Toyota Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 untuk Re-Programming ECU Transmisi

by  in  Berita & Merek Mobil & Nasional
Toyota Recall Land Cruiser 300 dan Lexus LX600 untuk Re-Programming ECU Transmisi
0  komentar

AutonetMagz.com –  Walaupun produknya masih terbilang baru, namun bukan berarti tak luput dari kesalahan pabrikan. Nah, PT Toyota-Astra Motor (TAM) mengumumkan recall untuk Toyota Land Cruiser 300 tahun produksi Juli 2021 – Januari 2024 dan Lexus LX600 tahun produksi Januari 2022 – Januari 2024. Anda dapat berkunjung ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat untuk melakukan pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan kinerja transmisi.

Apa Masalahnya?

Pada beberapa model Toyota Land Cruiser dan Lexus LX600 tahun produksi yang disebut tadi, ada kemungkinan masalah pada cakram kopling di dalam transmisi otomatis 10-speed yang diusungnya. Ketika tuas transmisi digeser ke posisi netral dan tekanan dilepas dari piston kopling, cakram kopling tidak segera terlepas dari pelat. Hal ini menyebabkan sebagian tenaga mesin tetap disalurkan ke roda.

Masalahnya baru terasa saat mobil berada di permukaan yang datar dan tidak pengemudi mengaktifkan rem parkir. Hal ini dapat membuat mobil merayap ke depan secara tidak sengaja dengan kecepatan rendah hingga sekitar 6 km/jam (pada posisi N bukan D). Situasi ini dapat meningkatkan risiko tabrakan kalau pengemudi tidak segera menginjak rem.

Waktu dan Biaya

Bengkel resmi Toyota dan Lexus akan melakukan pemeriksaan dan reprogramming Electronic Control Unit (ECU) yang mengendalikan transmisi sebagai upaya mengatasi potensi masalah tersebut. Agar proses dapat berlangsung lebih cepat, pelanggan disarankan untuk melakukan booking service terlebih dahulu agar bengkel resmi Toyota atau Lexus. Sehingga, pihak bengkel dapat segera mempersiapkan kebutuhan recall.

Estimasi waktu reprogramming ECU transmisi otomatis hingga selesai adalah sekitar 30 menit tanpa peggantian parts apapun. Seluruh proses pemeriksaan hingga final check tidak dipungut biaya sama sekali alias gratis. Jadi, bagi anda yang memiliki Toyota Land Cruiser 300 atau Lexus LX 600, segera ke bengkel resmi Toyota atau Lexus terdekat untuk melakukan pemeriksaan.

Read Prev:
Read Next: