Toyota Kijang Innova India Akan Dibekali Mesin Bensin 2.700 cc?

by  in International&Toyota
Toyota Kijang Innova India Akan Dibekali Mesin Bensin 2.700 cc?
0  komentar

AutonetMagz.com – Menyoal MPV yang menjadi proyek IMV Toyota, yakni Kijang Innova atau yang di India dikenal sebagai Innova Crysta untuk generasi sekarang, rupanya masih ada kemungkinan pengembangan untuk Innova. Tahu sendiri kalau generasi teranyar dari Kijang Innova sekarang pakai mesin diesel baru berkode GD dan mesin bensin lama yang perubahannya lebih sedikit daripada satu sloki espresso.

Rupanya Toyota India masih mau bermain-main dengan ruang mesin Innova. Dikutip dari Financial Express, N. Raja selaku direktur dan wakil presiden senior dari bagian penjualan dan pemasaran Toyota Kirloskar Motor alias Toyota India mengonfirmasi bahwa Toyota Innova Crysta bensin segera meluncur di sana, tapi bukan versi bensin biasa seperti yang kita dapat di sini.

mesin bensin all new toyota kijang innova

Menurut beliau, Toyota sudah mempercepat pengembangan dari mesin bensin 2.700 cc dan para teknisi Toyota di Jepang sedang serius mengerjakan mesin baru ini. Sebenarnya, Innova baru yang bermesin 2.700 cc sudah beredar kok, tapi bukan di India, melainkan di area Timur Tengah, di mana Fortuner bermesin V6 juga dijual di sana, termasuk Toyota Vios yang di-rebadge menjadi Yaris Sedan.

Innova 2.700 cc spek Timur Tengah menghasilkan tenaga 164 PS di 5.200 rpm dan torsi 245 Nm pada 4.000 rpm, dan masih mengandalkan transmisi 6 percepatan otomatis yang sama dengan Innova lain. Entah Innova India akan pakai mesin yang sama dengan Innova Timur Tengah atau tidak, tapi jika Toyota, kami rasa akan pakai mesin yang sama. Lagipula, mahal sekali biayanya jika harus meriset mesin baru dari nol, apalagi untuk sebuah Innova.

interior all new toyota kijang innova q

Toyota Kijang Innova bermesin 2.700 cc bensin sendiri pernah hadir beberapa tahun lalu untuk pasar lokal Indonesia, menjadikannya sebagai Innova termahal yang bisa dibeli di sini. Waktu itu, hanya dialah MPV non premium yang akselerasi 0-100 km/jam-nya di bawah 10 detik, sekitar 9,7 detik. Sayang, varian ini cepat pensiun dini karena kalah laris dibanding varian 2.000 cc bensin dan 2.500 cc diesel, lagipula konsumsi BBM-nya luar biasa… boros.

Apa opinimu jika Innova hadir lagi dengan mesin 2.700 cc? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next:
  • Nakazato Kira

    Pasar India mau jadi Dubai-Wannabe?, soalnya suka mesin gede. Apa harga bensinnya lebih murah ketimbang disini?

    • Indra

      Bukan, Innova bensin mau dijual karena dia jd salah satu korban dari kebijakan larangan penjualan mobil diesel diatas 2.000 cc di wilayah Delhi-NCR, sedangkan wilayah itu jd penyumbang besar penjualan Toyota di India. Nah buat warga Delhi-NCR yg mau beli Innova (secara disana MPV paling laris di India dan sgt populer dikelasnya) hanya bisa dapet mesin bensin ini.

      • Nakazato Kira

        Aku tahu kok :p
        Cuma penasarasan saja kenapa Toyota India lebih memilih pakai versi 2.7L daripada 2.0L

        • ryo

          jawabannya simple aja kok, krn mesin 2.0nya innova boyo bangeet gak ada enak2nya bawa innova 2.0 apalagi matic waduh parah gan. Jadinya knp dipasangin sama mesin 2.7 walopun konsekuensinya bbm lebih boros dan mesin 2.7 toyota itu entah knp cm gede kubikasi doang tp tenaga dan torsi jauuuuh lebih kecil dari mesin2 merek lain yg bahkan cc nya lebih kecil. Itu juga knp mkny innova diesel matic di india itu pake mesinnya 2.8 bukan 2.4 kaya disini krn mungkin dianggap belom seimbang kali ya tenaga dan torsi yg dihasilkan sm bobot kendaraan itu sendiri. cmiiw

          • Nakazato Kira

            Salah. India dapet 2.8 karena disana memang pasar Diesel lebih gede dibandingkan Bensin.l, makanya india dapet 2 pilihan disesel. Lagipula bensin nantinya cuma dijual di daerah Delhi-NCR buat mengakali larangan diesel gede disana.

            Ini bukan masalah mesin loyo di 2.0L atau semcamnya, melainkan untuk mengakali larangan tadi, lagipula Delhi-NCR itu salah satu pasar terbesar Toyota di India

  • Reyhan Prasidya

    HP nya kecil juga ya untuk 2700 cc “cuma” dapet 164 PS/161.756 HP…

    • Indra

      Yg pasti mesin 2.7 bensin bakal sama dgn Innova timteng + dual VVT-i..

    • Rafi M. P.

      Yg versi Dual VVT-i cuma dapat 164 HP/167 PS, beda dikit sama yg lama

    • Blackjack

      Kalo gak salah IVTEC honda yg 2400cc malah hampir 190PS (lupa angkanya, besar pkoknya)

      • Reyhan Prasidya

        Yoi bro, nissan yg qr25 2500cc juga udah 178 hp-an kok

    • Andre

      Kecil amat tenaganya padahal 2.800 cc. masih lebih gede POWERnya CX-5 2500CC 187 HP/ 250 NM.

    • tourer

      mungkin di setting tenaga secukupnya dengan durability yg sangat awet, khas toyota mesin boyo tapi badak

  • Rafi M. P.

    Mending pasang mesin turbo 1500cc dan 2000cc untuk gantiin 2000cc NA dan 2700cc NA, kalo kemungkinan sih. Soalnya mesin 2000cc aja masih nanggung performanya apalagi beratnya naik 200 kg lebih (gara2 rangka dan body lebih tebel), ane lihat Innova baru ngegas kencang aja masih lambat, ane ngucap dalam hati “Emang enak bawa bensin? Mending beli versi diesel! Ngapain dipakasain beli versi bensin wkwkwk”

    Ane tau risetnya mahal banget, tapi kalo performanya memuaskan malah terbayarkan (gaje)

    • farid

      Kalau begitu mending pake mesin 2000cc turbo bensin yg juga dipake lexus NX dgn tenaga 235 hp,dijamin innova gak bakal boyo pake mesin itu,bahkan mesin 2GD turbodiesel aja kalah dgn mesin itu

      • Rafi M. P.

        Tapi mesin Lexus NX (8AR-FTS) itu harus diadaptasi dulu biar bisa dipasang di RWD macam Innova, Fortuner, Hilux gitu. Kayak mesin 2NR-FE yg biasanya untuk FWD udah diadaptasi untuk Avanza yg RWD.

        Dijodohin sama transmisi 8AT (macam Paspor Dokar) pasti ngiler gitu

        • Ismail Fikri

          mending mesin wan enjet yg udh teruji dari jaman purbakala (y)

      • Rafi M. P.

        Atau gak mesin dieselnya (2GD-FTV) dibikin versi Hi-Power nya, tenaganya dinaikin jadi 180HP dan torsinya jadi 420 N.m biar sama dgn Passpor Dokar dan dikawini dgn transmisi 8AT biar tambah ngilerr

        • AE86

          Bisa aj om dibuat versi Hi-Power dg redesain supply pump dan mapping ECM oleh pabrikan, tpi gmna ntar fuel consumsinya, gmna penggunaan bbm, udh siap gk kita,,?

          • Rafi M. P.

            Hmm udah pernah bawa Passpor Dokar sama Exceed model lama gak? Bandingin deh, kan mesinnya sama2 4D56

    • muhammad insani imam utomo

      mending make mesin 2jzgte , eh

    • Airlangga Vitradi

      nah setuju gan lebih baik tambahi turbo……….kami suka turbo

  • farid

    Itu mesin 2700cc 2TR-FE untuk spek india juga impor dari indonesia kah?,soalnya innova di timteng yg juga pake 2TR-FE itu impor CBU dari indonesia,sedangkan untuk india innova disana kan dirakit lokal cuma mesinnya mungkin yg diimpor utuh

    • Nakazato Kira

      Mungkin saja, soalnya cuma indo yang memproduksi mesin 2TR. Sementara india cuma merakit mesin GD saja.

  • Oki Ngew

    Heran.. kenapa mesin2 buat innova-fortuner gk ada yg gede tenaganya ya.. 2000cc bensin 139hp. 2700cc bensin cuma 161hp. 2400 diesel cuma 149hp. 2800cc diesel juga cuma 178 hp.

    • AE86

      Buat ap gede2 om, sementara yg gunain Innova umurnya 35 th keatas, ap dibawa kebut2an dg keluarga, dg usia menjelang senja “darah muda” yg ad di lagu om Roma Irama sudah mulai hilang.

      • Oki Ngew

        Yah tapi mungkin kalo tenaganya gede (asalkan ccnya gak gede juga) kemampuan akselerasi bisa nambah & efisiensi bbm bisa meningkat

        • Nakazato Kira

          Ga ada gunanya pakai tenaga besar kalau drivernya ga pernah injak pedal gas rata lantai dan sering berhadapan dengan kemacetan.

          • Oki Ngew

            Pasti ada gunanya.. gk semua org yg punya innova tinggal di daerah kemacetan kan? Paling gk kemampuan akselerasi menengah bisa meningkat. Bapak gw aja yg notabene bukan org yg seneng ngebut bilang kalo tenaga innova memang kurang

      • DI-D

        tenaga gak gede gapapa, seenggaknya punya torsi yang nampol buat perjalanan keluar kota

  • zul ari

    Sekalian aja innova pake mesin 4.0 V6 yang tenaganya 278 hp….ngak kebayang ane innova pake mesin yang tenaganya lebih dari 200 hp ?

    • jeh

      ada tuh yang udah modif jadi 300an hp.diesel tapi

  • Gogo Xdrum

    Knp ga pakai mesin camry yg 2.5 liter y? bakal lebih irit n bertenaga rasanya, jg g perlu riset2 lg

    • AE86

      Beda dong om, mesin Camry didesain dg short stroke, sementara yg utk jenis MPV menggunakan Quarter stroke utk mengutamakan torsi.

      • Gogo Xdrum

        oww tp bukannya kalo g salah alphard yg jg mpv pake mesin camry jg y ? CMIIW

        • sony

          sebenernya bisa aja pake mesin camry, tapi toyota males kali
          kyk veloz sama sienta aj mesinnya sama, walaupun yang satu fwd yang satu rwd transmisinya beda pula lagi

  • nusantara nusantara

    pasti konsumsi bbmnya 1 liter bisa jalan 20 km

    • hawthorn

      1:20 ??? .. 1:2 kaleee kayanya 😛

  • ars m.k

    Gue pernah pake innova 2.7 V, untuk ukuran mesin segitu, emang agak boros. konsumsinya kaya mesin 3.0l bro.. hehe. Tapi, untuk tenaga, pas lah kalo bawa orang dewasa sampe baris 3. Semoga aja, kalo tam mau jual innova 2.7 lagi, bisa agak di iritin, dan tenaganya di gedein dikit. Hehe.

  • Zakwan Umarella

    udahlah innova make mesin boxernya gt86-brz-frs, kan lumayan tuh ukuran sama tapi tenaga 198hp, kalo enggak kenapa ga pake mesin 2.4 punya camry lama + turbo karena #kamisukaturbo