Meski Penjualan Turun, Honda Indonesia Tetap Optimis

by  in Berita&Honda&Merek Mobil
Meski Penjualan Turun, Honda Indonesia Tetap Optimis
0  komentar

AutonetMagz.com – Berkat adanya relaksasi PPnBM hingga 100%, hampir seluruh pabrikan yang produknya terdaftar di program tersebut mendapatkan kenaikan penjualan dan pemesanan. Salah satunya adalah Honda. Apalagi, produk Honda yang masuk dalam program ini terbilang banyak. Selain itu, munculnya Honda City Hatchback di bulan Maret ikut menyumbangkan penjualan yang cukup tinggi di bulan April silam. Sayangnya, tingginya penjualan di bulan April tidak berlanjut ke bulan Mei. Penjualan Honda di bulan Mei 2021 turun, namun Honda tetap optimis dengan kondisi yang ada sekarang.

Penjualan Turun 16%, Dampak Liburan

Pada bulan Mei 2021, Honda membukukan total penjualan retail sebanyak 8.538 unit. Angka tersebut lebih rendah 16% dibanding bulan sebelumnya yang tercatat sebanyak 10.189 unit. Lantas, mengapa ada penuruna yang angkanya cukup masif? Bukankah bulan Mei masih berlaku program relaksasi PPnBM 100%? Jadi, penurunan penjualan Honda di bulan Mei silam adalah dampak dari hari kerja yang lebih sedikit karena adanya libur Lebaran. Jadi, hari efektif diler untuk melayani konsumen yang ingin membeli mobil Honda pun berkurang. Walaupun begitu, Honda menyatakan bahwa angka penjualan tersebut masih sesuai dengan target yang ditetapkan untuk bulan Mei. Dari angka 8 ribuan unit tersebut, Honda Brio tetap di posisi pertama dalam hal sumbangsih penjualan. Honda Brio series mendominasi 63% total penjualan Honda.

Honda Brio Satya menjadi yang tertinggi dengan penjualan sebanyak 3.813 unit dan menguasai pangsa pasar segmen LCGC sebesar 27%, sementara Honda Brio RS terjual sebanyak 1.565 unit dan memimpin pangsa pasar segmen City Car sebesar 63%. Selain Honda Brio, kontribusi penjualan Honda juga diraih oleh produk-produk yang  juga mendapatkan relaksasi pajak, antara lain Honda City Hatchback yang terjual  sebanyak 892 unit, Honda HR-V 1.5L yang terjual sebanyak 815 unit, New Honda CR-V yang terjual sebanyak 680 unit, Honda Mobilio yang terjual sebanyak 335 unit dan  Honda BR-V yang terjual sebanyak 264 unit. Sementara produk-produk Honda lainnya seperti Honda HR-V 1,8L terjual sebesar 69  unit, Honda Civic Sedan terjual sebanyak 38 unit, dan Honda Civic Hatchback RS yang terjual sebanyak 28 unit

Optimis Trend Positif Berlanjut

Sisanya, Honda Accord terjual 22 unit, Honda Odyssey terjual 14 unit,  Honda Civic Type R terjual sebanyak 2 unit dan Honda City Sedan terjual sebanyak 1 unit. Yusak Billy, Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor mengatakan, “Kami optimis trend penjualan yang positif akan berlanjut pada bulan-bulan mendatang, terutama didukung oleh penyegaran pasar melalui produk produk baru dan dukungan pemerintah melalui program relaksasi pajak yang disambut sangat baik oleh konsumen. Kami percaya bahwa pemerintah selalu memantau mendorong pertumbuhan pasar otomotif dan ekonomi secara umum. Saat ini, kami  terus berusaha memaksimalkan tingkat produksi sesuai aturan dan protokol kesehatan  yang berlaku serta ketersediaan komponen untuk dapat memenuhi pemesanan  secepat mungkin. Kami juga terus berusaha mempertahankan tingkat permintaan  konsumen dengan menawarkan berbagai program penjualan yang menarik.

Pada bulan Juni ini, Honda menawarkan berbagai program penjualan untuk semakin  memudahkan konsumen dalam memiliki mobil Honda. Bagi konsumen yang  melakukan pembelian mobil Honda Brio, Honda Mobilio, Honda BR-V, dan Honda CR V akan mendapatkan THR Lanjutan dari Honda. Program penjualan ini berlaku  hingga akhir Juli 2021. Jadi, bagaimana menurut kalian?

Read Prev:
Read Next: