Inilah All New Honda HR-V 2021, Bedanya Banyak!

Inilah All New Honda HR-V 2021, Bedanya Banyak!
0  komentar

AutonetMagz.com – Honda HR-V termasuk mobil yang laku keras di jalanan Indonesia, dan HR-V yang dijual oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) di Indonesia adalah generasi kedua. Sekarang, kita semua bisa berkenalan dengan Honda HR-V generasi ketiga yang baru saja diluncurkan di Jepang pada hari ini (18/2). Sama seperti Honda Jazz GR yang meluncur tahun 2019 kemarin, HR-V baru ini akan lebih diandalkan versi hybrid-nya, bukan yang bermesin biasa.

Nah, lalu apa saja yang berubah pada Honda HR-V baru ini jika dibandingkan dengan yang lama? Mari kita bahas satu per satu.

Tidak Ada Solid Wing Face

Beberapa Honda terkenal dengan muka Solid Wing Face yang menyambungkan garis desain gril dengan lampu depan dengan desain yang mengalir lebar seperti sayap. Pada Honda-Honda seperti Honda HR-V versi Indonesia, Honda Jazz, Honda Accord dan lain-lain, muka Solid Wing Face ini ada. Nah, pada Honda HR-V baru ini desain tersebut sudah ditanggalkan oleh desainer Honda, kini mukanya lebih tegas dan kaku.

Selain Honda HR-V, mobil baru Honda lain seperti Honda Civic generasi ke-11 dan mobil listrik Honda e tidak pakai Solid Wing Face lagi. Gril Honda HR-V baru punya 2 motif berbeda tergantung varian. Ada yang pakai garis-garis horizontal atau pakai motif gril honeycomb, dan untuk varian e:HEV PLAY Honda memberikan sentuhan khusus berupa detail garis merah, putih dan biru di gril bagian kiri atas.

Desain Lebih Tegas dan Kotak

Honda HR-V baru punya banyak elemen desain yang lebih lurus dan agak kotak, tidak seluwes HR-V lama. Bagian hidungnya lebih tinggi dan mengotak, lampu depan sudah berteknologi LED pastinya. Lampu kabut crossover andalan Honda ini juga sudah LED, desainnya mirip kepunyaan Honda CR-V Turbo Prestige. Untuk pertama kalinya, Honda HR-V yang di Jepang dikenal sebagai Honda Vezel punya pilihan warna dual tone untuk bodinya.

Beberapa varian tetap dilengkapi panoramic sunroof, namun semua varian dapat cermin cembung ekstra di spion kiri sebagai standar. Mempertahankan coupe look, handle pintu penumpang belakang ngumpet di pilar C mobil. Lampu belakang mobil ini kini memakai desain yang lebar, menyambung dari kiri ke kanan. Kini Honda sudah membekali HR-V baru dengan bagasi otomatis yang bisa dibuka melalui sensor kaki, semoga yang ini sampai ke Indonesia ya.

Interior Minimalis dan Rapi

Interior Honda HR-V baru memiliki desain yang tidak neko-neko. Desain dashboard Honda HR-V kini didominasi garis lurus dan tekstur yang bermacam-macam mulai dari plastik biasa, trim hitam dan bahan-bahan empuk. Beberapa bagian di sini ada yang identik dengan Honda Accord Turbo, mulai dari AC digital, layar spidometer, bahkan head unit Honda CONNECT-nya sangat mirip dengan Accord Turbo. Bagian yang tidak sama adalah setirnya, setir ini tidak mirip Accord maupun Civic. Baru nih…

Selain dashboard baru, Honda juga memberikan HR-V jok baru dengan bahan kulit, jahitan dan motif garis-garis yang sedikit menghapus kesan monoton. Konsol tengahnya sudah tidak floating seperti yang lama, namun harusnya mobil ini tetap punya kantong yang banyak. Ruang belakang nampaknya juga lega seperti HR-V lama, dan fitur unggulan Honda yaitu Ultra Seat atau Magic Seat tetap hadir. Ini lumayan banget untuk membuatnya lebih praktis kala kita harus bawa banyak barang.

Canggih Berkat Honda SENSING

Jika Mazda punya i-ACTIVSENSE dan Toyota punya Toyota Safety Sense, Honda punya Honda SENSING Ini adalah paket lengkap fitur keselamatan Honda yang biasanya terdiri dari adaptive cruise control, rem otomatis, lane keep assist, lane departure warning, lane watch dan lain-lain. Fitur Honda SENSING terlengkap di Indonesia ada di Honda Accord Turbo, dan kini Honda HR-V generasi ketiga juga ditambahkan Honda SENSING ini.

Namun ada aspek keamanan baru yang diberikan, yakni mencegah mobil melompat mundur karena tak sengaja digas, pencegah benturan jarak pendek dan auto high beam. Lengkap, tapi nampaknya itu semua baru benar-benar hadir semua untuk varian termahal. Yah, paling tidak masih ada audio dengan 10 speaker dan mode AC untuk mengatur jenis hembusan angin mulai dari sepoi-sepoi, lembut atau kuat sekalian.

Mau Mesin Baru atau Lama?

Pembeli Honda HR-V nantinya akan ditawarkan terhadap 2 pilihan mesin. Pertama adalah mesin 1.500 cc DOHC i-VTEC atau mesin hybrid 1.500 cc plus motor listrik khusus varian e:HEV. Penggerak standarnya adalah FWD, namun khusus buat varian e:HEV PLAY bisa memilih varian AWD jika perlu.

Bagaimana menurut kalian Honda HR-V baru ini? Rumornya adalah mobil ini baru sampai Thailand di akhir tahun 2021 ini, jadi mungkin baru tahun 2022 awal Honda HR-V baru masuk Indonesia. Kami harap sih kita diberikan pilihan hybrid, atau mungkin malah diam-diam Honda akan membuat HR-V EV alias Honda HR-V bertenaga listrik? Yah, berharap boleh saja kan. Apa opinimu? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: