Komparasi Dimensi Honda WR-V VS Rival : Body Paling Kecil?

by  in  Honda & Komparasi & Merek Mobil
Komparasi Dimensi Honda WR-V VS Rival : Body Paling Kecil?
0  komentar

AutonetMagz.com – Segmen small SUV kini sedang memanas karena akhirnya Honda ikut terjun di segmen yang ‘dikuasai’ oleh Toyota Raize tersebut. Lewat Honda WR-V, Honda Prospect Motor (HPM) ingin mencicipi dan mungkin menaklukkan segmen small SUV yang kini sedang mendapatkan perhatian yang cukup besar dari publik di Indonesia. Kali ini, tim AutonetMagz ingin membandingkan dimensi dari Honda WR-V dengan sejumlah rivalnya, plus juga dengan sang kakak, Honda BR-V. Yuk kita bahas.

baca juga : Honda Indonesia : WR-V Muncul Karena Pasar Small SUV Menggiurkan

Dibanding BR-V dan HR-V

Sebelum membahas lebih dalam, patut kalian ketahui bahwa Honda WR-V menggunakan platform yang sama dengan All New Honda BR-V. Hanya saja ada beberapa penyesuaian untuk membuatnya bisa masuk di segmen small SUV. Honda WR-V memiliki panjang 4.060mm alias 4 meter lebih sedikit. Sedangkan lebarnya 1.780mm dan tingginya 1.608mm. Jarak sumbu roda Honda WR-V mencapai 2.485mm dengan ground clearance 220mm. Oke, kita bandingkan angka – angka tersebut dengan sang kakak yang masih satu basis yaitu Honda BR-V.

baca juga : Bedah Fitur Tiap Tipe Honda WR-V, Mana Yang Paling Menarik?

Jikalau dibandingkan dengan Honda BR-V, maka Honda WR-V memiliki lebar yang sama persis. Tapi, Honda WR-V lebih pendek 430mm, serta jarak sumbu rodanya lebih pendek 215mm. Wajar saja, karena Honda WR-V hanya berkapasitas 5 penumpang saja. Oiya, WR-V lebih rendah 77mm namun ground clearance-nya sama persis. Kalau dibandingkan Honda HR-V baru? Honda WR-V lebih pendek 325mm, lebih sempit 10mm, namun lebih tinggi 18mm. Wheelbase-nya lebih pendek 125mm ketimbang sang kakak. Jadi, Honda WR-V lebih jangkung namun lebih mungil dari HR-V walaupun sama – sama 5 seater.

baca juga : Honda WR-V Rilis di Indonesia : 3 Tipe, Tembus 300 Jutaan!

Dibanding Rival : Raize, Sonet & Magnite

Oke, kita bandingkan dengan rivalnya, yaitu Toyota Raize, KIA Sonet dan Nissan Magnite. Daihatsu Rocky dan Renault Kiger tak kami sertakan karena keduanya merupakan ‘kembaran’ dari Toyota Raize dan Nissan Magnite. Kita bandingkan dahulu dengan sang penguasa pasar, Toyota Raize. Jika dibandingkan dengan Toyota Raize, maka Honda WR-V lebih panjang 30mm. Namun uniknya, jarak sumbu rodanya malah lebih pendek 40mm ketimbang Toyota Raize. Artinya, overhang depan dan belakang mobil ini lebih panjang ketimbang Toyota Raize. Selain itu, Honda WR-V lebih rendah 27mm dan lebih lebar 70mm ketimbang Toyota Raize.

Berikutnya, kita bandingkan dengan rival yang sama – sama menggunakan mesin 1.500cc yaitu KIA Sonet. Dibanding KIA Sonet, Honda WR-V ternyata lebih pendek 60mm, lebih rendah 34mm, dan lebih sempit 10mm. Jarak sumbu roda di mobil ini juga lebih pendek 15mm ketimbang KIA Sonet. Sedangkan ground clearance Honda WR-V lebih tinggi 15mm daripada KIA Sonet yang hanya 205mm. Berikutnya, kalau dibandingkan dengan Nissan Magnite, Honda WR-V lebih panjang 66mm, namun wheelbase-nya lebih pendek 16mm ketimbang Magnite. Kasusnya sama dengan Toyota Raize. Selain itu, Honda WR-V lebih tinggi 36mm dan lebih lebar 22mm.

baca juga : Honda Tidak Ingin Mensimulasikan Gearbox Manual di EV

Jadi, bagaimana menurut kalian, kawan?

Read Prev:
Read Next: