Toyota Corolla Cross, Ini Mobil Hybrid Termurah Se-Indonesia!

0  komentar

AutonetMagz.com – Bagi Toyota, Corolla bukan hanya sekedar nama karena Corolla adalah tulang punggung Toyota di seluruh dunia. Nama ini sudah berusia 50 tahun lebih dan demi mencocokkan diri tergantung maunya konsumen seperti apa, Toyota Corolla sebenarnya punya berbagai macam bentuk. Ada Corolla sedan, ada Corolla hatchback, ada juga Corolla estate atau station wagon, ada pula Corolla MPV yang dinamai Corolla Verso, meski yang ini tidak banyak orang tahu.

Sisi lain Toyota Corolla mulai terlihat belakangan ini, yakni sebuah crossover yang dinamai Toyota Corolla Cross. Tanggal 6 Agustus 2020 ini Toyota Astra Motor selaku APM Toyota di Indonesia memperkenalkan Toyota Corolla Cross, dan Indonesia adalah negara ketiga yang mendapatkan Toyota Corolla Cross ini. Mobil ini sudah resmi dijual dalam 2 varian, yakni Toyota Corolla Cross non-hybrid seharga 457,8 juta Rupiah dan Corolla Cross hybrid seharga 497,8 juta Rupiah.

Penampakan Toyota Corolla Cross di Indonesia sejatinya tak beda dengan Toyota Corolla Cross di Thailand. Muka Corolla Cross hadir dengan lampu LED sipit dan gril yang seolah membentuk muka cemberut. Seperti biasanya Toyota, Corolla Cross non-hybrid dapat logo Toyota biasa sementara yang hybrid dapat logo Toyota yang berpendar biru. Sama seperti saudara sedannya yang bernama Corolla Altis, Corolla Cross juga memakai sasis TNGA, persisnya TNGA-C.

Interior Toyota Corolla Cross sangat identik dengan Corolla Altis, namun ada beberapa hal yang hanya ada di Corolla jangkung ini. Sunroof elektrik misalnya, jadi kalau selfie di dalam mobil bisa sambil sengaja diarahkan ke sunroof-nya untuk pamer mobil bagus. Khusus pasar Indonesia, kita dapat fitur di sistem infotainment bawaannya untuk membaca uang elektronik, cocok jika kita akan lewat jalan bebas hambatan. Oh ya, jika di Toyota Corolla Altis hybrid ada fitur keselamatan lengkap Toyota Safety Sense, di Corolla Cross ini hanya ada ABS, EBD, hill start assist, 7 airbags tapi tidak ada Toyota Safety Sense di tipe mana pun.

Toyota Corolla Cross hanya hadir dalam pilihan 5 tempat duduk, jadi ruang paling belakang benar-benar khusus untuk bagasi. Khusus varian hybrid, ada pintu bagasi elektronik dengan sensor sleding supaya pintu bagasi bisa terbuka saat kita mengayunkan kaki di bawah bumper belakang. Ingat, itu khusus yang hybrid ya, fitur ini tidak ada di Corolla Cross non-hybrid. Kedua mobil ini sama-sama pakai CVT dan penggerak roda depan meski mesinnya beda tiap varian.

Varian Corolla Cross non-hybrid memakai mesin 1.800 cc 4 silinder 2ZR-FE dengan Dual VVT-i, menghasilkan tenaga 140 PS dan torsi 169 Nm, sementara yang hybrid memakai mesin 1.800 cc 4 silinder plus 1 motor listrik berkode 2ZR-FXE bertenaga 98 PS dan 142 Nm (mesin bensin) plus ekstra 72 hp dan 163 Nm (motor listrik). Ada “EV Mode” khusus tipe hybrid jika hanya ingin jalan diam-diam pakai tenaga listrik, namun paling hanya untuk sekitar 1 hingga 3 kilometer saja.

Toyota Corolla Cross hybrid tentunya akan jadi pilihan menarik, sebab dengan selisih harga hanya 40 juta dari yang normal kita sudah dapat teknologi hybrid, padahal selisih harga Camry hybrid dengan Camry biasa saja sangat jauh. Tidak hanya itu, ia juga menjadi salah satu mobil hybrid termurah di Indonesia, bahkan lebih murah daripada saudara crossover-nya yang lebih keren, Toyota C-HR. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: