baru. Apalagi, saudara dekat mereka yaitu Daihatsu juga dikabarkan akan segera membawa All New Daihatsu Sirion dalam waktu dekat ini. Jadi, apakah nantinya akan ada suksesor dari Toyota Etios Valco? Kami belum mengetahuinya, kalau menurut kalian bagaimana?

Read Prev:
Read Next: