Jay Leno : Toyota Prius dan Mazda MX-5 Bakal Jadi Barang Koleksi

by  in International
Jay Leno : Toyota Prius dan Mazda MX-5 Bakal Jadi Barang Koleksi
0  komentar

AutonetMagz.com – Jay Leno termasuk salah satu petrolhead dengan koleksi mobil terbanyak di seantero jagad raya. Di kanal Jay Leno’s Garage, kita bisa melihat betapa lengkapnya daftar mobil yang nongkrong di garasi Jay Leno. Belum lama ini, Jay Leno diwawancarai oleh Business Insider dan pria yang berprofesi sebagai komedian ini bilang kalau generasi muda bakal memburu Toyota Prius dan Mazda MX-5 sebagai barang koleksi. Lah, apa alasannya?

Ini soal mobil apa yang menemani perjalanan hidup kita. Mobil yang mengantar kita ke malam perpisahan sekolah, mobil yang dipakai ayah kita saat jalan-jalan santai hari Minggu buat sekedar cari es krim. Itulah mobil-mobil yang akan dikoleksi. Itu semua tentang kenangan sebagaimana tentang mobil itu sendiri,” kata Jay Leno.

Kalau untuk Mazda MX-5, kami sendiri sih tak bakalan heran. MX-5 begitu mudah dicintai karena murah, lincah dan sangat asyik buat dinikmati sendiri atau berdua. Itu kalau MX-5 ya, kalau buat Toyota Prius kami agak sedikit heran. Pasalnya adalah, tak terbayang kalau ada kolektor mobil yang memburu atau mendambakan Toyota Prius generasi pertama di garasi koleksi mereka, soalnya nyaris tak ada yang begitu.

Akan tetapi, Jay Leno punya sudut pandang yang pantas dicerna dan direnungkan lagi. Menurutnya, mobil-mobil berbahan bakar alternatif (hybrid, listrik dll) punya potensi jadi barang koleksi, tak terkecuali Prius. Prius sendiri membuat teknologi hybrid bisa turun dan terjangkau buat banyak pihak saat pertama kali diperkenalkan pada tahun 1990-an. Ia pun yakin, dengan teknologi yang makin maju tiap hariya, mobil akan makin ribet dan kompleks. Sekarang pun sudah terasa sih.

Saya rasa anda akan memandang Toyota Prius generasi pertama sebagai sebuah mobil hybrid yang simpel, apalagi dibandingkan mobil modern yang rumit, ribet, kompleks dan kebanyakan teknologi,” tutupnya sembari bilang kalau ia pernah ditawari mobil General Motors EV1 yang dijual seharga $440.000 (6,14 M Rupiah). Hm, apa benar ya? Masalahnya nanti mereka bakal jadi penerus dunia otomotif masa depan sih, termasuk penentu dunia mobil klasik. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: