Sehari Bersama New Mazda CX-8 2022, SUV 6-Seater Untuk VIP

by  in  Mazda & Mobil Baru & Review
Sehari Bersama New Mazda CX-8 2022, SUV 6-Seater Untuk VIP
0  komentar

AutonetMagz.com – Setelah resmi diperkenalkan ke muka publik Indonesia pada akhir Juli 2022 lalu, akhirnya kami berkesempatan mencoba new Mazda CX-8. Memiliki status major facelift dengan ubahan pada bagian eksterior, interior, hingga fitur yang telah kami bahas dalam artikel sebelumnya, apakah SUV Mazda yang dapat memuat 6 penumpang ini masih seru untuk dikendarai?

Mazda Dari Sisi Pengendara

Pertama kali duduk di kursi pengemudi, CX-8 terbaru memberikan rasa dari kabin yang ‘human-centric‘ berkat visibilitas yang baik, fokus dalam berkendara tidak akan terganggu karena layar-layar besar di dasbor. Untuk posisi berkendara juga dapat disesuaikan dengan beragam postur badan berkat artikulasi jok elektrik yang fleksibel, dilengkapi lumbar support, 2 slot memory seat, dan stir tilt & telescopic.

Ketika membuka gas, mesin 4-silinder 2.5L Skyactiv G dengan transmisi otomatis (torque converter) 6-percepatan terasa responsif. Sehingga mesin dengan tenaga 187 hp dengan torsi 252 Nm yang dihantarkan ke roda depan bisa diajak cruising dengan nyaman maupun berkendara agresif. Pedal rem juga terasa empuk dengan jarak main yang bisa ditakar tingkat pengeremannya. FYI, walaupun mesinnya memiliki kompresi tinggi (13:1), CX-8 mampu meminum Pertalite loh.

Merasakan bantingan suspensinya, SUV Mazda ini memiliki karakter yang empuk namun padat sehingga melewati jalanan rusak maupun menikung dalam kecepatan 60 km/h dieksekusi dengan baik. Namun tentu body roll khas SUV monokok tetap ada pada CX-8 yang bongsor. Stroke (jarak main) suspensi yang terasa pendek juga membuat new Mazda CX-8 memantul dengan cepat saat menghajar speed bump.

Kenyamanan CX-8 Yang Disempurnakan

Soal fitur keselamatan berkendara, Mazda CX-8 sudah dilengkapi dengan i-ACTIVESENSE yang cukup lengkap. Mulai dari Mazda Radar Cruise Control (MRCC), Lane Keeping Assist (LKA), Smart City Brake Support (SCBS), Blind Spot Monitoring (BSM), hingga kamera 360 tersedia untuk memberikan rasa aman serta nyaman dalam berkendara namun tidak ‘galak’ dalam meng-intervensi gaya berkendara.

Berpindah ke kursi baris kedua, kesan lega dan mewah ala VIP langsung terpancar berkat konfigurasi full electric captain seat empuk yang tidak ditawarkan Mazda model apapun saat ini. Hadirnya fitur pengaturan AC triple zone, heated & ventilated seat, serta berbagai macam kompartemen penyimpanan semakin menegaskan bahwa new Mazda CX-8 bisa memanjakan penumpangnya dengan apik.

Peredaman kabin juga terasa refine, suara-suara sumbang dari luar kabin tereduksi dengan baik bahkan suara ban sekalipun. Soal kualitas suara speaker BOSE Premium Surround (10 titik) Sound? Jempolan. Dari sisi akustik yang jelas, bass yang nendang, dan suara yang jernih semakin memanjakan indra pendengar dari segala sisi kabin.

Menyuguhkan Atmosfer Berbeda, Namun…

Sayangnya walaupun menawarkan karakter berkendara khas ‘Jinba Ittai’ dan kenyamanan yang berbeda dari lini model Mazda lainnya, CX-8 2022 tetap memiliki beberapa kekurangan. Ketika menikung dengan agresif, buntut Mazda CX-8 masih terasa ‘ngebuang’. Mungkin ini dikarenakan CX-8 masih menggunakan platform yang sama dengan Mazda CX-5, namun dimensinya diperpanjang hingga 32,5 cm.

Adapun kekurangan lainnya terdapat di kursi baris kedua yang pengaturannya sudah fully electric. Memang terkesan premium, namun pergerakan yang lambat membuat akses keluar masuk penumpang baris ketiga jadi terhambat. Terlebih sunroof yang ada pada new Mazda CX-8 2022 bukan panoramic sehingga kesan luasnya tidak terasa tegas.

Secara garis besar, new Mazda CX-8 facelift 2022 cocok untuk kalian yang ingin memiliki mobil yang asik untuk dikendarai maupun ditumpangi. Eksistensinya pun sudah mematahkan stigma mobil Mazda tidak bersahabat dengan penumpang. Jadi dengan harga Rp 795,5 Juta On The Road, apakah CX-8 masuk ke dalam kriteria SUV impianmu?

Read Prev:
Read Next: