Penjualan Mazda MX-5 RF Lampaui Versi Atap Kanvas di Inggris

by  in International&Mazda
Penjualan Mazda MX-5 RF Lampaui Versi Atap Kanvas di Inggris
0  komentar

AutonetMagz.com – Mazda MX-5 yang sekarang dijual dalam 2 versi, yakni versi atap kanvas tradisional dan versi atap pelat yang mereka sebut sebagai RF alias Retractable Fastback. Sudah pasti, yang atap kanvas bakal lebih murah dibanding yang RF karena bahan atap kanvasnya lebih murah, tidak pakai elektronik macam-macam karena buka-tutup atapnya pakai otot dan peredaman suara dari lingkungan sekitarnya jelek.

Normalnya, versi yang lebih murah bakal lebih laris daripada yang lebih mahal kalau kita pikir berdasarkan logika sederhana. Faktanya, konsumen Mazda MX-5 di Inggris lebih memilih varian RF daripada yang pakai atap kanvas biarpun harganya lebih mahal. Padahal MX-5 atap kanvas sudah meluncur duluan tahun 2017, dan barulah versi RF menyusul 2 bulan 3 hari kemudian. Menurut Car Throttle, versi RF meluncur di Inggris pada tanggal 4 Maret 2017.

Masih menurut Car Throttle, ada 2.911 Mazda MX-5 RF yang terjual di Inggris tahun 2017, sementara MX-5 atap kanvas teringgal di belakang dengan 1.787 unit terjual. Sayang, penjualan global Mazda tidak memisahkan angka penjualan MX-5 dan MX-5 RF, jadi tidak tahu mana yang lebih laris secara global. Apa yang menyebabkan konsumen di sana lebih tertarik dengan versi RF daripada atap kanvas?

Well, salah satu alasan yang paling jelas mungkin karena versi RF menawarkan kekedapan suara yang lebih dan tingkat proteksi lebih tinggi terhadap kepala pengendaranya berikut barang-barang di dalam kabinnya. Rupanya bobot ringan, tampilan ala roadster klasik dan titik berat rendah yang menjadi keunggulan Mazda MX-5 beratap kanvas masih belum cukup untuk menarik konsumen lebih banyak lagi.

Di lain sisi, merek-merek seperti Audi, BMW dan Mercedes Benz sudah bilang kalau konsumen mereka lebih suka convertible beratap kanvas, soalnya mereka ingin orang lain tahu kalau mereka sedang mengendarai sebuah convertible mahal. Lihat saja BMW M6 Convertible, Audi R8 Spyder dan Mercedes-AMG GT C Roadster, tidak ada yang pakai atap pelat kan? Bagaimana, kamu lebih suka MX-5 biasa atau MX-5 RF? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: