Nama Yaris Cross Muncul di Indonesia, Toyota Mau Jual?

Nama Yaris Cross Muncul di Indonesia, Toyota Mau Jual?
0  komentar

AutonetMagz.com – Sama seperti kebanyakan merek mobil di dunia, Toyota mulai memperbanyak jenis mobil crossover atau SUV. Alasannya simpel, model seperti itu yang paling laku dijual. Untuk di Indonesia, Toyota punya beragam model seperti Toyota Raize, Toyota Rush, Toyota C-HR, Toyota Corolla Cross, Toyota Fortuner hingga Toyota Land Cruiser. Kalau di Indonesia saja sudah banyak, apalagi di luar negeri, sampai tumpeh-tumpeh.

Salah satu contoh mobil Toyota yang berjenis crossover di luar negeri misalnya adalah Toyota Yaris Cross. Pertama kali diperkenalkan untuk pasar Eropa, Yaris Cross dijual hanya dalam varian hybrid. Pelan-pelan Toyota pun mulai menjual Yaris Cross di Jepang dan Australia, namun bagaimana dengan pasar Asean? Bagaimana kalau ternyata paten nama Yaris Cross sudah terdaftar di Indonesia?

Baca juga : Yaris Cross di Australia mulai 280 jutaan Rupiah!

Nama Toyota Yaris Cross Muncul di Situs PDKI Kemenkumham Indonesia

Mengacu pada situs resmi PDKI Kemenkumham, di sana muncul nama “Yaris Cross” yang didaftarkan oleh Toyota Motor Corporation. Tanggal pendaftarannya adalah 17 Mei 2020 dan nomor pendaftarannya adalah IDM000736596, dan indikasinya memang merujuk kepada sebuah mobil. Kode kelasnya pun mengacu pada “kendaraan dengan penggerak empat roda yang digunakan untuk kegiatan-kegiatan offroad atau on road dan mempunyai jarak yang tinggi antara bodi mobil dengan permukaan tanah (sport utility vehicles).”

Tidak ada foto yang tertera pada laman pendaftaran paten Yaris Cross pada situs PDKI, namun sah-sah saja kalau kita mengira bahwa Yaris Cross yang dimaksud memang mobil yang foto-fotonya ada di artikel ini. Toyota Yaris Cross sendiri pakai sasis TNGA, sangat beda jauh dengan Yaris hatchback versi Indonesia yang sejatinya adalah Yaris untuk pasar Tiongkok. Sudah bukan rahasia kalau Toyota Yaris punya model dan kelas yang beda-beda tergantung di mana Toyota menjualnya.

Siapa Rival Sekelas Toyota Yaris Cross?

Kalau meneliti dari namanya, mudah untuk menebak bahwa Toyota Yaris Cross hanyalah Toyota Yaris biasa yang ingin tacap-tacap sedikit biar kelihatan gagah dan jangkung. Karena berbasis subcompact hatchback, bisa dibilang ia sepantaran dengan Honda HR-V atau Honda Vezel, Mazda CX-3 atau mungkin malah Nissan Kicks. Tahan dulu minat anda, sebab kita masih belum tahu apa tujuan Toyota mendaftarkan paten Yaris Cross di Indonesia.

Memang, kalau ada pendaftaran seperti ini ada kemungkinan buat dijual, tapi tak menutup kemungkinan untuk agenda lain. Bisa untuk pameran, bisa untuk sekedar pendaftaran saja, atau bisa juga untuk riset. Terakhir kali Toyota membuat Yaris bersolek ala crossover di Indonesia adalah dengan Toyota Yaris Heykers, dan sayangnya mobil ini tidak laku. Apakah Toyota sudah tahu celahnya dan mendatangkan Yaris Cross sebagai strategi baru? Sampaikan opinimu di kolom komentar!

Seperti ini komentar warganet mengenai bocoran dokumen masuknya Yaris Cross Indonesia

Read Prev:
Read Next: