Honda Indonesia : WR-V Muncul Karena Pasar Small SUV Menggiurkan

by  in  Berita & Honda & Merek Mobil
Honda Indonesia : WR-V Muncul Karena Pasar Small SUV Menggiurkan
0  komentar

AutonetMagz.com – Dalam beberapa tahun terakhir, segmen pasar SUV memang terus menunjukkan peningkatan yang signifikan. Dan ini terbukti dengan banyaknya pabrikan mobil yang rela mengorbankan model – model legendaris mereka demi memproduksi SUV. Honda pun tak mau ketinggalan, dan mereka juga konsisten menghadirkan model – model SUV baru, termasuk Honda WR-V. Dan kali ini, kita akan bahas alasan Honda terjun di segmen small SUV melalui Honda WR-V.

baca juga : Bedah Fitur Tiap Tipe Honda WR-V, Mana Yang Paling Menarik?

Pasar SUV Meningkat Pesat

Sebagai sebuah perusahaan besar, tentunya Honda tidak ceroboh dalam mengambil keputusan. Berlandaskan pada data pertumbuhan pasar SUV, Honda mengembangkan Honda WR-V sejak 5 tahun lalu. Dan tahun ini, Honda berhasil meluncurkan small SUV mereka ini di pasar Indonesia. Kembali ke data, di tahun 2021 lalu penjualan mobil passenger mencapai 619 ribu unit secara retail di Indonesia. Angka tersebut naik 51% dibandingkan dengan tahun sebelumnya yang terdampak pandemi COVID-19. Nah, dari penjualan nasional itu, Segmen SUV meraih penjualan tertinggi dengan total 227.626 unit.

baca juga : Honda WR-V Rilis di Indonesia : 3 Tipe, Tembus 300 Jutaan!

Honda pun ikut merasakan manisnya penjualan SUV melalui Honda HR-V dan Honda CR-V kala itu. Peningkatan segmen SUV di tahun lalu mencapai 85% dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Sebuah prestasi yang sangat signifikan. Ada beberapa faktor yang dicatat oleh pihak Honda terkait peningkatan tersebut. Pertama, adanya pemerataan ekonomi dan infrastruktur ke berbagai daerah di Indonesia. Kondisi ini menciptakan pasar otomotif baru dimana konsumen menginginkan mobil yang lebih sesuai dengan kondisi alam dan kebutuhan.

baca juga : All New Honda WR-V Rilis 2 November, Siapkan Tabunganmu!

Banyak Pemain di Segmen Small SUV

Kedua, tahun lalu ada beberapa pendatang baru di segmen Small SUV yang mulai hadir dan memberikan kontribusi yang cukup signifikan di segmen Small SUV. Yap, kita tahu bahwa yang dimaksud adalah Toyota Raize dan Daihatsu Rocky. Pada periode Januari – Agustus 2022, pertumbuhan Small SUV semakin menunjukkan tren positif dengan peningkatan penjualan sebesar 90% dibanding periode yang sama di tahun sebelumnya. Sebagai catatan, segmen small SUV sudah ada sejak 2020 saat KIA meluncurkan KIA Sonet dan Nissan meluncurkan Nissan Magnite.

baca juga : Teaser Honda Accord Generasi ke-11 Terkuak!

Peningkatan penjualan yang pesat, tingginya permintaan dan juga banyaknya pemain di segmen ini membuat Honda mempertimbangkan secara matang kehadiran Honda WR-V. Dan kini, Honda WR-V masuk dalam segmen small SUV dan siap bersaing. FYI, tahun ini Honda akan memproduksi 1.700 unit Honda WR-V di bulan Desember. Sedangkan tahun depan, Honda mematok target 30 ribu unit Honda WR-V akan terjual nasional. Bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: