New Mazda CX-5, Aura Kuat Sebuah SUV Jepang

by  in Mazda&Mobil Baru
New Mazda CX-5, Aura Kuat Sebuah SUV Jepang
0  komentar

AutonetMagz.com – Akhirnya new Mazda CX-5 2022 yang sebelumnya telah ditampilkan dalam bentuk siluet di gelaran Jakarta Auto Week 2022 lalu, resmi dirilis PT Eurokars Motor Indonesia (EMI) pada Jum’at (01/04). Tak hanya menghadirkan desain Kodo yang disegarkan, kini Mazda CX-5 terbaru juga sudah dilengkapi dengan fitur modern yang tak kalah dengan pesaingnya. Kami pun berkesempatan untuk mencoba CX-5 facelift ini selama beberapa hari.

Karakter Khas SUV Premium, Berani Namun Tetap Elegan

Tentunya penyegaran yang terjadi pada new CX-5 2022 ini langsung terlihat dari warna spesial baru yang bernama Zircon Sand Metallic. Jujur menurut kami ini warna yang cukup membingungkan karena dalam kondisi cahaya tertentu warna Zircon terkadang flat terkadang metallic, layaknya Polymetal Grey pada Mazda CX-3 1.5 lalu. Rupa lampu depan maupun belakang yang kini terdapat aksen DRL yang mengotak juga menjadi identitas baru CX-5. Bentuk dari garnish krum yang lebih tebal pada bagian grille dan bemper depan belakang yang berubah, turut membuat Mazda CX-5 terlihat lebih elegan tanpa menghilangkan kesan bold dari sebuah SUV.

Bagian interiornya memang tidak terlalu banyak perubahan dari sisi desain, bahkan sangat disayangkan untuk versi Indonesia kita mendapatkan head unit berukuran 8-inci saat versi luar mendapatkan layar 10,25-inci. Namun soal konektivitas tentunya masih dipertahankan seperti Apple CarPlay dan Android Auto, tak ketinggalan Qi Wireless Charging juga turut disematkan pada konsol tengah untuk mengisi daya smartphone kalian. Struktur kursi pada Mazda 3 terbaru juga diturunkan untuk CX-5 ini agar lebih suportif saat mobil bermanuver.

Hadirnya Mazda i-Active Sense Yang Lebih Lengkap

Kini fitur i-Active Sense atau fitur safety pada Mazda CX-5 2022 tidak kalah dengan para pesaing se-negaranya. Dari mulai Mazda Radar Cruise Control (MRCC), forward collition mitigation, rear cross traffic alert, hingga traffic assist yang aktif hanya dari kecepatan 30 km/h saja. Bersama dengan blind spot monitoring serta lane keeping assist, semua fitur safety tersebut dapat kita monitor melalui MID hingga HUD full color yang membuatnya semakin informatif.

Dari segi mesin memang tidak mengalami perubahan sedikitpun. Mesin 2.488 cc L 4-inline DOHC n/a memuntahkan tenaga sebesar 187 hp (@6.000 rpm) dengan torsi 252 Nm (@4.000 rpm) yang disalurkan secara responsif lewat transmisi torque converter 6-percepatan ke roda depan. Namun soal handling, saat mobil crawling stir jadi terasa lebih ringan dibandingkan Mazda CX-5 pre-facelift. Hal tersebut mungkin dimaksud untuk memudahkan para pengendara pemula bermanuver di tengah kemacetan kota. Untuk yang sudah sering menyetir tenang saja, electric power steering pada CX-5 2022 ini akan beradaptasi sesuai kecepatan mobil.

Secara desain new Mazda CX-5 terbaru memberikan nuansa kuat sebuah SUV Jepang dengan desain yang berani dan tetap elegan. Walaupun dari segi interior tidak mengalami ubahan, namun kini i-Active Sense pada CX-5 menjadi yang terlengkap dari seri line up Mazda lainnya. Tentu soal rasa berkendara, sektor ‘Jinba Ittai‘ masih dipertahankan agar CX-5 2022 menyatu dengan pengendaranya. Dibanderol dengan harga OTR Jakarta Rp 597,7 Juta untuk versi Elite dan Rp 607,7 Juta untuk Kuro Edition, menurut kalian apa Mazda CX-5 terbaru lebih worth it dibanding pesaingnya?

Read Prev:
Read Next: