Toyota Yaris Cross, Metamorfosis Yaris Jadi Atletis

Toyota Yaris Cross, Metamorfosis Yaris Jadi Atletis
0  komentar

AutonetMagz.com – Mau memberi nama terhadap suatu mobil yang berubah jadi crossover atau punya bumbu-bumbu crossover memang paling gampang kasih tambahan nama “Cross” saja. Banyak kok contohnya di sekitar kita, lihat saja Datsun Cross atau Mitsubishi Xpander Cross. Kabar terkini adalah Toyota juga ikutan demam nama “Cross”, sehingga Yaris pun kini ada versi crossover-nya dan namanya sudah jelas ya. Perkenalkan, ini Toyota Yaris Cross.

Untuk mengubah Toyota Yaris menjadi Yaris Cross, Toyota memberikan ground clearance ekstra sehingga ia lebih tinggi 30 mm daripada Yaris hatchback. Sementara untuk ukuran, ia sedikit melar jadi sepanjang 4.180 mm, sementara lebarnya 1.765 mm dan tingginya 1.560 mm. Penambahan dimensi bodinya sendiri memang tidak ekstrim, karena Toyota memang ingin menempatkan mobil ini di bawah Toyota C-HR.

Desain pun mengambil arah yang berbeda dengan C-HR. Jika Toyota C-HR didesain sangat nyentrik dan unik dengan gaya ala-ala SUV coupe beratap rendah dan bagian belakang agak meninggi, lain cerita dengan Toyota Yaris Cross. Desain Yaris Cross sedikit lebih kalem, normal dan tidak neko-neko sehingga cukup untuk membuat dirinya punya ciri berbeda dibanding C-HR. Meski demikian, pembeli Yaris Cross juga bisa dapat bodi dengan 2 warna seperti pada C-HR.

Toyota Yaris Cross mempunya gril yang agak mirip dengan RAV4, tapi sudut-sudutnya tidak setajam RAV4. Lampu LED menghiasi muka depan, dan over fender hitam terpasang rapi di keempat spakbornya. Pada bagian samping, ada emblem “Hybrid” di pintu depan dan “Yaris Cross” di pintu belakang bagian bawah. Pelek yang terpasang pada mobil di foto berukuran 18 inci, dan warna baru di bodi ini namanya Brass Gold. Mengingatkan pada warna khas BMW X2 ya?

Pada bagian belakang, Toyota Yaris Cross sudah mendapat antena sirip hiu, roof spoiler dan lampu belakang LED. Pintu bagasi elektrik hadir sebagai aksesoris resmi yang bisa dibeli secara terpisah, dan lantai bagasinya bisa dibuat rendah atau tinggi sesuai kebutuhan. Pada lantai bagasinya juga ada sabuk untuk mengikat barang bawaan biar tidak ngalor-ngidul kesana-kemari saat kita menyetir. Jika masih kurang, bangku belakangnya bisa dilipat terpisah 40:20:40.

Masuk ke interiornya, Yaris Cross menampilkan nuansa interior yang simpel dan rapi. Panel instrumennya senada dengan Toyota Corolla Altis spek Indonesia, head unit ala tabletnya sudah memiliki fasilitas Apple CarPlay. AC digital dengan auto climate control dan dual zone sudah terpasang, begitu juga pemanas jok. Fitur keselamatan seperti Lane Departure Warning dan rem otomatis sudah ada, sebab mobil ini menargetkan pasar Eropa di mana fitur itu sudah jamak di mobil sekelasnya.

Adalah mesin 1.500 cc 3 silinder hybrid bertenaga 116 hp secara total yang akan menjadi jantung Toyota Yaris Cross ini. Kecil? Memang, 116 hp itu kecil, tapi apa yang bisa diharapkan dari crossover kecil yang targetnya untuk penggunaan dalam kota? Mesin 3 silinder Yaris Cross akan menggerakkan roda depan, lalu saat roda depan mulai selip, motor listrik yang ada di roda belakang akan mulai aktif dan membantu memberi dorongan lebih.

Toyota akan merakit Yaris Cross di pabrik Toyota Valenciennes, Prancis. Target unit yang dirakit per tahun adalah 150.000 unit. Penjualan akan dimulai pada musim panas tahun 2021 dan sekali lagi, target utamanya adalah pasar Eropa di mana crossover lain seperti Peugeot 2008, Hyundai Kona, KIA Niro, Nissan Juke, Honda HR-V dan VW T-Roc sudah hadir duluan. Apa pendapatmu mengenai Toyota Yaris Cross ini? Sampaikan di kolom komentar!

Read Prev:
Read Next: